3 Days Physics Career Events : Menjadi Fisikawan yang Sukses

Ini artikel yang aku buat untuk buletin HIMAFI, Quark. Sebenarnya aku tidak akan mau menjadi seorang karyawan karena mau jadi seorang dosen dan wirausahawan.  Tapi bagaimanapun juga karyawan itu dibutuhkan, karena aku sendiri udah ngerasain pentingnya memperkerjakan orang.

 

Setiap orang tentunya memiliki cita-citanya masing-masing, dan tentunya setiap mahasiswa fisika memiliki cita-citanya. Lalu bagaimana untuk dapat menggapai cita-cita tersebut? Dalam acara “3 Days Physics Career Events” yang diadakan oleh Divisi Keprofesian dan Teknologi HIMAFI, para peserta diberi pengetahuan tentang hal-hal yang bermanfaat dalam mengejar cita-cita para mahasiswa fisika. Mulai dari jenis profesi, lalu edukasi yang akan dapat menunjang karis dan tips-tips untuk mendapatkannya.

Profesi

Seorang lulusan mahasiswa fisika dapat melamar ataupun menjadi professional di berbagai bidang. Tentunya terdapat persaingan dengan orang yang khusus belajar di bidang yang ingin dilamarnya. Namun salah satu kelebihan yang dimiliki oleh lulusan Fisika adalah daya analisis yang kuat, hal tersebut diambil dari kata-kata pembicara dari PT. Quadran  Utama.

PT. Quadran  Utama merupakan perusahaan yang bekerja di bidang training dan consultant. Beberapa produk yang telah dihasilkannya merupakan system informasi manajmen perusahaan. Beberapa tips dari pembicara adalah menyangkut pelamaran pekerjaan. Dalam melamar pekerjaan di suatu perusahaan, CV harus dibuat semenarik mungkin. Pelamar harus dapat meyakinkan bagian HRD agar dapat lolos seleksi selanjutnya.

Pertamina, yang merupakan salah satu perusahaan pertambangan minyak terbsesar di Indonesia juga dihadirkan dalam acara ini. Segala proses yg dilakukan oleh perusahaan minyak seperti Pertamina merupakan upaya-upaya yg dilakukan oleh jurusan geofisika, geologi, dan minyak. Fisika berada di luar lingkaran itu, namun bukan berarti tidak berkaitan. Peluang masih terbuka bagi  orang fisika memiliki peluang untuk memasuki posisi seperti interpretasi, signal processing, data management, namun tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan posisi yang lain.

PT Haliburton, Oil service Company memberikan informasi juga kepada peserta seminar ini. Bagi pembicara dari PT Haliburton, terdapat beberapa hal yg harus dipertimbangkan ketika melamar pekerjaan. Apakah kita selalu dapat memilih pekerjaan yang diinginkan? Dalam memilih pekerjaan kita harus menyesuaikan dengan kondisi yg ada, pertimbangkan lowongan yg ada dan skill yg dimiliki. Jangan hanya menunggu lowongan yang kita ingini saja.

PNS, lulusan mahasiswa fisika juga dapat menjadi seorang pegawai negeri. Salah satu contoh yang ditunjukkan di dalam event ini adalah Imam Catur Priambodo, FI ’05. Beliau menjadi seorang karyawan di Kementerian ESDM Mitigasi Bencana. Beberapa kelebihan menjadi PNS adalah

  1. Jenjang karir jelas (sebab pada periode tertentu, terus naik pangkat).
  2. Sulit untuk di PHK (prosedur PHK bagi PNS cukup sulit).
  3. Peluang mendapatkan S2 & S3 (Pemerintah memerlukan tenaga ahli untuk membina Indonesia, sehingga banyak yg dibiayai untuk menyelesaikan studi ke jenjang yg lebih tinggi).
  4. Posisi sebagai regulator
  5. Tunjangan dana pensiun.

Mungkin PNS sekarang tidak lagi semenarik dulu, karena begitu banyaknya pekerjaan yang sepertinya lebih bagus. Namun apabila dilihat dari kelebihan di atas, menjadi seorang PNS itu layak dipertimbangkan.

Beasiswa, Scholarship, dan Pengalaman

Selanjutnya seminar ini membahas tentang mendapatkan berbagai hal penunjang. Ada beberapa beasiswa dan tawaran yang mungkin dicoba yaitu Young Leader Indonesia dari perusahaan McKinsey, sebuah perusahaan konsultan. Lalu ada pula HNMUN. (Harvard National Model United Nations), London Youth International Science Forum (LYISF), Indonesia English Language Study Program (IELSP), Accenture High Performer Scholarship, dan short visit KAIST (Korean Advanced Institute of  Science and Technology ).

Hal yang perlu diperhatikan adalah kita harus aktif mencari pengalaman dan beasiswa semacam ini. Apabila kita lebih jeli, banyak beasiswa dan internship program yang ditawarkan, yang mungkin bias menjadi penunjang kita nantinya dalam melamar pekerjaan. Tentunya hal-hal ini dapat membantu kita dalam bekerja nanti, entah menjadi seorang professional ataupun menjadi seorang wirausahawan. Pengalaman ini dapat sangat berharga.

 

Share
Avatar of Petrus Fajar Subekti

About Petrus Fajar Subekti