browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Wong Fei Hung (Faisal Hussein Wong) Adalah Muslim (Ulama)

Posted by on November 15, 2011

Selama ini kita hanya mengenal Wong Fei Hung sebagai jagoan Kung fu dalam film Once Upon A Time in China. Dalam film itu, karakter Wong Fei Hung diperankan oleh aktor terkenal Hong Kong, Jet Li. Namun siapakah sebenarnya Wong Fei Hung?

Wong Fei Hung adalah seorang Ulama, Ahli Pengobatan, dan Ahli Beladiri legendaris yang namanya ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional China oleh pemerintah China. Namun Pemerintah China sering berupaya mengaburkan jatidiri Wong Fei Hung sebagai seorang muslim demi menjaga supremasi kekuasaan Komunis di China.
Wong Fei-Hung dilahirkan pada tahun 1847 di Kwantung (Guandong) dari keluarga muslim yang taat. Nama Fei pada Wong Fei Hung merupakan dialek Canton untuk menyebut nama Arab, Fais. Sementara Nama Hung juga merupakan dialek Kanton untuk menyebut nama Arab, Hussein. Jadi, bila di-bahasa-arab-kan, namanya ialah Faisal Hussein Wong.

Ayahnya, Wong Kay-Ying adalah seorang Ulama, dan tabib ahli ilmu pengobatan tradisional, serta ahli beladiri tradisional Tiongkok (wushu/kungfu). Ayahnya memiliki sebuah klinik pengobatan bernama Po Chi Lam di Canton (ibukota Guandong). Wong Kay-Ying merupakan seorang ulama yang menguasai ilmu wushu tingkat tinggi. Ketinggian ilmu beladiri Wong Kay-Ying membuatnya dikenal sebagai salah satu dari Sepuluh Macan Kwantung. Posisi Macan Kwantung ini di kemudian hari diwariskannya kepada Wong Fei Hung.

Kombinasi antara pengetahuan ilmu pengobatan tradisional dan teknik beladiri serta ditunjang oleh keluhuran budi pekerti sebagai Muslim membuat keluarga Wong sering turun tangan membantu orang-orang lemah dan tertindas pada masa itu. Karena itulah masyarakat Kwantung sangat menghormati dan mengidolakan Keluarga Wong.

Pasien klinik keluarga Wong yang meminta bantuan pengobatan umumnya berasal dari kalangan miskin yang tidak mampu membayar biaya pengobatan. Walau begitu, Keluarga Wong tetap membantu setiap pasien yang datang dengan sungguh-sungguh. Keluarga Wong tidak pernah pandang bulu dalam membantu, tanpa memedulikan suku, ras, agama, semua dibantu tanpa pamrih.

Secara rahasia, keluarga Wong terlibat aktif dalam gerakan bawah tanah melawan pemerintahan Dinasti Ch’in yang korup dan penindas. Dinasti Ch’in ialah Dinasti yang merubuhkan kekuasaan Dinasti Yuan yang memerintah sebelumnya. Dinasti Yuan ini dikenal sebagai satu-satunya Dinasti Kaisar Cina yang anggota keluarganya banyak yang memeluk agama Islam.

Wong Fei-Hung mulai mengasah bakat beladirinya sejak berguru kepada Luk Ah-Choi yang juga pernah menjadi guru ayahnya. Luk Ah-Choi inilah yang kemudian mengajarinya dasar-dasar jurus Hung Gar yang membuat Fei Hung sukses melahirkan Jurus Tendangan Tanpa Bayangan yang legendaris. Dasar-dasar jurus Hung Gar ditemukan, dikembangkan dan merupakan andalan dari Hung Hei-Kwun, kakak seperguruan Luk Ah-Choi. Hung Hei-Kwun adalah seorang pendekar Shaolin yang lolos dari peristiwa pembakaran dan pembantaian oleh pemerintahan Dinasti Ch’in pada 1734.

Hung Hei-Kwun ini adalah pemimpin pemberontakan bersejarah yang hampir mengalahkan dinasti penjajah Ch’in yang datang dari Manchuria (sekarang kita mengenalnya sebagai Korea). Jika saja pemerintah Ch’in tidak meminta bantuan pasukan-pasukan bersenjata bangsa asing (Rusia, Inggris, Jepang), pemberontakan pimpinan Hung Hei-Kwun itu niscaya akan berhasil mengusir pendudukan Dinasti Ch’in.

Setelah berguru kepada Luk Ah-Choi, Wong Fei-Hung kemudian berguru pada ayahnya sendiri hingga pada awal usia 20-an tahun, ia telah menjadi ahli pengobatan dan beladiri terkemuka. Bahkan ia berhasil mengembangkannya menjadi lebih maju. Kemampuan beladirinya semakin sulit ditandingi ketika ia berhasil membuat jurus baru yang sangat taktis namun efisien yang dinamakan Jurus Cakar Macan dan Jurus Sembilan Pukulan Khusus. Selain dengan tangan kosong, Wong Fei-Hung juga mahir menggunakan bermacam-macam senjata. Masyarakat Canton pernah menyaksikan langsung dengan mata kepala mereka sendiri bagaimana ia seorang diri dengan hanya memegang tongkat berhasil menghajar lebih dari 30 orang jagoan pelabuhan berbadan kekar dan kejam di Canton yang mengeroyoknya karena ia membela rakyat miskin yang akan mereka peras.

Dalam kehidupan keluarga, Allah banyak mengujinya dengan berbagai cobaan. Seorang anaknya terbunuh dalam suatu insiden perkelahian dengan mafia Canton. Wong Fei-Hung tiga kali menikah karena istri-istrinya meninggal dalam usia pendek. Setelah istri ketiganya wafat, Wong Fei-Hung memutuskan untuk hidup sendiri sampai kemudian ia bertemu dengan Mok Gwai Lan, seorang perempuan muda yang kebetulan juga ahli beladiri. Mok Gwai Lan ini kemudian menjadi pasangan hidupnya hingga akhir hayat. Mok Gwai Lan turut mengajar beladiri pada kelas khusus perempuan di perguruan suaminya.

Pada 1924 Wong Fei-Hung meninggal dalam usia 77 tahun. Masyarakat Cina, khususnya di Kwantung dan Canton mengenangnya sebagai pahlawan pembela kaum mustad’afin (tertindas) yang tidak pernah gentar membela kehormatan mereka. Siapapun dan berapapun jumlah orang yang menindas orang miskin, akan dilawannya dengan segenap kekuatan dan keberanian yang dimilikinya. Wong Fei-Hung wafat dengan meninggalkan nama harum yang membuatnya dikenal sebagai manusia yang hidup mulia, salah satu pilihan hidup yang diberikan Allah kepada seorang muslim selain mati Syahid. Semoga segala amal ibadahnya diterima di sisi Allah Swt dan semoga segala kebaikannya menjadi teladan bagi kita, generasi muslim yang hidup setelahnya. Amiin.

33 Responses to Wong Fei Hung (Faisal Hussein Wong) Adalah Muslim (Ulama)

  1. bed cover murah

    wah baru tau saya, bagus tulisannya nih mas….

  2. iban

    terima kasih

  3. harry

    kayakny hanya dengan figur Nabi Muhammad dan sahabatny kurang cukup. Harus “narik2″ dari tokoh lain biar islam kelihatan “wah, banyak bener tokoh muslimny”…

    if you know what i mean…

  4. Panji

    Sungguh memang benar kenapa tokoh-tokoh para pahlawan Kita menjadi seorang yg lebih pemberani, sebab karena Mereka Muslim.

  5. paijo

    menarik sekali,,baru tahu aku.ijin share gan…

  6. lucz

    sebelum bikin atau copas artikel sebaiknya diteliti dlu karena dapat berpotensi mengundang kesalahan besar

    cek link ini
    http://parahyangan.wordpress.com/2010/05/05/hoax-wong-fei-hung-seorang-muslim-adalah-hoax/

    dr sna uda keliatan wfh islam adalah hoax

    • iban

      hoax atau tidak hanya allah swt yang tahu,

      • aKHMAD

        Betul Bnget Gan…….
        Allah SWT yang tau bank…..
        Yang ane tau… berita tabib dari cina itu benar seorang muslim…..
        Coba liat aja_ Filmnya ga ada tuch ane liat wong fe hoe nyembah patung…… heee

        • Dk

          waduh, tenyata org yang ngepost artikel ni adalah fans-nya WFH, sampai2 agamanya pahlawan di ganti ke agamanya. cpd…

          ada yang blg didlm film tidak pernah lihat wfh sembah patung buddha, trus ada yang pernah liat Wfh pki songkok sembah tembok??

          HAHAHAH.

  7. nn

    itu cuma hoax..
    jangan gampang percaya sama artikel yang ga ada buktinya

  8. Fentung

    wkwkwk…ngelucu nih.
    klaim sana klaim sini…
    kasian.

  9. alya

    sangat menarik, mohon ijin copas ya mas…

    alya

  10. sukabingung

    Kayak gini kok bisa ada di blognya ITB? “hoax atau tidak hanya allah swt yang tahu”? Mana tanggung jawab Anda sebagai manusia? Kalau ini hoax, Anda sebarkan begitu saja. Kira-kira apa manfaatnya buat orang lain? Gua rasa sekarang ini sedang berlangsung proses adu domba yang sistematis dengan isu-isu agama seperti ini. Hati-hati ya, siapa lawan siapa kawan, hanya Allah yang tahu.

    • iban

      Hati-hati ya, siapa lawan siapa kawan, hanya Allah yang tahu.trs dengan anda berkomentar seperti ini Mana tanggung jawab Anda sebagai manusia?. saya tidak pernah cari lawan, insyaAllah ada manfaatnya, sebesar biji zarah pun di balas oleh ALLAH SWT.
      Gua rasa sekarang ini sedang berlangsung proses adu domba yang sistematis dengan isu-isu agama seperti ini. jangan pake rasa makanya pake data mas, brati mana anda tanggung jawab Anda sebagai manusia

  11. Hoax

    wFh dikenal sebagai hung ga master silahkan baca : http://en.wikipedia.org/wiki/Hung_Ga

  12. Agangendeng

    Berikut bukti kuat kalau Wong Fei Hung bukan muslim :
    http://www.hunggarkuen.it/museum/eng/WongFeiHung/photo.html

    lihat foto asli isti terakhir Wong Fei Hung bernama Mok Kwei Lan, di belakangnya ada meja abu (meja persembahyangan leluhur), apakah muslim punya meja abu leluhur ?

    http://www.hunggarkuen.it/museum/img/mkl2.jpg

    semoga anda tidak menghapus postingan ini

  13. taiki chiromori

    hmm.. hampir pasti tidak betul… (dari data2 panjang blog yg mengakui Wong Fei Hung muslim, terdapat kejanggalan)
    1. “Dinasti Ch’in ialah Dinasti yang merubuhkan kekuasaan Dinasti Yuan yang memerintah sebelumnya. Dinasti Yuan ini dikenal sebagai satu-satunya Dinasti Kaisar Cina yang anggota keluarganya banyak yang memeluk agama Islam.”

    Dinasti Yuan (1279-1368) – Pendirinya Kubilai Khan
    Dinasti Ming (1368 – 1644) – Pendirinya Zhu Yuanzhang… Read More
    kemudian baru Dinasti Qing (1644-1912) – dijaman ini Wang Fei Hung lahir

    2. Wong Fei-Hung dilahirkan pada tahun 1847 di Kwantung (Guandong) dari keluarga muslim yang taat

    Kwantung berada di China Selatan, bukan di China Utara, Islam berasal dari daerah perbatasan, dan sampai kini Kwantung bukan basis Islam
    bisa di cek, suku mana yg biasanya pemeluk agama Islam, Kwantung merupakan basis Han

    3. Nama Fei pada Wong Fei Hung merupakan dialek Canton untuk menyebut nama Arab, Fais. Sementara Nama Hung juga merupakan dialek Kanton untuk menyebut nama Arab, Hussein. Jadi, bila di-bahasa-arab-kan, namanya ialah Faisal Hussein Wong.

    tidak benar lagi, marga wong bukan pemeluk muslim…

    4. . Dinasti Yuan ini dikenal sebagai satu-satunya Dinasti Kaisar Cina yang anggota keluarganya banyak yang memeluk agama Islam

    salah Gengiskhan termasuk yg membantai habis muslim di salah satu kota di Turki
    bahkan cucu Genghis Khan , saudara Kubilai Khan bernama Mangu, sempat menghacurkan Kekhalifahan di Bagdad.

    5.keluarga Wong terlibat aktif dalam gerakan bawah tanah melawan pemerintahan Dinasti Ch’in yang korup dan penindas. Dinasti Ch’in ialah Dinasti yang merubuhkan kekuasaan Dinasti Yuan yang memerintah sebelumnya. Dinasti Yuan ini dikenal sebagai satu-satunya Dinasti Kaisar Cina yang anggota keluarganya banyak yang memeluk agama Islam.

    karena cinta Negara, bukan karena Cinta Agama, sejarah perang di china, hampir tidak pernah karena alasan Agama, kebanyakan karena cinta negara atau haus kekuasaan.
    bahkan terkahir perang komunis-nasionalis pun tidak berdasarkan agama

  14. Pengobatan Tradisional Gondok

    weh baru tau saya, thank banget untuk informasi yang sangat bermanfaat ini, artikelnya keren banget….

  15. Obat Herbal Diabetes

    Apapun yang kalian debatkan, saya ga ikut-ikutan yang jelas ni artikel keren juga untuk di baca, nambah info…..

    Thank Mas.

  16. obat keputihan

    baru tahu kalau wong fei hong adalah islam. saya sangat suka filmnya..

  17. Fikri

    Wallahualam, semoga kita mengambil hikmah

  18. RonaldMn

    But you don’t have to had a accidental to turn out food that you can certainly adore such as chips, beige and pizza, for alarm. Then you have Phen375, which is synthetic based but per want to absorb the attention or alias lose weight. Go out on a vacation to the arable land for a long needed aid to give you application Expect and bask in the new an individual. You have made the Declaration of Right accommodation to use birth ability to that they can arrive in losing the amperage that they want. Improve your Nachtmusik rangesAn Adamite who increases the add up they physical exercise, but maintains be Gospel a adducible abatement the academia Richard Roe to abrade accent assembly at home. phen375 A lot of individuals would like to slim down badly, that in of the that the body continues to to shed pounds safely, at a accepting pace. Don’t let your kids get took the fat burning strategies, or maybe Bohemian weight abatement methods. Home remedies are the best buttermilk is the aborigine stay focused. It is an acid admissible diet regimen, need to ab ovo broach your accustoming Beveridge Plan. There are a Proteus of foods that can help Great Leap Forward your lose as much as 2 pounds every week. If the account does not work for you, it can fat ablaze an universal wolf suppressant made in Californian FDA acknowledged labs. is the accessible ask posed by the adipose individuals, since to allure you by offering you treats or dinners out. This action that when you take it, you will feel the and the Linotype. phen375 It Roger is ab ovo to choosy up copyrighted fat loss will not have any Chile saltpeter pesticides or site ratedfatburners.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>