Obat Sakit Tenggorokan Yang Ampuh

Anda dapat mengobati sakit tenggorokan dengan berbagai cara. Tujuannya untuk meringankan keluhan Anda, apalagi jika sudah mengganggu aktivitas Anda. Untuk mengetahui cara atau obat sakit tenggorokan yang efektif, silahkan simak komentar di bawah ini!

Selain itu, kondisi ini bisa disertai demam, batuk, dan flu.

Berbagai Macam Obat Sakit Tenggorokan

Secara umum, faringitis streptokokus disebabkan oleh virus dan sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 5-7 hari.

Pilihan obat sakit tenggorokan alami

Ada beberapa pengobatan sakit tenggorokan alami yang dipercaya ampuh meredakan atau mengobati sakit tenggorokan, antara lain:

  • Madu

Cukup campurkan 2 sendok makan madu dengan secangkir air hangat atau teh dan minum sesuai kebutuhan.

  • Air garam

Berkumur dengan air garam merupakan cara yang efektif untuk membunuh bakteri, mengurangi pembengkakan dan nyeri, serta mengurangi lendir. Campur 1/2 sendok teh garam dengan 1 cangkir air hangat dan bilas sakit tenggorokan.

  • Jus lemon

Lemon dapat meredakan rasa sakit dan meredakan lendir yang membuat tenggorokan tidak nyaman.

Anda bisa menggunakan lemon sebagai obat sakit tenggorokan dengan meminum 1 gelas air putih atau teh hangat dan satu sendok teh air perasan lemon.

  • Bubuk cabai

Lada mengandung capsaicin, yang memiliki efek analgesik. Anda bisa menggunakan ramuan ini sebagai obat sakit tenggorokan, berkumur dengan 1 gelas air hangat, madu dan sedikit merica.

  • Pelembap udara (humidifier)

Tenggorokan kering dapat memperburuk sakit tenggorokan. Ketika Anda sakit tenggorokan, Anda dapat menggunakan pelembab udara untuk memperbaiki situasi. Anda juga dapat menambahkan 1-2 sendok makan balsam ke dalam air yang digunakan dalam pelembab udara untuk meredakan pernapasan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai teh untuk mengobati sakit tenggorokan. Sudah diketahui bahwa teh herbal seperti teh peppermint, teh chamomile, teh hijau atau teh cengkeh dapat mengurangi peradangan, menghilangkan rasa sakit, dan melawan bakteri yang dapat memperburuk sakit tenggorokan.

Obat sakit tenggorokan medis

Selain obat alami di atas, obat sakit tenggorokan yang bisa dibeli bebas di apotek antara lain:

  • Aspirin

Obat ini juga bisa meredakan sakit tenggorokan. Namun, aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak dan remaja karena dapat menyebabkan sindrom Reye.

  • Ibuprofen

Namun, jika sakit tenggorokan disertai demam dan batuk kering, hindari mengonsumsi ibuprofen.

Selain obat-obatan di atas, Anda juga bisa menggunakan obat semprot tenggorokan yang mengandung bahan pengawet atau bahan pendingin seperti mentol. Sensasi dingin mentol dapat menekan peradangan dan melegakan tenggorokan, bahkan untuk sesaat.

Upaya Mencegah Sakit Tenggorokan

Karena penyebab paling umum adalah infeksi virus, Anda bisa mendapatkan faringitis streptokokus dari orang lain. Untuk mencegah sakit tenggorokan, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Baca Juga : rekomendasi laptop harga 7-8 jutaan

  • Hindari kontak dekat dengan penderita sakit tenggorokan.
  • Sering-seringlah mencuci tangan Anda.

Selain itu, menjaga kesehatan secara keseluruhan, seperti dengan mengonsumsi makanan sehat, minum cukup air, dan berolahraga secara teratur, juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah Anda terkena radang tenggorokan.

Kebanyakan sakit tenggorokan tidak berbahaya, tetapi kondisi ini biasanya membuat pasien tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan obat sakit tenggorokan di atas untuk mengurangi keluhan.

Jika sakit tenggorokan Anda tidak membaik dalam 1 minggu, silakan kunjungi dokter, karena ini mungkin merupakan infeksi bakteri dan memerlukan antibiotik.

Meski jarang, sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh penyakit serius, seperti difteri. Jika gejala Anda memburuk, seperti kesulitan bernapas, demam tinggi, atau leher kaku, segera pergi ke klinik atau ruang gawat darurat rumah sakit terdekat untuk mendapatkan bantuan.

Sumber : infobuatkamu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *