Tips Memilih Gitar Akustik

Hobi bermain gitar bisa dilakukan oleh siapa saja, dari yang hanya suka bermain drum hingga mereka yang ingin menghasilkan uang nyata dari musik. Namun yang pasti para pecinta gitar juga harus memiliki gitar yang tepat, baik dari segi suara maupun harga. Sebelum beralih ke gitar listrik, yang terbaik adalah memiliki gitar akustik. Jika Anda belum familiar dengan hobi musik ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli gitar.

Tipe-tipe gitar akustik

Ada lebih dari satu jenis, Anda dapat memilih banyak jenis gitar akustik sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak perlu bingung saat memilih gitar pertama Anda. Sekarang pahami karakteristik masing-masing jenis gitar akustik untuk memilih gitar terbaik untuk Anda.

  1. Gitar Steel String

Dilansir dari situs website nadagitar.net, Jenis gitar akustik ini menjadi favorit para gitaris, baik yang sudah mahir maupun pemula. Gitar senar baja berukuran kecil dan memiliki leher ramping yang mudah dipegang. Bagi mereka yang memiliki tangan kecil, pilihan gitar ini sangat cocok.

Gitar senar memiliki rentang frekuensi yang cukup panjang. Suaranya juga lebih halus dan jernih, sehingga Anda bisa memainkan berbagai lagu. Selain itu, harga gitar senar baja juga lebih murah dibandingkan jenis lainnya.

  1. Gitar Nylon String

Gitar nilon juga merupakan jenis pilihan bagi banyak gitaris. Namun, dibandingkan dengan gitar senar, gitar nilon memiliki bodi yang sedikit lebih gemuk. Selain itu, neck gitar nilon juga lebih lebar, yang pastinya akan melatih jari Anda untuk bermain gitar dengan lebih mahir. Gitar nilon cocok untuk Anda yang ingin mendalami musik jazz dan blues. Suara gitar nilon memang lebih halus dan harmonis.

  1. Gitar Acoustic Electric untuk Main Live

Gitar ini seperti alat mixing dan bisa digunakan dalam berbagai kesempatan. Gitar akustik elektrik bisa dimainkan seperti gitar biasa. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan gitar ini untuk pertunjukan live. Cukup tancapkan gitar ini ke amplifier dan Anda akan mendapatkan suara seperti gitar listrik.

Pada beberapa pilihan, gitar akustik elektrik juga dilengkapi dengan fungsi tuner. Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi menggunakan aksesoris tuner untuk menyetem gitar Anda.

  1. Silent Guitar

Padahal, bagi pemula yang ingin menjadi gitaris profesional, keinginan untuk bermain gitar selalu bagus. Namun, banyak orang dibatasi oleh ruang. Suara gitar terkadang mengganggu tetangga sebelah, terutama jika Anda tinggal di apartemen kecil.

Bagi orang-orang dalam situasi seperti ini, tipe silent guitar memang menjadi pilihan. Dengan silent guitar, Anda masih bisa mendengar suara gitar dengan jelas, tetapi suaranya tidak akan bergema terlalu jauh. Dengan cara ini, bahkan di malam yang tenang, Anda dapat berlatih bermain gitar kapan saja.

Tips Memilih Gitar Akustik

  1. Tentukan Model Gitar Akustik Pilihan Kamu

Sebagai acuan, ada dua jenis gitar akustik, yaitu gitar akustik klasik dan gitar akustik biasa. Kedua jenis ini memiliki karakteristik yang berbeda. Gitar akustik klasik menggunakan senar nilon, yang merupakan senar yang lebih besar.

Jenis gitar akustik lain yang bisa Anda pilih adalah gitar akustik berdawai. Suara yang dihasilkan oleh gitar jenis ini biasanya lebih jernih dan lebih panjang. Gitar akustik senar memiliki fret yang lebih kecil, yang sangat cocok untuk pemula yang baru terbiasa dengan akord dasar gitar.

Sebaiknya pilih gitar akustik dengan senar untuk latihan pertama. Ujung jari Anda mungkin sedikit sakit saat bermain. Tapi percayalah, Anda akan lebih mudah bermain.

  1. Bahan dan Desain Gitar Akustik

Sebelum membeli gitar, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu bahan gitar akustik pilihan Anda. Material kayu yang digunakan akan sangat mempengaruhi tinggi rendahnya bass yang bisa dikeluarkan oleh gitar.

  1. Tentukan Detail Fisik

Di sinilah Anda harus mulai dengan gitar akustik yang ingin Anda beli. Desain gitar yang unik biasanya menarik minat Anda untuk mulai memainkannya. Namun, Anda juga harus menyesuaikan ukuran gitar dengan tubuh Anda.

Jika tubuh Anda tidak terlalu besar, sebaiknya pilihlah gitar yang berukuran kecil atau sedang. dan sebaliknya.

  1. Harga Gitar

Prinsip bahwa kualitas barang selalu sesuai dengan harga juga sering diterapkan saat membeli gitar. Untuk mendapatkan kualitas gitar yang bagus, biasanya Anda harus mengeluarkan uang lebih.

Baca Juga : rekomendasi laptop harga 7-8 jutaan

Namun, bukan berarti Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan gitar berkualitas baik. Intinya, Anda harus memahami spesifikasi dari sebuah gitar akustik. Bukan tidak mungkin Anda menemukan gitar dengan nada yang Anda inginkan dengan harga yang terjangkau.

  1. Coba Mainkan Gitar Akustik

Sebelum membayar, silahkan mainkan gitar akustik yang ingin Anda beli. Nilai utama dari sebuah instrumen terletak pada suaranya. Selama Anda puas dengan suara gitar akustik, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Sumber : https://dolanindonesiaku.com/laptop-bisnis-terbaik/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *