Cara Memotret Hanya Bermodalkan HP Android

Cara Memotret Hanya Bermodalkan HP Android

Saat ini, ponsel Android sangat mendukung Anda untuk menjadi seorang fotografer.

Jika Anda hanya menggunakan ponsel Android untuk mengetahui cara mengambil foto yang bagus, efeknya bisa sebanding dengan foto yang diambil oleh fotografer profesional.

Jadi, bagaimana cara mengambil foto yang bagus hanya dengan ponsel? Berikut adalah beberapa metode yang perlu Anda ketahui tentang mengambil foto yang bagus.

Gunakan Bantuan Cahaya dari Belakang atau Samping

Dikutip dari situs gariswarnafoto.com, Cahaya atau sinar matahari sangat bermanfaat dan dapat membuat objek terlihat lebih jelas, lebih cerah, dan lebih eye-catching. Lebih bagus lagi jika cahaya datang dari belakang objek yang akan difoto.

Oleh karena itu, Anda harus peka terhadap cahaya yang melingkupi objek tersebut.

Cari Fokus dengan Mendekati Objek

Salah satu keterbatasan memotret dengan Android adalah resolusinya. Saat Anda menggunakan fungsi zoom pada kamera, resolusi cenderung menurun. Akibatnya, foto akan tampak lebih buram dan kurang cerah.

Jadi, bagaimana Anda menemukan fokus untuk mengambil foto yang indah? Gunakan cara manual, yaitu ponsel atau layar kamera ponsel dekat dengan objek. Menggunakan cara manual ini tidak mengurangi resolusi kamera, sehingga membuat hasil foto lebih maksimal.

Stabilkan Tangan Kamu

Cara mengambil foto yang bagus dengan kamera ponsel Android sebenarnya tidak rumit. Selain memilih ponsel dengan fungsi kamera yang mumpuni, Anda juga harus stabil saat memotret. Jika tangan Anda gemetar atau gemetar, foto akan cenderung buram atau tidak jelas. Jika Anda menggunakan tripod kamera HP, efeknya akan lebih baik. Tripod kamera HP akan menjaga stabilitas ponsel, memungkinkan Anda mengambil gambar objek paling banyak tanpa getaran atau guncangan sedikit pun.

Atur Shutter Speed Kamera Android Kamu

Cara bagus berikutnya untuk mengambil gambar adalah dengan mengatur kecepatan rana. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang ingin mengambil foto berdasarkan cahaya yang diserap kamera. Cara mengatur kecepatan rana pada kamera Android tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi kamera yang banyak tersedia di Google Play store. Unduh aplikasi kamera dan cari fungsi atau alat “rana” di aplikasi.

Kemudian, Anda harus memilih kecepatan kamera, seperti 2 detik, 1 detik, atau 5 detik. .

Jika ya, potret objek seperti biasa, dan kamera ponsel Anda akan menggunakan kecepatan rana yang Anda atur sebelumnya.

Mengatur Fitur ISO

Semakin tinggi ISO, semakin tinggi sensitivitas lensa terhadap cahaya, dan sebaliknya. Pengaturan ISO tergantung pada cahaya yang mengelilingi objek. Jika ada cukup cahaya di sekitar objek, Anda dapat mengatur ISO ke level rendah.

Sebaliknya, jika objek berada di area kurang cahaya, atur ISO ke level yang lebih tinggi.

Kekurangannya adalah Anda akan melihat banyak noise di foto, karena semakin tinggi ISO, semakin banyak kontras yang akan meningkat.

Matikan HDR pada Saat yang Tepat

Anda pasti sudah familiar dengan HDR, karena Anda bisa menampilkannya dengan jelas saat menyalakan kamera.

Umumnya saat HDR diaktifkan, foto yang dihasilkan akan tampak lebih cerah atau cerah. Jika Anda tidak pandai menentukan sudut cahaya, maka fungsi HDR bisa sangat membantu.

Gunakan HP Android yang Tepat

Tidak semua ponsel Android cocok untuk memotret, terutama fotografi profesional. Anda harus menggunakan ponsel Android berkualitas tinggi dengan fungsi kamera yang kuat untuk memaksimalkan efeknya.

Banyak jenis ponsel Android, seperti Huawei P30 Pro, Apple iPhone 11 Pro Max, Samsung Galaxy Note 10+ dan OPPO Reno 10x zoom…

Cara Foto Yang Bagus Dengan Memahami Komposisi

Dengan memahami komposisinya, foto Anda akan terlihat lebih artistik. Banyak komposisi yang dapat diterapkan saat memotret. Misalnya, Anda dapat fokus pada bentuk, warna, atau garis unik di sekitar subjek untuk dipotret agar hasilnya lebih kuat dan menarik perhatian.

Untuk beberapa objek, komposisi ini justru membuat hasilnya terlihat lebih menarik dan artistik. Kurangi beberapa elemen yang akan mengganggu keindahan foto. Anda dapat menghapus, menutupi, atau memindahkan sudut pemotretan sehingga tidak ada elemen yang tidak perlu disertakan dalam foto.

Merawat hp Android

Jika tidak dirawat dengan baik, kualitas ponsel Android Anda, termasuk kualitas kamera, akan menurun. Oleh karena itu, Anda harus memahami cara merawat ponsel Android Anda untuk menjaga kinerjanya. Misalnya, Anda harus mencegah ponsel kesayangan Anda tertabrak, terutama di dekat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *