Beberapa Rekomendasi Buku Tentang Bisnis Terbaik Tahun Ini

Rekomendasi Buku Tentang Bisnis

Membaca seringkali menjadi hobi para pebisnis, bahkan sudah menjadi kebiasaan. Semangat terus belajar tanpa batas usia menjadi alasan keberhasilan para pebisnis. Bagi yang tertarik dengan dunia bisnis, sebaiknya mulai membaca buku bisnis.

Mimpi Sejuta Dolar

Yang saya suka dari buku ini adalah pengalaman berharga yang saya pelajari dari Merry Riana. Ia kuliah di Singapura karena mendapat tekanan dari lingkungan, yakni banyak konflik antar warga dengan etnis Tionghoa. Selama kuliah, Mei Li hanya makan sepuluh dolar Singapura seminggu, yang tentu saja tidak cukup.

Meili harus menahan lapar dengan makanan minimal, dua potong roti dan semangkuk mie instan setiap hari. Ini berlanjut sampai tahun pertamanya di Singapura. Melalui cerita ini, saya belajar arti ketangguhan, ketekunan dalam keadaan sulit, dan rasa syukur atas apa yang saya miliki. Ketika saya belajar di Universitas Teknologi Nanyang tahun berikutnya, saya meniru keberaniannya.

Meili berharap kehidupan dirinya dan keluarganya menjadi lebih baik. Kemudian ia memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis dan memulai dari nol. Dia tidak ada hubungannya dan tidak dihargai tinggi karena dia bukan penduduk asli Singapura dan situasi keuangannya terbatas. Namun, Anda pasti tahu apa yang terjadi. Ya, Merry bisa melewati masa-masa sulit itu dan menjadi karakter Merry Riana yang Anda kenal sekarang.

Outliers: The Story of Success

Jangan takut, faktanya dari sepuluh perusahaan itu, umumnya hanya satu yang bisa bertahan. Anda harus memahami apa yang membuat orang sukses di bidangnya, jangan takut dan putus asa dengan memulai bisnis. Buku ini, yang ditulis oleh Malcolm Gladwell, menganalisis secara menyeluruh faktor-faktor yang membuat orang sukses.

Dengan membaca buku ini, Anda akan diajak untuk lebih memahami diri sendiri dan memahami kelebihan dan kekurangan Anda. Beberapa angka dalam buku Malcolm Gladwell mungkin menjadi panutan bagi bisnis Anda. Pengusaha pemula wajib membaca buku ini!

Zero to One

Buku ini ditulis oleh Peter Thiel, seorang pengusaha dan investor terkenal di Silicon Valley, buku yang wajib dibaca oleh siapa saja yang ingin memulai bisnis. Meskipun bisnis teknologi sedang booming saat ini, Peter Thiel menolak untuk menerima gagasan bahwa Anda harus berada di bidang teknis jika Anda ingin sukses. Ia percaya bahwa setiap orang masih bisa menciptakan karir yang unik.

Bagaimana Anda membangun bisnis yang unik dan langgeng? Temukan rahasianya dalam buku ini. Peter Thiel membahasnya dengan cara yang mudah dipahami dan menginspirasi. Setelah membacanya, pastikan semangat wirausaha Anda membara!

The 4-Hour Workweek

Mungkin banyak dari Anda yang ingin berbisnis agar bisa pensiun saat masih muda, atau bisa terus bekerja hingga tua. Tetapi bagaimana jika Anda masih bisa berhasil bahkan jika Anda bekerja lebih sedikit? Dalam buku ini, Tim Ferris menganalisis jalan ini untuk Anda.

The 80/20 Principle

Kaidah 80/20 atau yang lebih dikenal dengan kaidah Pareto merupakan salah satu konsep yang dapat diterapkan dalam bisnis. 80% bisnis yang dihasilkan berasal dari 20% upaya yang Anda lakukan. Sederhananya, untuk lima produk yang Anda jual, 80% keuntungan berasal dari produk yang sama.

Ini tidak hanya berlaku untuk penjualan, tetapi juga untuk efisiensi sumber daya manusia dan banyak aspek lainnya. Dengan kata lain, undang-undang ini mengajak pembaca untuk lebih memperhatikan apa yang paling menguntungkan bagi perusahaan. Jika Anda memiliki masalah dengan penjualan atau manajemen, silakan baca buku ini.

The Lean Startup

Perusahaan atau start-up yang baru didirikan kemungkinan besar akan gagal. Namun, Anda sebenarnya bisa memprediksinya. Buku ini mengajarkan Anda bagaimana mengelola perusahaan startup yang efektif. Dari sisi operasional, sumber daya manusia, produk dan dana, semuanya dikelola seefektif mungkin. Bagi yang menjalankan perusahaan start-up, buku ini cocok sebagai referensi masukan dan saran.

Radical Candor

Dalam perusahaan, sumber daya manusia telah menjadi masalah yang sangat mendasar. Di satu sisi, Anda perlu memaksimalkan potensi bawahan Anda. Namun, di sisi lain, kita juga harus memperhatikan kesehatan fisik dan mental bawahan.

Simak juga pembahasan kami mengenai rekomendasi tempat percetakan buku di daerah jakarta pusat

Buku ini mengajak Anda menjadi bos yang bisa melakukan keduanya. Dengan cara ini, Anda akan tahu kapan harus memberi tekanan pada bawahan Anda dan kapan harus memperhatikan mereka secara pribadi. Jika Anda mencari solusi untuk masalah sumber daya manusia, buku ini cocok untuk Anda!

Never Split The Difference

Ada pepatah yang mengatakan: “Jika Anda tidak berani bertanya, jawabannya selalu tidak.” Sama seperti berbisnis, Anda harus memiliki keterampilan negosiasi. Negosiasi tidak selalu tentang penjual dan pembeli, tetapi juga mencakup negosiasi dengan pemasok, karyawan, dan bank.

Buku ini mengajarkan keterampilan negosiasi yang baik dan membuat Anda lebih berani dalam bisnis. Bagi yang masih malu berbisnis, buku ini wajib dibaca. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, buku ini ditulis oleh mantan anggota FBI yang berprofesi sebagai negosiator.

Blue Ocean Strategy

Alih-alih bersaing di pasar yang berdarah, lihatlah target konsumen yang spesifik. Untuk memahami pasar dan cara kerjanya, buku ini wajib dibaca. Tidak diragukan lagi bahwa “Blue Ocean Strategy” adalah salah satu buku bisnis terbaik yang pernah ada!

Start With Why

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus bisa menjadi seorang pemimpin, baik untuk diri sendiri maupun karyawan Anda. Simon Sinek percaya bahwa orang menjadi baik karena mereka memahami penyebab atau motivasi mendasar yang kuat. Oleh karena itu, Anda harus memiliki visi dan misi yang jelas untuk perusahaan Anda.

Dengan memiliki visi dan misi yang kuat dan jelas, Anda dan karyawan akan memiliki semangat juang yang tiada tara. Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda menemukan “penyebab” yang jelas untuk perusahaan Anda? Untuk mengetahui jawabannya, bacalah buku “Start With Why” karya Simon Sinek!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *