Nov 27 2011

Chapter 8: Networking and Digital Communication

Published by under PTI

Pada tulisan ini, saya akan menjawab beberapa pertanyaan dari tujuan yang terdapat pada :

Chapter 8: Networking and Digital Communication

 

Teknologi yang menghubungkan telekomunikasi  adalah:

LAN (Local Area Network)

MAN (metropolitan area network)

WAN (wide area network)

 

Fungsi LAN dan WAN

  • LAN: untuk berbagi sebuah perangkat atau sumber daya sehingga sumber daya itu bisa dipakai bersama – sama oleh pengguna LAN.
  • WAN: untuk menghubungkan pengguna komputer satu dngan yang lainnya dalam jarak yang dekat atau berjauhan

Kegunaan komunikasi online: dapat menyambung tali silaturahmi antar orang di tempat yang berjauhan
Kekurangan komunikasi online: membuat seseorang tidak begitu suka bersosialisasi secara langsung

 

Teknologi jaringan nirkabel mengubah cara orang bekerja dan berkomunikasi.
Apabila dulu seseorang bila harus membahas sesuatu dengan rekan kerja harus langsung bertemu, sekarang hanya dengan mengirimkan email maka permasalahan dapat diselesaikan.

 

Tren saat ini dan masa depan di bidang telekomunikasi dan jaringan.

  • Saat ini: segala hal yang jauh terasa lebih dekat dengan memanfaatkan telekomunikasi dan jaringan
  • Masa depan: mungkin seseorang akan lebih mengenal temannya yang ada di sebrang pulau dibandingkan dengan tetangga rumahya sendiri
Share

No responses yet

Nov 27 2011

Chapter 7: Database Applications and Privacy Implications

Published by under PTI

Pada tulisan ini, saya akan menjawab beberapa pertanyaan dari tujuan yang terdapat pada :

Chapter 7: Database Applications and Privacy Implications

 

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi

Masalah yang paling dapat diselesaikan dengan perangkat lunak database:

  • Alamat / buku telepon
  • Daftar agenda
  • Pemesanan tiket pesawat
  • Data pasien

Berbagai jenis perangkat lunak database

  • Microsoft SQL Server
  • Oracle
  • Sybase
  • Interbase
  • XBase
  • Firebird
  • MySQL
  • PostgreSQL
  • Microsoft Access
  • dBase III

>> Operasi database dapat digunakan untukuntuk menyimpan, menyortir, memperbarui, query, dan meringkas informasi.

>> Database dapat mempermudah kehidupan, karena pendataa akan sesuatu dilakukan secara teliti dengan komputer. Contohnya adalah pendataan oleh server

>> Akan tetapi, database juga dapat mengancam privasi kita karena, apabila database kita dicuri maka data kita dapat dimanipulasi dan mengakibatkan kerugian dari pihak kita

Share

No responses yet

Nov 27 2011

Chapter 6: Graphics, Digital Media, and Multimedia

Published by under PTI

Pada tulisan ini, saya akan menjawab beberapa pertanyaan dari tujuan yang terdapat pada :

Chapter 6: Graphics, Digital Media, and Multimedia

I.

Painting software mengolah gambar Bitmap dengan pointing device, menyimpan gambar pada 300 titik per inci atau lebih tinggi.

Perangkat lunak pengolah gambar memungkinkan pengguna untuk memanipulasi foto dan gambar resolusi tinggi dengan alat seperti Adobe Photoshop

 

Drawing software digunakan untuk menyederhanakan dan mengotomatisasi tugas-tugas umum yang terkait dengan menangkap, mengatur, mengedit, dan berbagi gambar digital. Contohnya adalah Apple iPhoto and Microsoft PictureIt!

 3-D modeling software dapat membuat model 3-D, memutar, melihatnya dari sudut yang berbeda. Digunakan  untuk membuat obyek tiga dimensi dengan alat mirip dengan yang dalam perangkat lunak menggambar.

 

 

II.

Untuk meningkatkan kualitas slide yang disiapkan dengan perangkat lunak presentationgraphics ditambahkan Animation, Desktop Video, Audio, Hypertext and hypermedia

 

III.

perbedaan antara video analog dan video digital

  1. Video Analog merupakan produk dari industri pertelevisian dan oleh sebab itu dijadikan sebagai standar televise
    b. Video Digital adalah produk dari industri computer dan oleh sebab itu dijadikan standar data digital.
    1. Video Analog
    Meskipun banyak video yang diproduksi hanya untuk platform display digital(untuk Web, CD-ROM, atau sebagai presentasi HDTV DVD), video analaog (kebanyakan masih digunakan untuk penyiaran televisi) masih merupakan platform yang paling banyak diinstal untuk mengirim dan melihat video.
    Standar Penyiaran Video Analog
    Tiga standar penyiaran video analog yang paling banyak digunakan di dunia adalah NTSC, PAL, dan SECAM. Di Amerika Serikat, standar NTSC sudah tidak digunakan lagi, digantikan oleh standar Televisi Digital ATSC. Karena standar dan format ini tidak dapat saling menggantikan, maka sangat penting untuk mengetahui di mana proyek multimedia Anda akan digunakan. Kaset Video yang direkam di Amerika Serikat (menggunakan NTSC) tidak an diputar ditelevisi Negara Eropa manapun (yang menggunakan PAL atau SECAM), meskipun metode dan style recording kaset menggunakan “VHS”. Demikian juga tape yang direkam di Eropa dalam format PAL ata SECAM tidak akan diputar di recorder kaset video NTSC. Masing-masingsistem didasrakan pada standar yang berbeda yang mendefinisikan cara informasi diekode ntuk menghaslkan sinyal elekronik, yang pada akhirnya membentuk gambar televise VC mulormast dapat meutar ketiga standar tersebut, namun biasay idak dapat dubbing dari satu standar ke standar yang lain; dubbing antar standar membutuhkan perlengkapan khusus terkemuka.
    a. NTSC
    Amerika serikat, Kanada, Meksiko, Jepang, dan banyak Negara lain menggunakan system penyiaran dan pemutaran video berdasarkan spesifikasi yang dibuat pada tahun 1952, National Television Standar Comitee. Standar ini
    mendefinisikan sebuah metode untuk mengenkode informasi kedalam sinyal video terbuat dari 525 garis Horizontal yang di-scan dan digambar ke dalam wajah dalam tabung gambar berfosfor setiap 1/30 detik dengan electron yang bergerak cepat. Gambar tersebut muncul dengan cepat sehingga mata Anda menangap image yang stabil. Gerakan electron sebenarnya membuat dua lintasan ketika ia menggambar satu frame video, pertama meletakkan semua garis berangka ganjil, kemudian semua garis berangka genap. Masing-masing lintasn ini (yang terjadi dalam kecepatan 60 perdetik, atau 60 Hz) melukis sebuah field dan dua field dikombinasikan untuk menciptakan satu frame dengan kecepatan 30 fps(frame per second ). ( Secara teknis, kecepatan sebenarnya adalah 29.97 Hz.) Proses pembuatan satu frame dari dua field disebut interlacing, sebuah teknik yang membantu mencegah kedipan pada layer televise. Monitor computer menggunakan teknologi scan progresif yang berbeda dan menggambar daris dari seluruh frame dalam satu lintasan, tanpa menggabungkannya dan tanpa kedipan.
    b. PAL
    Sistem Phase Alternate Line (PAL) digunakan di Inggris, Eropa Barat, Australia, Afrika Selatan, Cina, dan Amerika Selatan. PAL meningkatkan resolusi layer menjadi 625 garis Horizontal, namun memperlamabta kecepatan scan menjadi 25 frame per detik. Sama seperti saat penggunaan NTSC, garis genap dan ganjil digabungkan , setiap field memerlukan 1/50 detik untuk menggambar (50Hz).
    c. SECAM
    Sistem Sequantial Color and Memory (SECAM, diambil dari bahasa Perancis, Systeme Electronic pour Couleur Avec Memoire atau Sequentiel Couleur Avec Memoire) digunakan di Perancis. Eropa timur, USSR (sekarang Rusia), dan beberapa Negara lai. Meskipun SECAM merupakan system dengan 625 garis, 50 Hz, namun berbeda jauh dari system warna NTSC dan PAL dalam hal dasar teknologi dan metode penyiaran. Terkadang TV yang dijual di Eropa memanfaatkan dual komponen dan dapat menggunakan system PAL dan SECAM.
    d. ATSC
    High Definition Television (HDTV) dari komisi komunikasi federal pada tahun 1980-an, pertama-tama berubah menjadi Advanced Television, kemudian berakhir menjadi Digital Television (DTV) seperti diumumkan FCC pada 1996. Standar,
    yang diubah sedikit demi sedikit dari Digital Televisons Standard ( ATSC Doc. A/53) dan Digital Audio Compression Standard (ATSC Doc. A/52), mengubah televisi amerika dari standar analog ke standar digital dan menyediakan bagi stasiun televisi bandwidth cukup untuk mempresentasikan empat atau lima sinyal Standard Television (STV, menyediakan resolusi NTSC 525 garis dengan aspek rasio 3:4, namun dalam bentuk sinyal digital) atau satu sinyal HDTV (menyediakan garis 1080 garis resolusi dengan layer bioskop dengan aspek rasio 16:9). Hal penting untuk produser multimedia , standar tersebut mengizinkan adanya transmisi data ke komputer dan untuk layanan ATV interaktif yang baru .
    Sampai bulan Mei 2003, 1587 stasiun TV di Amerika Serikat (94 %) telah memiliki Izin atau lisensi konstruksi DTV. Diantara jumlah itu, 1081 stasiun benar-benar menyiarkan sinyal DTV, hamper semuanya men-simulcast sinyal TV mereka. Berdasarkan jadwal terbaru, semua stasiun televise meninggalkan siaran dalam channel analog dan secara penuh adan berpindah ke sinyal digital pada tahun 2006 ini.
    High Definition Television (HDTV) menyediakan resolusi tinggi dengan aspek rasio 16:9. aspek rasio ini mengizinkan melihat film dalam Cinemascope dan Panavision.terdapat perdebatan antara indusri penyiaran dn indstri ompter apakah akan mengunakan teknologi interlacing atau scan progresif. Industri penyiaran telah mengumumkan secara resmi format interlaced 1920 x 1080 resolusi ultra-high sebagai batu penjuru generasi baru dari pusat hiburanterkemuka, namun industri komputer lebih senang memakai sistem scan progresif 1280 x 720 untuk HDTV. Karena format 1920 x 1080 menyediakan lebih banyak piksel dibanding standar 1280 x 720, kecepatan refresh-nya juga akan berbeda. Format dengan interlace resolusi lebih tinggi mengirimkan hanya setengah gambar setiap 1/60 dalam satu detik dank arena interlacing tersebt, dalam image dengan detail ebih ingi terdapat edipacuup besar setiap 30 Hz. Orang-orang yang berkecimpung dibidang computer berpendapat nahwa kualitas gambar dalam 1280×720 lebih superior dan stabil. Kedua format telah dimasukkan dalam standar HDTV oleh Advanced Television Systems Committee(ATSC, http://www.atsc.org)
  2. Video Digital
    Integrasi Penuh dari video digital dalam kamera dan komputer mengurangi nemtuk televisi analog dari video dari produksi multimedia dan platform pengiriman, jika kamera video anda menggerakkan sinyal output digital, Anda dapat merekam video
    Anda langsung ke disk, yang siap untuk diedit. Jika sebuah video klip disimpan sebagai data pada hard disk, CD-ROM atau perangkat penyimpanan massal lain, klip tersebut dapat memainkannya kembali dimonitor tanpa perangkat keras khusus.
    Dunia video kini telah mengalami perubahan dari analog ke digital. Perubahan ini terjadi pada setiap tingkatan industri. Pada konsumen rumahan dan perkantoran kita dapat menikmati kualitas video digital yang prima lewat hadirnya teknologi VCD dan DVD (Digital Versatile Disc), sedangkan dunia broadcasting kini juga lambat laun mengalihkan teknologinya kearah DTV (Digital Television). Sebagian besar rumah tangga di Amerika Serikat telah menggunakan penerimaan sinyal kabel digital dan sinyal satelit digital untuk menikmati siaran televisi digital.
    Arsitektur Video Digital
    Arsitektur Video Digital tersusun atas sebuah format untuk mengenkode dan memainkan kembali file video dengan komputer dan menyertakan sebuah player yang dapat mengenali dan membuka file yang dibuat untuk format tersebut. Arsitektur video digital yang utama adalah AppleQuicktime, Microsoft Windows Media Format, dan Real Network RealMedia. Format file video yang terkait adalah QuickTime movie (.mov), Audio Video Interleaved(.AVI), Windows Media Video (.wmv) , dan RealMedia (.rm). Beberapa player mengenali dan memainkan lebih dari satu format file video.
    Video, seperti halnya audio juga mengalami proses yang serupa yaitu biasanya direkam dan dimainkan sebagai sinyal analog. Untuk itulah harus dikonversi menjadi digital terlebih dahulu agar dapat diproses menjadi sebuah multimedia title.
    Sebuah sumber video seperti Kamera Video, VCR, TV, atau videodisk, dikoneksikan ke sebuah kartu penangkap video (video capture card ) yang terdapat dalam sebuah computer. Ketika sumber Video tersebut dimainkan, sinyal analog dikirim ke kartu video dan dikonversi menjadi data digital yang kemudian disimpan kedalam harddisk. Dalam waktu yang bersamaan, suara dari sumber video juga didigitalisasi.

(sumber : http://pti08.wordpress.com/2008/10/15/jenis-jenis-video/)

 

IV.

Cara kerja kompresi data:

Kompresi data adalah ilmu atau seni merepresentasikan informasi dalam bentuk yang lebih  compact. Berbagai algoritma telahdikembangkan untuk keperluan kompresi data.  Prinsip kerja Algoritma Run Length yaitu mencari karakter yang berulang lebih dari 3kali pada suatu file untuk kemudian dikompresi

 

Share

No responses yet

Nov 27 2011

Chapter 5: Productivity Applications

Published by under PTI

Pada tulisan ini, saya akan menjawab beberapa pertanyaan dari tujuan yang terdapat pada :

Chapter 5: Productivity Applications

 

Perangkat lunak pengolah kata adalah perangakat lunak yang digunakan untuk mengolah kata-kata berupa teks.

Desktop Publishing adalah proses produksi sebuah buku, majalah, atau publikasi lain termasuk beberapa langkah

Perangkat lunak pengolah kata dan desktop publishing telah merevolusi sistem penulisan dan penerbitan. Hal ini dapat terjadi karenasemakin berkembangnya teknologi, maka ditutuntut pula kemajuan segala aspek dengan memanfaatkan teknologi.

Dampak potensial dari desktop publishing dan penerbitan Web pada pers adalah pers dapat mengisi media masa dengan lebih menarik lagi.

 

Perkembangan masa depan dalam pengolah kata dan penerbitan digital. Menurut saya, semakin maju perkembangan teknologi akan memicu juga perkembangan pengolah kata dan penerbitan. Pda masa yang akan datang, bisa saja penerbitan digital hanya mengandalkan pikiran manusia, jadi apa yang diimajinasikan oleh seseorang dapat langsung tergambar.

 

 

Fungsi dasar dan aplikasi spreadsheet

  • Spreadsheet menawarkan banyak  fitur otomatis seperti replikasi data secara otomatis.
  • Spreadsheet memungkinkan perubahan nomor dan segera melihat hasil dari perubahan-perubahan tersebut

Contoh dari program spreadsheet adalah:  Microsoft Excel

 

 

Kegunaan komputer dalam berbagai bidang

Komputer digunakan sebagai alat untuk simulasi mekanik dengan menggunakan aplikasi autocad

Komputer digunakan sebagai alat untuk sistem biologi dalam penelitian organ dalam manusia dengan simulasi seperti:

Komputer jelas dapat digunakan sebagai alat untuk sistem sosial. Contohnya adalah, merebaknya jejaring sosial lewat internet.

    

 

 

Share

No responses yet

Nov 27 2011

Chapter 4: The Ghost in the Machine

Published by under PTI

Pada tulisan ini, saya akan menjawab beberapa pertanyaan dari tujuan yang terdapat pada :

Chapter 4: The Ghost in the Machine

Tiga kategori utama dari perangkat lunak:

  • Compiler dan program penerjemah lainnya  >>  memungkinkan programmer untuk membuat perangkat lunak lain
  • Software aplikasi  >> berfungsi sebagai alat produktivitas untuk membantu pengguna komputer memecahkan masalah
  • Software Sistem  >> mengatur opreasi hardware dan melakukan pekerjaan di balik layar

Hubungan alogaritma dengan perangkat lunak:
Alogaritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.

Programer komputer akan lebih nyaman menuangkan prosedur komputasinya atau urutan langkah proses dengan terlebih dahulu membuat gambaran (diagram alur) diatas kertas.

Faktor-faktor yang membuat aplikasi komputer menjadi alat yang berguna:

1. efektifitas

2. kualitas

3. tuntutan zaman akan kehidupan yang bergantung pada teknologi

 

Peran sistem operasi dalam sistem komputer modern:

  • Pada sistem komputer modern, komputer tidak hanya digunakan sebagai alat hitung. Sesuai dengan perkembangan zaman, input dan output yang diterima dan dikeluarkan oleh komputer semakin banyak dan semakin bervariasi. Untuk itu dibutuhkan manajemen input dan output dari sistem operasi.
  • Sistem operasi yang cukup populer adalah Windows, Mac OS X, UNIX, dan Linux.

Garis besar evolusi interface dari awal pemrograman bahasa mesin ke futuristik interface:

Desktop Operating Systems (DOS) =  pengguna bereaksi menggunakan huruf, angka, dan simbol

Sistem Operasi Multiple User: UNIX dan Linux

  • UNIX dikembangkan di Bell Labs sebelum komputer pribadi yang tersedia.
  • Linux diciptakan oleh Linus Torvalds dan terus menjadi pekerjaan yang dalam proses pengembangan

Tambahan: Dalam kehidupan sehari-hari sering terjadi penyalinan software oleh masyarakat. Penyalinan yang tidak sah dari perangkat lunak adalah pelanggaran hukum. Hal ini disebabkan oleh masyarakat yang kurang mengahargai suatu kreativitas.

Share

No responses yet

Nov 20 2011

Chapter 3: Peripherals

Published by under PTI

Pada tulisan ini, saya akan menjawab beberapa pertanyaan dari tujuan yang terdapat pada :

Chapter 3: Peripherals

Perangkat input adalah perangkat yang dapat memasukan data dan perintah
kepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut.

Contoh Perangkat Input:

>> Keyboard >> Pointing Devices

  • Mouse
  • Touchpad 
  • Pointing stick 
  • Trackball
  • Joystick 
  • Graphics tablet 
  • Touch screen 
  • Stylus 

>> Reading Tools

  •  Read Marks
  •  Scanner
  •  Digital Camera
  •  Video digitizer
  •  Videoconferencing
  •  Audio digitizers
  •  Speech recognition software
  •  Sensors

 

 

 

Perangkat output adalah perangkat yang mengeluarkan data setelah diproses

>> Output screen
monitor CRT monitor LCD
>>Output kertas
printer 
>>Output suara
speaker
Storage devices pada sistem komputer adalah kata lain dari secondary storage. Fungsinya untuk menyimpan data dan sistem operasi.

>> Magnetik storage ialah peralatan komputer yang bisa menyimpan data/informasi melalui mekanisme elektro magnetik:

  • · Random data access
  • · Floppy disks
  • · Hard disks
  • · Removable media (Zip & Jaz disks)

 

>> Optical storage ialah media penyimpanan data yang berbentuk kepingan CD, DVD, HD DVD (High Definition DVD), maupun BD (Blue Ray Disc)

>> Solid State Device merupakan data storage device yang menggunakan solid state memory. Hal ini berbeda dengan hardisk yang menggunakan spinning disk untuk menyimpan memori, karena SSd menggunakan memory chip yang tidak bergerak untuk menyimpan data.

  • · Flash memory 
Dari komponen-komponen di atas, dapat ditarik diagram:

Share

No responses yet

Nov 20 2011

Chapter 2: Inside the Box

Published by under PTI

Pada tulisan ini, saya akan menjawab beberapa pertanyaan dari tujuan yang terdapat pada :
Dalam memanipulasi data, suatu komputer memerlukan proses yaitu:

  • Menerima input: Menerima informasi dari dunia luar
  • Informasi proses: Melakukan operasi atau pengaturan pada informasi sehingga informasi dapat diterjemahkan
  • Menghasilkan output: Mengkomunikasikan informasi ke dunia luar
  • Menyimpan informasi: Memindahkan dan menyimpan informasi dalam memori
Karena hal-hal tersebut maka komputer memiliki struktur dasar yaitu:
  • Unit Masukan (Input Unit)
    Berfungsi untuk menerima masukan (input) kemudian membacanya dan diteruskan ke Memory / penyimpanan. Dalam hubungan ini dikenal istilah peralatan masukan (input device) yaitu alat penerima dan pembaca masukan serta media masukan yaitu perantaranya.
  • Unit Kontrol (Control Unit)
    Berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer. Ia berfungsi seperti pengatur rumah tangga komputer, memutuskan urutan operasi untuk seluruh sistem, membangkitkan dan mengendalikan sinyal-sinyal kontrol untuk menyesuaikan operasi-operasi dan arus data dari bus alamat (address bus) dan bus data (data bus), serta mengendalikan dan menafsirkan sinyal-sinyal kontrol pada bus kontrol (control bus) dari sistem komputer. Pengertian mengenai bus dapat dilihat di bagian bawah halaman ini.
  • Unit Logika & Aritmatika (Arithmetical & Logical Unit)
    Berfungsi untuk melaksanakan pekerjaan perhitungan atau aritmatika & logika seperti menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan memangkatkan. Selain itu juga melaksanakan pekerjaan seperti pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, membandingkan data, dll, sehingga ALU merupakan bagian inti dari suatu sistem komputer. Pada beberapa sistem komputer untuk memperingan dan membantu tugas ALU dari CPU ini diberi suatu peralatan tambahan yang disebut coprocessor sehingga khususnya proses perhitungan serta pelaksanaan pekerjaan pada umumnya menjadi lebih cepat. Pengertian mengenaicoprocessor dapat dilihat di bagian bawah halaman ini.
  • Unit Memori / Penyimpan (Memory / Storage unit)
    Berfungsi untuk menampung data/program yang diterima dari unit masukan sebelum diolah oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya diteruskan ke unit keluaran. Pada suatu sistem komputer terdapat dua macam memori, yang penamaannya tergantung pada apakah alat tersebut hanya dapat membaca atau dapat membaca dan menulis padanya. Bagian memori yang hanya dapat membaca tanpa bisa menulis padanya disebut ROM (Read Only Memory), sedangkan bagian memori yang dapat melaksanakan membaca dan menulis disebut RAM (Random Access Memory).
  • Unit Keluaran (Output Unit)
    Berfungsi untuk menerima hasil pengolahan data dari CPU melalui memori. Seperti halnya pada unit masukan maka pada unit keluaran dikenal juga istilah peralatan keluaran (Output device) dan media keluaran (Output media).
Dari struktur dasar di atas,  komputer memiliki komponen utama yaitu:
  • Input devices
  • Output devices
  • Central Processing Unit (CPU)
  • Memory/Storage device
Komponen-komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing seperti yang telah disebutkan sebelumnya, akan tetapi dengan fungsi yang berbeda-beda tersebut komponen-komponen tersebut dapat bekerja untuk menghasilkan sesuatu sesuai dengan instruksi brainware (orang yang berhubungan dengan sistem komputer).
Share

No responses yet

Nov 08 2011

Membuat Bioreaktor Alami dengan Tanaman Transgenik

Written by Toto Hadiarto

http://biogen.litbang.deptan.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=72&Itemid=97

Teknologi rekombinan DNA tanaman telah banyak membantu penelitian dasar dan penelitian terapan ilmiah biologi. Dengan teknologi ini, gen asing yang kadang sudah dimodifikasi bisa dimasukkan ke dalam tanaman. Hal ini sangat memungkinkan kita untuk secara sengaja menentukan metabolisme tanaman untuk misalnya membuat tanaman pangan yang tahan terhadap herbisida atau memproduksi senyawa kimia tertentu yang bermanfaat.

Saat ini telah banyak industri yang tertarik dengan pemanfaatan tanaman sebagai bioreaktor alami untuk produksi bahan-bahan industri atau kimia. Karena, dilihat dari sisi ekonomi, produksi dengan menggunakan tanaman jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan teknologi fermentasi. Hal ini disebabkan energi surya dan CO2 bisa diperoleh secara ’gratis’ dari alam, sedangkan fermentasi memerlukan suplai listrik dan peralatan-peralatan tertentu.
Pembuatan tanaman transgenik biasanya memerlukan satu atau beberapa gen sesuai dengan tujuan pembuatannya. Tanaman transgenik yang tahan terhadap beberapa cekaman tentu memerlukan gen-gen yang lebih banyak dibandingkan dengan yang tahan terhadap satu jenis cekaman. Pembuatan metabolit sekunder dengan jalur metabolisme baru juga memerlukan lebih dari satu gen.
Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan tanaman transgenik adalah karakteristik dari promoter tanaman yang akan digunakan, urutan DNA dari gen yang akan kita perkenalkan dan kemungkinan masalah yang dihadapi pada ekspresi dari gen tersebut.
Kita bisa memilih jenis promoter sesuai kebutuhan pembuatan bioreaktor alami ini. Misalnya, promoter yang hanya mengekspresikan gen pada organ tertentu atau promoter yang hanya bisa mengekspresikan gen pada saat diinduksi.
Promoter yang sering dipakai saat ini adalah 35S promoter dari CaMV (Cauliflower Mosaic Virus) yang mengekspresikan gen secara terus menerus (constitutive) dan kuat. Promoter ini digunakan agar hasil yang diperoleh benar-benar feasible untuk produksi skala besar. Namun, penggunaan promoter ini mungkin kurang tepat bila kita akan memasukkan beberapa gen, karena jumlah protein hasil ekspresinya akan terlalu banyak dan bisa merusak tanaman.
Beberapa jenis promoter hanya mengekspresikan gen pada organ tertentu dari tanaman (organ-specific), seperti promoter yang mengekspresikan gen rbcS dan CAB, yang mengkode subunit kecil dari ribulose 1,5-bisphosphate carboxylase dan klorofil a/b binding protein. Kedua protein tersebut terlibat dalam proses fotosintesis, dan memiliki ekspresi gen yang tinggi pada organ tanaman yang berfotosintesis. Untuk keperluan industri, ekspresi gen pada akar atau biji sangat bermanfaat.
Inducible promoter digunakan pada sistem tanaman yang menghasilkan molekul yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman. Jadi, ekspresi gen harus rendah sebelum promoter diinduksi. Contoh dari inducible promoter yang sudah dikenal adalah promoter dari genpathogenesis-related (PR)- 1a pada tembakau dan Arabidopsis rd29A.
Pembuatan tanaman transgenik tidak berarti tanpa hambatan. Ada kemungkinan proses metilasi DNA pada promoter atau posisi yang tidak tepat dari foreign DNA pada saat terintegrasi pada kromosom tanaman akan menyebabkan gene silencing. Gene silencing juga bisa disebabkan oleh reaksi dari tanaman sebagai bentuk pertahanannya karena merasa ada serangan dari luar. Sistem ini ada di dalam tanaman secara natural sebagai bentuk pertahanan terhadap serangan virus yang biasanya memasukkan DNAnya ke dalam tanaman (baca artikel berjudul ”Pertahanan Tanaman dengan siRNA”) .

Referensi:
Yoshida, K dan Shinmyo A. (2000). Transgene expression systems in plant, a natural bioreactor. J. Bioscience and Bioengineering. 90: 353-362.

Share

2 responses so far

Nov 08 2011

Bacteria Engineered to Turn Carbon Dioxide Into Liquid Fuel

Written by Hakim Kurniawan  

http://biogen.litbang.deptan.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=711&Itemid=34

 

Global climate change has prompted efforts to drastically reduce emissions of carbon dioxide, a greenhouse gas produced by burning fossil fuels.

In a new approach, researchers from the UCLA Henry Samueli School of Engineering and Applied Science have genetically modified a cyanobacterium to consume carbon dioxide and produce the liquid fuel isobutanol, which holds great potential as a gasoline alternative. The reaction is powered directly by energy from sunlight, through photosynthesis.
The research appears in the Dec. 9 print edition of the journal Nature Biotechnology and is available online.

This new method has two advantages for the long-term, global-scale goal of achieving a cleaner and greener energy economy, the researchers say. First, it recycles carbon dioxide, reducing greenhouse gas emissions resulting from the burning of fossil fuels. Second, it uses solar energy to convert the carbon dioxide into a liquid fuel that can be used in the existing energy infrastructure, including in most automobiles.

While other alternatives to gasoline include deriving biofuels from plants or from algae, both of these processes require several intermediate steps before refinement into usable fuels.
Using the cyanobacterium Synechoccus elongatus, researchers first genetically increased the quantity of the carbon dioxide-fixing enzyme RuBisCO. Then they spliced genes from other microorganisms to engineer a strain that intakes carbon dioxide and sunlight and produces isobutyraldehyde gas. The low boiling point and high vapor pressure of the gas allows it to easily be stripped from the system.
The engineered bacteria can produce isobutanol directly, but researchers say it is currently easier to use an existing and relatively inexpensive chemical catalysis process to convert isobutyraldehyde gas to isobutanol, as well as other useful petroleum-based products.

In addition to Liao, the research team included lead author Shota Atsumi, a former UCLA postdoctoral scholar now on the UC Davis faculty, and UCLA postdoctoral scholar Wendy Higashide.
An ideal place for this system would be next to existing power plants that emit carbon dioxide, the researchers say, potentially allowing the greenhouse gas to be captured and directly recycled into liquid fuel.
“We are continuing to improve the rate and yield of the production,” Liao said. “Other obstacles include the efficiency of light distribution and reduction of bioreactor cost. We are working on solutions to these problems.”
The research was supported in part by a grant from the U.S. Department of Energy.

Share

15 responses so far

Sep 26 2011

Chapter 1: Our Digital Planet

Published by under PTI

komputer saat ini

komputer pada masa lalu

 

 

 

 

 

 

 

Dalam tulisan kali ini, saya akan menjawab beberapa pertanyaan tentang Perkembangan Teknologi Informasi yang telah saya pelajari, menurut pandangan saya:

  • Cara komputer memainkan peran penting dalam kehidupan modern.
    Seperti yang telah kita ketahui, peradaban ssat ini sangat bergantung pada komputer. Segala sistem di segala bidang pasti sekarang menggunakan komputer dalam berbagai hal. Contohnya saja, dalam bidang akademik. Kita tau bahwa sekarang untuk mendaftar sekolah ataupun perguruan tinggi banyak yang menggunakan sistem online secara terkomputerisasi. Dalam hal ini, kita dapat melihat bahwa komputer memainkan peran penting.

proses kerja komputer

  • Keadaan dan ide-ide yang menyebabkan perkembangan dari komputer modern menurut saya adalah tuntutan zaman yang membuat segala sesuatu harus dikerjakan dengan cepat. Maka dari itu, karena komputer dapat memudahkan pekerjaan manusia, perkembangan komputer menjadi sangat pesat.
  • Lima jenis utama dari komputer yang digunakan saat ini
  1. Desktop computers
  2. Embedded Computers
  3. Personal Computers
  4. Mainframes
  5. Supercomputers
  • Ledakan pertumbuhan Internet mengubah cara orang menggunakan komputer dan teknologi informasi karena pada ssat ini, banyak hal dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan internet. Sebagai contaoh adalah, kini masyarakat lebih suka mengirimkan surat mereka melalui email.
  • Informasi sekarang ini jelas berbeda dari waktu lainnya karena sekarang ini informasi dapat sampai dengan begitu cepat. Hal ini disebabkan oleh perkembangan sistem informasi yang begitu cepat.
  • Pekembangan informasi memang memberikan kita banyak kemudahan, akan tetapi ada beberapa dampak buruk akibat perkembangan teknologi informasi yaitu
    • Ancaman terhadap privasi pribadi yang ditimbulkan oleh database besar dan jaringan komputer
    • Kesulitan menjaga data yang aman
    • Kesulitan mendefinisikan dan melindungi kekayaan intelektual di zaman semua-digital
    • Penyalahgunaan informasi sebagai alat kekuasaan politik dan ekonomi
    • Bahaya ketergantungan pada teknologi yang kompleks

 

kesimpulannya adalah

Komputer dan teknologi informasi telah mengubah dunia dengan cepat dan tidak akan kembali lagi ke semula.

Peradaban kita berada dalam transisi dariekonomi industri dengan apa yang kita sebut era informasi, dan pergeseran paradigma adalah memiliki dampak pada cara kita hidup dan bekerja. Komputer dan teknologi informasi adalah pusat dalam perubahan kehidupan manusia, teknologi komputer membuat hidup kita lebih mudah dan lebih produktif. Aplikasi komputer pribadi, seperti pengolah kata, spreadsheet, grafis, multimedia, dan database, terus tumbuh dalam lingkungan masyarakat.

Akan tetapi, pada saat yang sama, komputer juga dapat mengancam kehidupan  kita, keamanan kita, dan mungkin cara hidup kita. Ketika kita terlalu cepat menuju era informasi, masa depan kita tergantung pada komputer. Sehingga kemampuan kita sekarang ini dituntut untuk memahami dan menggunakan komputer dalam produktifitas dengan cara yang tentunya positif.

Pearson Education

 

Share

One response so far

« Prev - Next »