Fokus

Di tengah zaman banjir informasi saat ini, barangkali kemampuan yang sangat diperlukan adalah fokus.

Kalau dulu saat kuliah, akses Internet dirasa sangat susah. Akses Internet hanya bisa dilakukan dari lab, menggunakan komputer kampus. Waktu untuk akses Internet hanya di saat tidak ada kuliah. Atau terkadang suka memilih berdiam di lab komputer daripada datang ke kelas untuk kuliah. Yang ini jangan sering-sering ditiru.

Lalu beranjak masuk ke tingkat akhir, akses Internet menjadi lebih leluasa. Dapat akses ke lab berikut akses Internet. Bisa membawa komputer sendiri untuk dibawa ke lab. Saat itu laptop belum sepopuler sekarang. Apalagi tablet, belum kenal.

Kedua hal ini sudah cukup menyenangkan walau kecepatan akses Internet masih lambat….

Dan kini saat akses Internet bisa lebih leluasa, di mana saja dan kapan saja, dengan ponsel cerdas. Kecepatan akses Internet pun bisa jauh lebih cepat dibanding zaman kuliah dulu. Dunia terasa lebih indah saat akses Internet sekejap mata.

Namun ternyata, hal tersebut belum cukup. Sekarang yang dibutuhkan adalah kemampuan fokus. Fokus untuk melakukan satu hal secara konsisten. Tanpa terdistraksi. Terus menerus, tanpa terputus-putus. Minimal selama 2 jam. Coba saja lakukan, saya yakin hal ini akan lebih sulit karena kehadiran notifikasi instan baik dari media sosial, maupun ponsel. Ini semua akan membuat distraksi.

Seperti tidur, kita bisa tidur 2 jam + 2 jam + 2 jam = 6 jam. Namun hal ini akan berbeda dengan saat kita tertidur 6 jam sekaligus dengan pulas. Coba saja.

Jadi, sekarang saatnya mengasah kemampuan fokus dan meredam distraksi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>