Jun 172011
 

Di bidang komputer, sekarang ini sudah banyak badan atau lembaga yang menawarkan sertifikasi. Misalnya saja sertifikasi dari Cisco, Microsoft ataupun IBM. Atau lebih banyak lagi dapat di lihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Professional_certification_(computer_technology)

Tapi apakah sertifikasi itu perlu ?

Hasil cari-cari di Internet saya menemukan jawaban yang berbeda-beda. Banyak yang pro dan tentu saja ada yang kontra.

Yang setuju mengungkapkan kalau memiliki sertifikasi akan memudahkan kita mencari pekerjaan. Dan tentunya akan menguntungkan juga jika pekerjaannya bersifat konsultansi atau yang berbasis proyek atau kontrak. Sertifikasi akan membuat kita terlihat lebih daripada yang tidak mempunyai sertifikasi.

Seorang interviewer juga menyetujui pendapat itu.  Seseorang yang memiliki sertifikasi akan terlihat berbeda dari yang lain.

Di perusahaan besar,  sertifikasi akan memberikan nilai tambah, tapi perusahaan kecil umumnya lebih mengandalkan kepada kemampuan atau keahlian kita.

Yang tidak setuju nampaknya datang dari yang umumnya sudah bekerja.

Mereka menyatakan kalau materi yang diberikan tidak terlalu berguna buat pekerjaannya. Walau ada juga yang merasakan keuntungannya karena ada materi baru yang sebelumnya dia tidak tahu. Tapi ada juga yang mengatakan kalau materi untuk mendapatkan sertifikasi tidak terlalu berguna, akan lebih berguna jika kita mengalami permasalahannya secara langsung.

Salah satu masalah dengan sertifikasi adalah waktu atau lama berlakunya. Banyak sertifikasi yang cepat usang karena perkembangan ilmu dan teknologi yang berkembang lebih cepat. Bahkan ada yang menyatakan bahwa lulusan perguruan tinggi akan lebih dihargai daripada seseorang yang hanya memiliki sertifikasi dari industri.

Jadi kira-kira bisa disimpulkan kalau sertifikasi akan ada gunanya, hanya saja konteksnya harus diperhatikan. Kalau sertifikasi digunakan untuk mencari pekerjaan maka akan menjadi hal yang berguna. Tapi kalau sertifikasi digunakan hanya untuk menambah pengetahuan, maka gunanya tidak terlalu banyak karena pengalaman kerja akan lebih menentukan hasilnya.

Share/Bookmark

  One Response to “Sertifikasi keahlian perlu atau tidak?”

  1. Sertifikasi bidang komputer seperti itu menurut saya perlu, ditambah bisa meningkatkan ‘gengsi’.
    Tapi, bagi guru di Indonesia, Sertifikasi itu ‘sangat perlu’.
    Kalau belum sertifikasi susah mau beli ini itu.
    :)

 Leave a Reply

(required)

(required)


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>