Langkah-Langkah Budidaya Tanaman Pangan

Jenis tanaman pangan tentunya sangat dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Hal ini lah yang membuat kegiatan budidaya tanaman pangan menjadi sebuah bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi dilihat dari kondisi tanah dan suhu udara Indonesia yang mendukung.

Tidak hanya bisnis, tetapi juga kegiatan yang menarik untuk dilakukan di rumah jika Anda memiliki lahan khusus.

Ada beberapa langkah dasar yang bida dipelajari sebelum memulai budidaya jenis tanaman pangan.

Langkah Dasar Budidaya Tanaman Pangan

  • Maksimalkan Pengolahan Lahan

Ingin mencapai hasil panen yang memuaskan dimulai dari memaksimalkan pengolahan lahan. Tidak hanya menyuburkan tanah pada lahan sebagai bidang penanaman, terdapat standar khusus untuk membuat lahan lebih baik kondisinya.

Pertama ialah dengan memastikan kawasan lahan dan sekitarnya tidak terkena limbah atau pencemaran racun. Seperti yang kita ketahui, jumlah juga jenis limbah di Indonesia tergolong mengkhawatirkan. Banyak kurang bertanggung jawab dalam mengelola limbah hasil industri.

Ini yang membuat banyak lahan memiliki kondisi kurang baik akibat terkena racun limbah. Pastikan lahan untuk budidaya jauh dari pencemaran beracun.

  • Menyiapkan Benih Tanaman

Jenis dan kualitas benih tanaman pangan sangat beragam. Masing-masing memiliki kelebihan juga kekurangan yang akan memengaruhi hasil penanaman. Namun tetap yang paling utama tentu saja dalam hal pemeliharaan, juga kualitas pengolahan lahan.

Sehingga dalam memilih benih bisa disesuaikan dengan kondisi lahan, cuaca, atau pun bagaimana Anda melakukan perawatan. Terkadang ada benih yang tumbuh baik di sebuah wilayah didukung faktor kualitas lahan dan suhu udara, tetapI di tempat lain tidak begitu baik.

Oleh karenanya Anda bisa mencari banyak informasi seperti review penanaman produk benih dari berbagai merk dengan kondisi yang juga berbeda-beda untuk menemukan produk benih tanaman pangan sesuai kebutuhan.

  • Pemupukan dan Pemeliharaan

Langkah berikutnya dalam budidaya tanaman pangan ialah pemupukan dan pemeliharaan. Pemberian pupuk yang tepat akan memberi nutrisi terbaik bagi pertumbuhan tanaman. Pemberian pupuk ini bisa dilakukan secara bertahap menggunakan takaran atau porsi cukup.

Setelah mempelajari cara pemupukan yang tepat, perhatikan proses pemeliharaan yang terdiri dari tiga cara dasar yaitu penyiraman, penyulaman, serta pembubuhan, Penyiraman rutin dilakukan untuk menjaga kelembapan tanah dan tanaman. Informasi lebih lengkap tentang pupuk alami silahkan kunjungi: pupuknaturalnusantara.net

Sementara proses penyulaman ialah membuat benih dan bagian tanaman yang telah tumbuh untuk ditanam kembali menggunakan benih baru. Lalu pembubuhan merupakan proses menutup pangkal batang menggunakan tanah.

Terdapat standar umum dalam pemeliharaan tanaman pangan di antaranya cara pemeliharaan yang disesuaikan dengan jenis tanamannya agar pertumbuhannya maksimal dan memproduksi hasil yang memuaskan. Kemudian jangan lupa beri perlindungan pada tanaman Anda.

  • Pengendalian Hama

Kegiatan bercocok-tanam tidak jauh dari risiko adanya gangguan hama yang merusak atau bahkan menggagalkan pertumbuhan tanaman tersebut. Selain hama, keberadaan hewan-hewan liar yang memakan tanaman ini pun harus diperhatikan.

Ini membuat Anda harus ekstra melakukan pengendalian hama sejak dini. Ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu menggunakan cara manual, atau menggunakan cairan khusus seperti pestisida.

Langkah pengendalian ini disebut juga dengan pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman). Jika ingin menggunakan pestisida, pengaplikasiannya harus secara tepat dari segala hal.

Mulai dari tepat waktu pemberiannya, tepat jenisnya, tepat dosisnya, tepat sasarannya, hingga tepat mutunya. Hindari menggunakan jenis dan bentuk pestisida yang tidak ramah lingkungan, memiliki residu berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

Anda bisa gunakan pestisida jenis hayati yang memiliki sifat cepat terurai. Dalam pengaplikasiannya, Anda pun perlu memerhatikan keselamatan diri Anda. Gunakan pakaian dan peralatan pelindung sesuai standar.

  • Memasuki Waktu Panen dan Pasca Panen

Setelah melewati langkah-langkah di atas, saatnya memasuki langkah terakhir dalam kegiatan budidaya tanaman pangan yaitu panen dan pasca panen. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat panen adalah melakukannya di waktu yang tepat.

Melakukan panen di waktu tepat akan membuat tanaman berkualitas lebih baik dan sesuai standar bahan pangan yang aman dikonsumsusi.  Anda bisa mengikuti masa panen menurut patokan waktu standar pada umumnya. Tergantung pada jenis tanaman itu sendiri.

Panen dengan cara yang baik agar hasil panen sempurna sekaligus tidak merusak tanamannya. Kemudian setelah panen baru masuk ke masa pasca panen. Anda harus memerhatikan tempat penyimpanan hasil panen dan pemeliharaan tanaman sehabis panen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *