Cara menerbitkan jurnal di Sinta

Cara Menerbitkan Jurnal Ilmiah Nasional Gratis di OJS, Sinta dan Scholar

Sebagai akademisi, kita harus bisa mempublikasikan jurnal dengan baik dan benar. Salah satunya kita harus bisa publish di SITA. SITA adalah singkatan dari Science and Technology Index.

Jurnal nasional yang telah masuk dalam database SITA dapat menunjukkan bahwa jurnal yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik. Selain untuk menentukan kualitas jurnal, SITA juga dapat digunakan untuk menerbitkan jurnal.

Nah, langsung saja kita lihat di bawah ini bagaimana cara menerbitkan jurnal di Sinta.

Cara menerbitkan jurnal di Sinta

Untuk mempublikasikan publikasi ini di Sinta, kita harus melakukan beberapa langkah. Langsung saja, berikut ini langkah-langkah yang bisa kita ikuti, yaitu:

Baca Juga : contoh jurnal sinta 5

  1. Daftarkan akun baru

Pertama, kita perlu mendaftarkan akun Sinta. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses penerbitan jurnal ke depan.

Dengan mengunjungi halaman Sinta di https://sinta.kemdikbud.go.id/ dan masuk ke bagian pendaftaran, jika sudah memiliki akun Sinta maka langsung saja masuk ke bagian login di layar utama.

  1. Isi formulir pendaftaran

Selanjutnya kita perlu mengisi formulir pendaftaran akun sesuai tampilan formulir, memasukkan informasi pribadi, nomor ID, serta ID Google Cendekia, Scopus, dll.

  1. Masukkan ID akun Google Cendekia Anda

Pada tahap ini, ketahuilah bahwa kita harus memiliki akun Google Scholar terlebih dahulu agar proses pembuatan akun Sinta ini dapat berjalan dengan cepat dan baik.

  1. Periksa Integritas Data

Pada tahap ini, kita perlu kembali dan melihat formulir pendaftaran yang kita isi di halaman awal. Jangan buru-buru menekan tombol register, mohon dipastikan terlebih dahulu bahwa data yang Anda isi sudah lengkap dan benar.

  1. Tahap Validasi

Pada tahap akhir pendaftaran, kita menunggu proses verifikasi yang dilakukan oleh tim SINTA. Ini memeriksa keaslian Akademi, ID Google Cendekia, dan Scopus, dan jika terbukti benar, verifikasi berhasil.

  1. Proses sinkronisasi

Tahapan ini adalah proses sinkronisasi akun Sinta dengan akun di Google Scholar. Jika berhasil, link daftar jurnal yang diterbitkan di Scopus atau Google Scholar muncul di Sinta.

  1. Proses Sertifikasi

Tahap terakhir adalah proses indexing sehingga dosen dapat menyelesaikan publikasi jurnal sendiri. Fokusnya adalah mengajukan akreditasi jurnal dengan ARJUNA.

Kalimat terakhir

Itulah beberapa langkah yang bisa kita ikuti agar jurnal bisa terbit di Sinta. Cara penerbitan Majalah Dicinta ini adalah cara yang diikuti banyak orang.

terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *