Cara mempublikasikan jurnal di Google Cendekia

Cara Upload Jurnal di Google Scholar Dengan Mudah, Terbaru 2020!!

Seorang mahasiswa, dosen atau peneliti yang termasuk dalam lingkup akademisi harus menerbitkan jurnal untuk mempublikasikan karya ilmiah yang telah ditelitinya. Salah satu platform yang dapat digunakan untuk tujuan ini adalah Google Scholar/Google Scholar.

Perlu kita ketahui bahwa artikel yang dapat terindeks di Google Scholar tidak hanya artikel ilmiah, tetapi juga makalah, buku, buku bab, dan masih banyak lagi bentuk-bentuk lain yang berbau seperti karya tulis ilmiah.

Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara mempublikasikan jurnal di Google Scholar, karena beberapa tahapan harus dipenuhi agar proses publikasi selanjutnya dapat berjalan dengan lancar.

Cara mempublikasikan jurnal di Google Cendekia

Jadi, langsung saja melalui tahap publikasi jurnal Media Google Cendekia dan cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini, yaitu:

Baca Juga : sinta 5

  1. Masuk/Masuk ke akun Google Cendekia Anda

Hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke Google Scholar yang lama yaitu https://sholar.google.com, kemudian kita harus login ke akun Google Scholar yang sudah kita miliki.

  1. Tekan tombol “+”

Setelah berhasil masuk ke akun Google Scholar Anda, langkah selanjutnya adalah mengklik tombol “+” yang terletak di sebelah kanan bagian foto profil. Jika berhasil kita klik, maka akan muncul pilihan sebagai berikut:

  • 1. Tambahkan grup artikel
  • 2. Tambahkan artikel
  • 3. Tambahkan artikel secara manual
  • Perbarui akun Google Cendekia Anda
  1. Pilih opsi “Tambah artikel secara manual”

Bagi kami yang ingin menambahkan artikel yang sudah terbit namun belum terindeks oleh Google Scholar, silahkan pilih opsi di atas. Jika Anda memilih opsi di atas, Anda akan mendapatkan beberapa opsi. Berikut pilihannya:

  • Majalah
  • Buku
  • Bab Buku
  • kertas
  • Rekaman hasil lokakarya (domestik atau internasional)
  • Paten

Itulah pilihan yang akan muncul, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya, jika kita perlu menerbitkan jurnal ilmiah, kita hanya perlu menuliskan judul, penulis, tanggal publikasi, nama jurnal, volume publikasi, jumlah halaman, dan pendanaan penerbit.

Kalimat terakhir

Berikut adalah beberapa langkah untuk mempublikasikan jurnal Anda di Google Cendekia. Selama kita mengikuti cara-cara di atas dengan benar dan benar, jurnal kita akan berkualitas baik.

Semoga berhasil terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *