Cara Download Jurnal Sinta

 

Cara mencari jurnal terakreditasi nasional di Sinta Ristekdikti -  magungakbar.com

Kali ini admin ingin mempublikasikan informasi cara download (download) jurnal/artikel untuk indexing nasional dan internasional. Bagi yang sedang menempuh pendidikan baik sarjana maupun mahasiswa pascasarjana (Postgraduate School), pasti sering disibukkan dengan pekerjaan rumah universitas dan tugas akhir serta perlu mereview hasil penelitian berupa artikel di jurnal terindeks, bahkan di sekarang Hampir sebagian besar universitas mewajibkan mahasiswanya untuk mencantumkan jurnal penelitian terindeks dalam tulisan ilmiahnya. Di UPI sendiri, setidaknya ada 40 jurnal terindeks dan 40 buku tingkat master, yang kemudian harus diterbitkan secara nasional dan internasional. Sedangkan untuk tingkat PhD, publikasi internasional harus diminta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan baru-baru ini meningkatkan jumlah publikasi ilmiah yang dinilai kurang kompetitif. Menurut M. Nasir, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang dikutip di laman lipi.go.id, jumlah publikasi ilmiah hanya sekitar 4.500 hingga 5.500 karya yang berhasil diterbitkan. Meskipun jumlah jurnal yang diterbitkan meningkat setiap tahun, masih jauh lebih rendah dibandingkan negara lain, terutama di Asia Tenggara, dan kita masih kalah bersaing dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand. Dari jumlah jurnal yang terindeks Scopus sendiri, kita masih jauh tertinggal dari Malaysia yang memiliki 79 jurnal terindeks antara 2011-2016, dibandingkan Indonesia yang 25 jurnal, sedikit berbeda dengan Thailand yang memiliki 26 jurnal terindeks Scopus. Kurang lebih inilah mengapa banyak perguruan tinggi negeri dan swasta saat ini gencar melakukan pendampingan kepada mahasiswa dalam rangka berbagai jurnal dan makalah yang diterbitkan.

Baca Juga : Jurnal Sinta 2

Mungkin teman-teman ada yang bertanya kenapa harus dari jurnal? Tidakkah cukup dengan mengutip sebuah buku? Oke, berikut penjelasan sederhananya. Jurnal, atau yang kita sebut jurnal ilmiah secara khusus, adalah jurnal dalam bentuk majalah (dalam bentuk lain, juga elektronik) yang memuat KTI (tulisan ilmiah) yang diterbitkan. Dalam jurnal ilmiah ini terdapat rangkaian artikel penelitian ilmiah. Nah, nanti artikel ini bisa kita review atau kutip (quote). Artikel ilmiah ini umumnya hanya memuat intisari dan pembahasan utama dari penelitian yang dilakukan, biasanya hanya sekitar 15 halaman, dan minimal 8 halaman (sering juga tergantung aturan penulisan penerbit jurnal). Artikel-artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal ini merupakan penelitian baru karena temuan-temuannya secara umum membahas isu-isu terkini dan konsisten dengan kebaruannya. Ini berbeda dengan buku yang terdiri dari banyak halaman yang hanya berisi informasi tertentu. Analoginya, journaling itu seperti membaca koran, selalu ada informasi baru dan up-to-date.

 

Sedikit perkenalan sebelum kita beralih ke pertanyaan ini, bagaimana cara menemukan jurnal internasional terindeks dan jurnal nasional terindeks? Namun pertama-tama saya ingin membahas tentang apa saja jurnal nasional yang diakui, jurnal internasional yang bereputasi apa, dan apa saja ciri-cirinya, agar nantinya teman-teman tidak bingung mencari jurnal.

 

Jurnal Sains Nasional/Jurnal Sains Nasional Terakreditasi

Secara sederhana, jurnal nasional dan jurnal nasional terakreditasi ini adalah jurnal yang diterbitkan yang memenuhi standar tertentu yang diakui oleh perguruan tinggi negeri. Standar mengambil bentuk berikut:

(Dikutip dari Buku Petunjuk Operasional PAK 2015)

  1. Karya ilmiah ditulis sesuai dengan kaidah ilmiah dan etika ilmiah;
  2. Memiliki ISSN;
  3. Ada versi publikasi online;
  4. Mewadahi/mengkomunikasikan hasil penelitian ilmiah dan/atau konsep ilmiah disiplin ilmu tertentu;
  5. Untuk penelitian ilmiah/kelompok penelitian ilmiah dengan disiplin ilmu terkait;
  6. Diterbitkan oleh penerbit/lembaga penelitian/lembaga profesi/lembaga penelitian/perguruan tinggi dan unitnya;
  7. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris, dan abstrak adalah Bahasa Indonesia;
  8. Karya tulis ilmiah yang memuat penulis paling sedikit dari 2 (dua) institusi yang berbeda;
  9. Memiliki dewan redaksi/redaksi yang terdiri dari para ahli di bidangnya masing-masing dan paling sedikit dari 2 (dua) lembaga yang berbeda;
  10. Jurnal nasional yang memenuhi kriteria huruf a sampai dengan j dan terindeks DOAJ diberikan nilai lebih tinggi dari jurnal nasional, maksimal 15.

Jurnal Ilmiah Internasional/Jurnal Ilmiah Bereputasi Internasional

Cakupan jurnal ini tentunya lebih luas dari jurnal dalam negeri, karena diakui secara internasional. Jurnal ilmiah internasional ini juga memiliki kriteria tertentu. Adapun yang tergolong jurnal ilmiah internasional bergengsi, yaitu yang terindeks oleh Web of Science dan/atau Scopus dan memiliki impact value di ISI Web of Science (Thompson Reuters) atau Schimago Journal Rank (SJR) hingga 2013 Setelah 2013, adalah di atas 0,100. Pada tahun 2013, tertinggi adalah 40. Kriteria yang dimaksud adalah:

(Dikutip dari Buku Petunjuk Operasional PAK 2015)

  1. Karya ilmiah yang diterbitkan disusun sesuai dengan prinsip-prinsip ilmiah dan etika ilmiah;
  2. Memiliki ISSN;
  3. Ditulis dalam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Spanyol, dan Cina);
  4. Ada versi online dari publikasi;
  5. Dewan redaksi adalah seorang ahli di bidangnya paling sedikit dari empat (empat) negara;
  6. Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam 1 (satu) edisi memiliki penulis paling sedikit (2) negara;
  7. Terindeks oleh database internasional: Web of Science, Scopus, Microsoft Academic Search dan/atau halaman yang berada di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

 

Cara mengunduh log

Nah, Mi Min mau share cara download diary. Karena jurnal sekarang harus ada publikasi online, kita tidak mau harus bersusah payah dengan internet hanya untuk mendownload jurnal, hehe.. Jika ingin mendownload jurnal sebenarnya ada beberapa cara. Beberapa jurnal yang sudah diakui Scopus, bahkan universitas yang masuk dalam Scopus, seperti UGM, UI, ITB, dll, bisa mengunjungi website universitas tersebut, misalnya jika belum tahu bisa buka google dan gunakan kata kunci, seperti “Jurnal UGM”, lalu masukkan judul jurnal terakreditasi di sini, lalu cari judul artikel yang ingin Anda unduh. Misalnya, setelah Anda masuk ke jurnal UGM, Anda akan menemukan tampilan berikut:

Misalnya kita mencari artikel tentang bisnis, ada jurnal bisnis yang terindeks Scopus di UGM, scroll ke bawah, ada kumpulan jurnal, dan salah satunya akan muncul Gajah Mada International Journal Business. Sebagai berikut:

Setelah itu kita tinggal melihat jurnalnya (lihat: lingkaran merah) dan kita akan diarahkan ke jurnal tersebut. Ada beberapa artikel yang bisa kita download, dan karena jurnal UGM ini open access maka kita bisa mendownloadnya secara gratis. Ini terlihat seperti ini:

Nah jurnal itu ada beberapa artikel yang disertakan, tinggal download (lihat: lingkaran merah), jika cocok dengan judul disertasi/tesis/disertasi anda, silahkan download.. 🙂

 

Jika Anda ingin mencari jurnal lain, Anda dapat menggunakan alat pencarian untuk mencari, misalnya jika Anda ingin mencari keamanan nasional. Berikut tampilannya:

Tampilan ini nanti akan muncul: Setelah muncul silahkan klik (lihat: lingkaran merah) judul jurnal “Ketahanan Nasional” Jika ingin langsung ke jurnal, atau punya judul yang sesuai, silahkan segera download (lihat: lingkaran merah) ) di sebelah kanan. Ini berlaku jika Anda tidak menentukan nama jurnal, maka judul yang relevan akan muncul di alat pencarian ini dan nama jurnal akan muncul di sebelah kiri.

 

Ini adalah cara mencari jurnal melalui website universitas yang terindeks secara nasional dan internasional, anda juga bisa melakukan hal yang sama di website universitas lain, tinggal search saja maka akan muncul dan langsung download jurnalnya.

 

Cara selanjutnya, kita bisa mendapatkan jurnal dari portal pengindeks khusus. Misalnya, kami ingin mencari jurnal nasional secara acak tanpa harus mengunjungi jaringan universitas tertentu. Fasilitas tersebut bisa kita manfaatkan, salah satunya bisa akses ke Garuda Portal atau Neliti (sebagai contoh saja).

 

Kita ambil contoh portal Garuda. Ketika teman sedang bermain di Portal Garuda, akan muncul layar berikut:

Jika muncul tampilan seperti itu, cari langsung di bilah pencarian di pojok kanan atas, menggunakan kata kunci judul, teman, tetapi spesifik, misalnya tanggung jawab perusahaan, metode pembelajaran, dampak media pembelajaran terhadap kinerja akademik siswa, dll. Misalnya, jika kita mencari pendidikan multikultural, kita akan menemukan tampilan seperti ini:

Kemudian akan ada list terkait dengan judul yang kita cari, silahkan scroll kebawah untuk menemukan yang lebih spesifik atau lebih mendekati apa yang kita cari, selanjutnya sobat silahkan download artikelnya (lihat : lingkaran merah)

 

Di portal Garuda dan Neliti terdapat banyak koleksi jurnal nasional yang terindeks, sehingga sobat yopys dapat menemukan sumber referensi jurnal melalui situs ini, dan yang terpenting, sebagian besar jurnal bersifat open access, meskipun ada juga yang hanya dapat diakses. tidak mengunduh skrip lengkap.

Bagaimana dengan artikel/jurnal ilmiah internasional? ok, sekarang kita lanjut ke level selanjutnya wesss… lol… kenapa mimin bilang begitu? Soalnya susah download jurnal internasional terindeks, apalagi Scopus… Rata-rata harus bayar. Apa daya buat kita yang tidak punya banyak uang 🙁 Sudah bayar kuliah mahal, waktunya bayar lagi hanya untuk download jurnal. Tapi jangan lemah dan sedih guys, kok bisa sedikit Eric, Doaj, situs Indexing seperti Iosrjournals, Sciencedirect, Libgen, dll yang menawarkan layanan akses terbuka (tersedia untuk download gratis online).Atau jika kampus bekerjasama dengan situs pengindeksan tertentu, Anda juga dapat mengakses langsung di kampus masing-masing.web , sehingga dapat diunduh secara gratis. Namun terkadang kami menemui kendala saat mencoba mengunduh jurnal kami sendiri melalui beberapa situs pengindeksan, seperti beberapa artikel yang hanya dapat diunduh jika Anda membelinya. Meskipun artikel ini sangat cocok dengan topik yang kami pelajari . Sebenarnya ada beberapa cara agar lebih pintar dari ini , agar kita bisa mendownloadnya, caranya menggunakan bantuan Sci-Hub. Situs ini adalah situs yang didedikasikan untuk mendownload jurnal, karena berbayar, sulit untuk mendownload, Saya lupa nama siapa yang membuat situs ini.. tapi mimin Mendengar cerita dan motivasi membuat situs ini, katanya alasan situs ini adalah ketidakpuasan dengan sistem yang mengharuskan kita membayar untuk mengunduh artikel, padahal seharusnya tidak dikomersilkan untuk ilmu pengetahuan katanya begitu, tapi saya tidak tahu..he..sebenarnya jika kita mendownload jurnal melalui libgen, sistemnya seperti itu, dengan bantuan pihak ke 3 seperti sci-hub. Bagi yang tidak yang belum familiar dengan sci-hub, mimin akan kasih tau gimana caranya, semoga bermanfaat buat agan-agan, misalnya ada teman yang lagi cari artikel tiba-tiba pengen beli lagi kayak gambar di bawah ini. (contoh dari artikel dari sciencedirect), hanya mencari solusi untuk masalah tersebut:

Dikatakan “beli” benar, Anda harus membelinya. Kita tinggal klik dan akan diarahkan ke halaman baru. Copy linknya (di address bar/alamatnya https bla bla bla) lalu buka sci-hub.cc, masukkan copy address ke kolom khusus sci-hub.cc, lalu anda akan diarahkan untuk mengisi verifikasi kode (masukkan angka atau huruf khusus). Jika ada, maka akan ditampilkan dalam format PDF dan tinggal diunduh. Tapi sci-hub ini kadang bisa dibuka kadang tidak, karena beberapa provider khusus memblokir website ini, jika ingin mengakses website ini silahkan gunakan provider luar kampus atau wifi untuk mengaksesnya.

 

Ada juga tutorial cara download jurnal via libgen. Sebaiknya melalui libgen, semua jurnal ada.. wkwkwk.. Cara satu-satunya adalah jika langsung masuk ke libgen, akan ada tampilan seperti ini:

Kemudian masukkan judul atau kata kunci yang ingin dicari, seperti pemecahan masalah, dan akan muncul tampilan berikut:

Kotak merah adalah tautan unduhan, dan angka 2, 3, dan 4 yang dilingkari adalah jumlah halaman yang menunjukkan solusi untuk masalah pencarian, jadi jika Anda tidak menemukan yang cocok di halaman pertama, Anda dapat menggeser ke halaman berikutnya (cukup klik nomornya). Juga judul artikel ada di buletin merah, jangan panik, dan nama penulis (penulis). Jika ingin mendownload, saran saya klik link dengan kata libgen (lebih mudah) karena terkadang terblokir jika menggunakan sci-hub. Maka akan muncul layar ini:

Sekarang jika sudah, klik kata “GET” dan secara otomatis akan mengunduh atau mengarahkan Anda ke tampilan pdf.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *