Jenis-Jenis Feature News

0

Yaa bertemu lagi di resume ITB Journalist Apperentice. Berhubung sekarang aku sedang buru-buru, kita langsung ke inti pertemuan saja ya. Naah pertemuan kali ini berlangsung pada Selasa (6/11/12) pukul 17.30 di Ruang Rapat Comlabs. Pertemuan kali ini membahas tentang jenis-jenis feature news yang biasa disajikan di situs itb.ac.id. Keempat jenis feature news tersebut adalah berita profil, obituari, berita penelitian, dan campus life. Ohya biar tidak bingung (siapa tahu ada yang lupa) apa itu feature news, feature news adalah berita yang berisikan kebenaran dengan gaya sastra, bisa berisi opini dengan tetap menjunjung tinggi kebenaran, meliputi peristiwa, sebab-akibat, interpretasi, dan penjelasan fakta, serta menyentuh perasaan.
1. Berita Profil
Berita profil yaa pokoknya berita tentang orang. Berita profil memiliki aspek khas antara lain prestasi, impian, dan biografi orang tersebut. Struktur berita profil antara lain lead, body, dan closing. Lead adalah pembuka, beberapa jenis lead antara lain lead ringkasan, lead bercerita, lead deskriptif, lead kutipan, lead pertanyaan, dan lead penggoda. Body adalah isi berita, utamakan isi yang bebas, memberikan efek dramatis, dan konsisten. Closing adalah penutup, penutup ada yang bersifat menyengat, klimaks, dan tanpa penyelesaian.

2. Obituari

Obituari adalah berita tentang kematian seorang tokoh. Dalam obituari, berita lebih fokus pada sang tokoh yang wafat dibandingkan bagaimana dia kematiannya. Karakteristik obituari adalah tentu saja sebagai berita tetap harus mengandung 5W+1H, jangan lupa pula kita harus mencari tahu pencapaian-pencapaian sang tokoh, lalu terakhir yang paling penting, positif objektif.

3. Berita Penelitian

Berita penelitian berisi penilitian yang telah dilakukan oleh insan-insan ITB (biasanya dosen). Jadi kalau ingin membuat berita penelitian langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: cari topik dan narasumber, topik dan narasumber ini bisa diperoleh dari web ITB, web fakultas, datau dosen terdekat. Langkah berikutnya adalah pelajari dulu penelitian yang sedang dia lakukan (yaa biar tidak bodoh-bodoh banget lah pada saat wawancara). Jangan lupa pula isi inti dari berita penelitian, fokuslah pada apa yang dia kerjakan, fokus pada karyanya, bukan pada orangnya. Terus jangan lupa tulislah sejelas mungkin dan janganlah konfirmasi isi berita kepada sang narasumber.

4. Campus Life

Campus life adalah berita fitur yang isinya tentang kehidupan kampus dan budaya kampus, terutama tentang mahasiswa ITB. Dibandingkan tiga jenis berita fitur yang lain, berita campus life adalah jenis yang paling ringan dan santai. Yaa intinya sih berita jenis campus life ini seperti memanusiakan mahasiswa ITB.

Ya seperti itulah penjelasan singkat tentang jenis-jenis berita fitur yang ada di situs itb.ac.id. Semoga bisa memberi manfaat bagia kita semua. Sampai jumpa kapan-kapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copyright © 2012-2014 Maksum's Blog All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.2.4.1, from BuyNowShop.com.