AMD Umumkan Jajaran Prosesor Ryzen Pro 6000 Series Untuk Laptop Bisnis

AMD Ryzen PRO 6000 Series Tawarkan Kinerja Kencang dan Baterai Lama - Info  Komputer

AMD secara resmi mengumumkan prosesor Ryzen PRO 6000-series terbaru, berdasarkan arsitektur inti “Zen 3+” 6nm, dirancang untuk digunakan di laptop, dan menampilkan grafis AMD RDNA 2 yang juga dikatakan telah ditingkatkan.

Pabrikan mengklaim bahwa rangkaian prosesor Ryzen PRO baru memberikan peningkatan kinerja 17% saat menjalankan rapat Microsoft Teams secara bersamaan dengan aplikasi produktivitas MS Office seperti PowerPoint, Excel, dan Outlook.

Dikutip dari sumber abduweb, Sistem dengan prosesor seri Ryzen PRO 6000 juga dapat memperpanjang masa pakai baterai untuk konferensi video hingga 45%.

AMD mengatakan bahwa menggunakan node proses 6nm membuat sirkuit ideal untuk skenario di mana tetap dingin di bawah beban, operasi yang tenang dan masa pakai baterai yang lebih lama lebih penting daripada kinerja puncak.

Ada dua varian prosesor Ryzen Pro 6000 H-series, satu dengan amplop termal 45 watt dan satu lagi menargetkan 35 watt. Seri-H dan seri-U memiliki fitur DDR5, dukungan memori USB 4 dan Thunderbolt 4, serta WiFi 6E. Juga perlu diperhatikan adalah dukungan untuk HDMI 2.1 dan DisplayPort 2.0, dengan dukungan hingga empat output tampilan.

Dalam hal kinerja CPU, AMD mengatakan Ryzen Pro 6000 U-series 30 persen lebih cepat daripada rekan Ryzen 5000, sedangkan GPU terintegrasi bisa 2,1 kali lebih cepat.

Perusahaan juga memuji kinerja hingga 15 persen lebih baik dalam tugas-tugas produktivitas tertentu dibandingkan dengan CPU Alder Lake generasi ke-12 (terutama p-series), tetapi mengakui bahwa kinerja single-threaded agak lamban. Untuk ikhtisar lengkap tentang apa yang dapat Anda harapkan dari seri-H, lihat ulasan Ryzen 9 6900HS kami.

Klaim paling menarik dari AMD berkaitan dengan masa pakai baterai. Misalnya, dengan kecerahan layar diatur ke 150 nits, Ryzen 7 Pro 6850U dapat memutar video hingga 29 jam di laptop.

HP EliteBook 865 G9, dengan CPU baru, layar 16 inci, dan baterai 76 Wh, mengklaim dapat menjalankan uji baterai MobileMark 2018 selama 26 jam, yang terdengar mengesankan di atas kertas.

AMD juga telah mengintegrasikan sejumlah fitur keamanan perangkat keras ke dalam CPU baru, termasuk Microsoft Pluton. Hal ini semakin ditingkatkan dengan alat manajemen armada untuk administrator TI dan alat keamanan lainnya dari Lenovo dan HP.

Awalnya, mitra AMD seperti Lenovo ThinkPads dan HP EliteBooks generasi berikutnya akan menampilkan prosesor seri Ryzen PRO 6000, dan konsumen tentu saja akan mendapat manfaat dari fitur keamanan yang ditingkatkan, manajemen nirkabel, dan stabilitas sistem dari teknologi AMD PRO.

Laptop pertama dengan prosesor Ryzen Pro 6000 baru diharapkan mulai dikirimkan pada akhir kuartal kedua tahun 2022. Ini termasuk HP Elitebook 835, 845 dan 865, serta seri ThinkPad Z, T14, T16 dan X13 dari Lenovo. Seri Ryzen Pro 5000 akan muncul di model ThinkPad L series dan Elitebook 655 dan 645.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *