Rekomendasi Dari Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia

Jenis-Jenis Asuransi

Secara umum, asuransi memiliki fungsi perlindungan diri ketika terjadi bencana atau keadaan darurat dalam kehidupan, dan dapat menghindari berbagai kerugian ekonomi.

Nyatanya, tidak semuanya akan berjalan mulus dalam hidup ini. Tentu saja, terkadang bencana atau ujian hidup akan datang secara tiba-tiba. Saat terjadi bencana, asuransi memiliki manfaat yang besar dalam membantu kita menyelesaikan masalah yang kita hadapi, terutama dalam aspek keuangan.

Tidak perlu bingung dengan asuransi. Bagi anda yang belum memahami sedikitpun mengenai asuransi, silahkan simak ulasan kami berikut ini !

 Mengenal Apa itu Asuransi ?

Dilansir dari OJK (Otoritas Jasa keuangan), Asuransi merupakan sebuah perjanjian yang dilakukan antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi yang mana asuransi ini nantinya akan memungut premi dengan sedikit imbalan.

  • Memberikan santunan berdasarkan meninggalnya atau hidup tertanggung, besarnya santunan telah ditentukan dan/atau berdasarkan hasil pengelolaan dana.

 

Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia

Fokus dan risiko seperti inilah yang menentukan konsistensi pengukuran risiko yang diambil sesuai dengan jenis kebijakannya.

Perusahaan asuransi akan menggunakannya untuk memprediksi potensi kerugian dan menentukan tingkat premi yang ditawarkan untuk setiap jenis asuransi.

Berikut jenis asuransi yang dijual di Indonesia.

 

1. Asuransi Jiwa

Seperti yang kita ketahui bersama, asuransi jenis ini dapat memberikan manfaat finansial kepada tertanggung setelah meninggal dunia. Ada beberapa sistem pembayaran untuk asuransi jiwa.

Perlu anda ketahui juga bahwa asuransi ini bisa anda beli sebagai kepentingan pribadi dan kepentingan pihak ketiga. Bahkan asuransi jiwa dikatakan dibeli dalam kehidupan orang lain.

Contohnya jika suami membeli sebuah asuransi jiwa, maka ini akan memberikan sebuah manfaat setelah kematian istrinya. Selain itu, anda juga perlu tahu bahwa orang tua juga bisa loh membeli asuransi diri untuk kematian anak-anak mereka nanti.

 

2. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi ini juga sudah dikenal masyarakat Indonesia. Gampangnya, asuransi kesehatan ini merupakan sebuah produk asuransi yang tugasnya untuk menangani kesehatan dan biasanya akan menanggung biaya pengobatan baik rawat inap dan lain sebagainya.

Selain BPJS Kesehatan, memiliki jaminan kesehatan dari perusahaan asuransi swasta juga sangat penting karena Anda bisa merasakan manfaat lainnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, asuransi kesehatan dibeli untuk kepentingan tertanggung atau untuk kepentingan pihak ketiga.

 

3. Asuransi Kendaraan

Perlu anda ketahui bahwa Asuransi juga dapat menanggung kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor yang dipertanggungkan.

Asuransi ini menjadi kegemaran pada saat kerusuhan Mei 1998, karena peristiwa tersebut menyebabkan peningkatan tajam minat terhadap perlindungan kendaraan pribadi.

Website keuangan Cermati.com telah bekerjasama dengan perusahaan asuransi ternama di Indonesia, sehingga Anda sebagai pelanggan dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik dengan harga murah.

 

4. Asuransi kepemilikan Rumah Dan Properti

Asuransi ini memberikan perlindungan atas kemungkinan kehilangan atau kerusakan barang-barang pribadi tertentu dari tertanggung. Jika rumah atau harta benda tertanggung mengalami kebakaran, pencurian, longsor/gempa bumi, tsunami, dan lain-lain, asuransi juga memberikan perlindungan dan keringanan.

 

5. Asuransi Pendidikan

Ini adalah asuransi paling populer dan favorit para pemegang polis.

Mahalnya biaya pendidikan dan kondisi lain yang memperburuk perekonomian, seperti depresiasi mata uang kita terhadap dolar AS, akan mempengaruhi biaya pendidikan anak di masa depan.

 

6. Asuransi Bisnis

Jenis asuransi ini adalah layanan perlindungan untuk mencegah kemungkinan kerusakan bisnis, kerugian atau kerugian besar. Asuransi ini memberikan santunan atas kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran, ledakan, gempa bumi, sambaran petir, banjir, angin topan, hujan, tabrakan, huru-hara, dll.

Perusahaan asuransi biasanya memberikan berbagai manfaat, mulai dari asuransi komersial, seperti perlindungan karyawan sebagai aset bisnis, perlindungan investasi dan bisnis, asuransi jiwa komprehensif untuk seluruh karyawan, dan paket perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan.

 

7. Asuransi Umum

Asuransi umum atau asuransi umum adalah perlindungan terhadap risiko kerugian pihak ketiga atau hilangnya manfaat dan kewajiban hukum. Asuransi umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

a) Social Insurance (Jaminan Sosial).

Premi bersifat wajib, seperti pemotongan gaji seseorang setiap bulan.

b) Voluntary Insurance (Asuransi Sukarela)

Asuransi ini bersifat sukarela. Jenis asuransi sukarela ini dapat dibagi lagi menjadi dua kategori, yaitu asuransi pemerintah dan asuransi komersial. Asuransi pemerintah adalah asuransi yang diselenggarakan oleh pemerintah, sedangkan asuransi komersial adalah asuransi yang dirancang untuk melindungi individu atau keluarga dan perusahaan dari risiko yang mungkin timbul karena keadaan darurat.

 

8. Asuransi Kredit

Hal ini erat kaitannya dengan layanan perbankan khususnya di bidang perkreditan. Kredit adalah pinjaman moneter yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan sebagai penyedia kredit kepada pelanggannya.

Asuransi kredit ini dirancang untuk melindungi bank atau lembaga keuangan lainnya dari kemungkinan tidak dapat memperoleh kembali pinjaman yang dipinjamkan kepada nasabah, dan untuk membantu memberikan arahan dan perlindungan kredit. Pemerintah Indonesia menugaskan manajer asuransi kredit PT. Asuransi Kredit Indonesia.

 

9. Asuransi Kelautan

Jenis asuransi ini sangat cocok untuk sektor maritim, dan fungsinya untuk memberikan perlindungan bagi pengangkut dan pemilik kargo.

Asuransi laut atau marine insurance adalah penggunaan jasa transportasi laut untuk mengalihkan risiko kepada Anda dan barang bawaan Anda.

Asuransi ini melibatkan penggunaan jasa transportasi saat mengangkut barang. Beberapa faktor yang mempengaruhi premi asuransi angkutan laut adalah barang yang dipertanggungkan, kemasan barang, risiko yang dipertanggungkan, pengangkutan dan perjalanan.

 

10. Asuransi Perjalanan

Secara umum fungsi asuransi perjalanan tidak jauh berbeda dengan asuransi biasa, yaitu perlindungan jangka pendek bagi nasabah, yaitu saat pembeli premi melakukan perjalanan ke rumahnya.

Manfaat dan perlindungan yang akan Anda dapatkan dengan asuransi perjalanan antara lain perlindungan dan perlindungan biaya atas kecelakaan yang terjadi pada pembeli senior, santunan kecelakaan diri, biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, evakuasi medis, dan perlindungan bagasi berisiko hilang atau rusak.

Sumber : blogserba.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *