Ciri Ciri Ikan Cupang Betina Siap Kawin

Saat ini, ikan aduan merupakan ikan hias yang banyak bermunculan dikalangan pecinta ikan hias. Banyak orang mencari dan membeli ikan aduan karena tubuh dan ekornya memiliki warna yang indah.

Jenis ikan aduan juga banyak tersebar di Indonesia, seperti raksasa, bulan sabit, prakat dan lain sebagainya. Selain dijadikan sebagai koleksi, sebagian masyarakat juga memanfaatkan ikan aduan sebagai lahan usaha. Hal ini karena cupang cukup mahal.

Baca Juga : Manfaat Daun Pisang Kering Untuk Ikan Cupang

Selain itu, ikan aduan juga merupakan salah satu ikan hias yang mudah dikembangbiakkan. Namun sebelum berkembang biak, Anda harus mengetahui apakah cupang betina sudah siap untuk kawin. Karena jika induk betina belum siap kawin, maka pembiakan Anda akan sia-sia. Anda juga bisa belajar cara beternak IKAN TARUHAN agar proses perkembangbiakan Anda berjalan dengan sempurna.

Ciri Ciri Ikan Cupang Betina Siap Kawin

Seperti yang telah kami jelaskan, sebelum berkembang biak, Anda harus mengetahui apakah cupang betina sudah siap untuk kawin. Ada beberapa ciri yang menunjukkan bahwa cupang betina sudah siap kawin. Ciri-ciri cupang betina yang sedang bersiap untuk kawin, yaitu:

  1. Mentalnya Sudah Besar

Ciri-ciri tersebut menandakan bahwa cupang betina bersifat ganas ketika mereka berdekatan dengan cupang lainnya. Nantinya cupang akan terlihat seperti cupang jantan.

  1. Telur Sudah Full

Telur cupang yang bisa Anda lihat pada bagian perut cupang betina berwarna kuning-putih. Jika jumlahnya banyak/penuh, maka cupang betina siap kawin.

  1. Tempat Mengeluarkan Telur Menonjol

Fitur selanjutnya adalah Anda bisa melihat di bawah perut ikan yang sedang bertarung. Di bawah perut ikan aduan, Anda akan melihat tempat ekskresi (Ovivositor). Jika menonjol, berarti cupang betina sudah siap kawin.

  1. Terdapat Garis Vertikan Diperutnya

Saat cupang betina mendekati cupang jantan, Anda bisa melihat ciri-ciri cupang yang sudah siap kawin. Garis vertikal akan terlihat samar-samar, dari bagian atas perut hingga bagian bawah cupang betina. Jika Anda melihat ciri-ciri tersebut pada ikan aduan, berarti sudah siap kawin.

  1. Mengeluarkan Buih

Ciri-ciri ikan aduan betina adalah siap untuk kawin berikutnya yaitu sesekali menyemburkan buih seperti jantan. Cupang betina akan menyemprotkan busa saat mendekati cupang jantan, dan kemudian cupang betina sesekali akan menyemprotkan busa setelahnya.

  1. Ukuran Ikan Cupang Betina

Sebelum berkembang biak, perhatikan ukuran ikan aduan betina. Secara umum ukuran cupang betina untuk kawin adalah M. Ciri-ciri tersebut menunjukkan bahwa telur ikan aduan sudah matang dan siap untuk kawin.

  1. Usia Ikan Cupang Betina

Jika anda ingin beternak ikan aduan, anda harus mengetahui terlebih dahulu umur ikan aduan betina. Karena usia cupang betina menjadi tolak ukur keberhasilan dalam bereproduksi. Ini adalah fitur yang perlu diperhatikan sebelum membiakkan cupang.

Baca Juga : rekomendasi laptop harga 7-8 jutaan

  1. Telur Sudah Matang

Ciri selanjutnya adalah cupang betina memiliki telur yang matang. Biasanya pada usia 5 bulan, ini menandakan bahwa telur cupang sudah matang dan siap untuk bereproduksi. Jika belum menghasilkan tetapi telah dibudidayakan, maka akan menghasilkan anakan berkualitas buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *