Hukum Aqiqah Yang Perlu Diketahui

Tentu akan menyenangkan memiliki bayi yang baru lahir di rumah. Lakukan Aqiqah untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT, terima kasih atas munculnya anggota keluarga baru dalam keluarga. Aqiqah berasal dari bahasa Arab “al-qat’u” yang artinya memotong.

Apa hukum aqiqah, bagaimana prosedurnya, dan kapan pelaksanaannya? Simak pembahasan singkatnya berikut ini.

Hukum Aqiqah

Aqiqah adalah hadits muakkad atau hadits prioritas tinggi. Bagi umat Islam yang mampu, aqiqah sangat ditekankan. Bagi yang kurang mampu atau tidak mampu, pelaksanaan aqiqah dapat dibatalkan. Dalam Islam, tujuan aqiqah adalah agar anak tumbuh secara fisik dan moral. Aqiqah juga dianggap sebagai sedekah. Dan juga jika anda ingin memesan jasa aqiqah, tidak mengapa juga.

Tata Cara Aqiqah dan Waktu Pelaksanaan

  • Waktu yang Dianjurkan

Dari Salman bin’Amir Ad-Dhabiy, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Aqiqah dilakukan karena kelahiran bayi, maka hewan disembelih dan semua gangguan dihilangkan.” Menurut Nabi, waktu terbaik untuk aqiqah adalah pertama kali bayi lahir Tujuh hari.

Jika tidak dapat atau tidak dapat dilakukan pada hari ketujuh, dapat diselesaikan pada hari keempat belas atau kedua puluh satu. Namun, sebagaimana disebutkan di atas, jika umat Islam tidak dapat melakukan aqiqah, kewajiban ini tidak sah.

  • Syarat Memilih Hewan Aqiqah

Saat memilih rumah potong hewan untuk aqiqah, hewan kurban harus kambing atau domba yang sehat. Hewan kurban tidak boleh cacat dan berumur minimal dua tahun.

Ada berbagai jumlah hewan ternak untuk bayi laki-laki dan bayi perempuan.

  • Sedekah Dengan Hewan Hasil Aqiqah

Daging yang disembelih dalam Aqiqah harus dibagikan kepada kerabat, kerabat dan tetangga. Berbeda dengan pembagian daging saat Idul Adha, daging aqiqah yang disumbangkan harus dimasak dan tidak boleh dimakan mentah.

Dimasak tanpa merusak tulangnya. Kemudian dimakan (oleh keluarganya) dan sedekah pada hari ketujuh (HR al-Bayhaqi )

Keluarga yang sengaja juga diwajibkan makan daging aqiqah. Daging untuk tetangga dan orang miskin adalah sepertiga dari penyembelihan.

  • Memberi Nama dan Mencukur Rambut

Juga dianjurkan untuk memberi nama dan memotong rambut sesuai dengan hadits Abu Dawud dan Tirmidzi yang disebutkan di atas. Tentu memberi nama harus baik, karena di dalam nama anak ada doa orang tua.

Juga sangat disarankan untuk memotong rambut Anda. Meskipun tidak ada penjelasan tentang cara mencukur dalam metode aqiqah, namun harus dicukur secara merata atau menyeluruh.

  • Doa Pada Saat Aqiqah

Sholat dapat dilaksanakan pada saat prosesi aqiqah. Mulailah dengan doa ketika menyembelih hewan, doa untuk melindungi bayi, dan doa untuk anak-anak yang saleh atau shaleh. Salah satu doa yang bisa kita panjatkan adalah doa Nabi Ibrahim yang termasuk dalam QS. Ass-Shaffat menulis dalam ayat 100: “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang saleh.”

Baca Juga : rekomendasi laptop harga 7-8 jutaan

Karena hukum aqiqah adalah hadits muakkad, maka tidak perlu merasa terbebani oleh umat Islam yang tidak mampu. Di sisi lain, tentu sangat penting bagi umat Islam yang bisa melakukan hal ini. Nah, bentuk rasa syukur lainnya adalah dengan berdonasi. Kini, Anda dapat dengan mudah berdonasi kapan saja, di mana saja melalui WeCare.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *