Ciri-Ciri & Struktur Teks Persuasif Terlengkap 2022

Pengertian Teks Persuasif : Tujuan, Ciri Ciri, Macam Jenis, Metode, Struktur,  Kaidah, Cara Menyusun dan Contoh - Jagad.idTeks Persuasif – Sebelum saya memberikan ciri-ciri dan struktur teks persuasif, ada baiknya Anda mengetahui apa itu teks persuasif?

 

memahami teks persuasif

Teks persuasif adalah teks yang isinya mengajak atau yang isinya memiliki unsur mengajak pembaca untuk melakukan apa yang diungkapkan pengarang dalam teks tersebut. Cerdik membujuk pembaca atau pendengar sesuai metode persuasi KBBI.

Baca Juga : Contoh Penelitian Kualitatif

Ciri-ciri teks persuasif

  • Membuat pembaca lebih percaya diri dengan penjelasan yang menarik
  • Berusaha menghindari konflik untuk meyakinkan pembaca dan mencapai kesepakatan
  • Isi memuat fakta dan bukti sebagai faktor kuat dalam mempengaruhi atau berupa bujukan/bujukan untuk menjatuhkan hukuman
  • Bahasa yang digunakan provokatif, jenaka dan antusias. Hal ini dilakukan agar pembaca lebih percaya diri
  • tujuan menulis adalah untuk mendorong atau mempengaruhi sesuatu
  • Upaya untuk menyetujui atau menyesuaikan melalui kepercayaan penulis pada pembaca
  • Menyajikan berbagai fakta dan angka untuk memperkuat argumen

Baca Juga : Judul Proposal Kualitatif

struktur teks persuasif

  1. Pengenalan masalah

Pengenalan pertanyaan berbentuk prefiks teks, memperkenalkan pertanyaan yang akan dibahas dalam teks.

 

  1. Seri argumen

 

Rangkaian argumentasi ini merupakan pendapat penulis terhadap permasalahan yang diangkat sebelumnya. Bagian ini juga menyajikan fakta-fakta yang mendukung argumen ini.

  1. Surat undangan

Pernyataan ajakan ini berbentuk kalimat penyemangat yang menunjukkan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu.

  1. Ulangi

Tujuan pengulangan adalah untuk memperkuat pernyataan dan argumen sebelumnya.

 

bentuk teks persuasif

Ada beberapa bentuk teks persuasif yang biasa digunakan, antara lain:

 

  1. Bentuk tulisan seperti brosur, iklan dan leaflet
  2. Bentuk tuturan, seperti promosi lisan, publisitas, dll.
  3. Bentuk elektronik seperti film, iklan TV, dan Internet

 

aturan bahasa teks persuasif

  • Menggunakan konjungsi argumentatif, seperti: karena, karena, oleh karena itu, jika, oleh karena itu.
  • Gunakan kosakata atau terminologi teknis yang terkait dengan topik yang sedang dibahas
  • Gunakan kata kerja mental seperti memperkirakan, mengharapkan, berpikir, mengagumi dan berasumsi.
  • Gunakan kata kerja imperatif, misalnya harus, harus, penting, harus.
  • Gunakan kata-kata referensi ketika menyatakan fakta, misalnya: opini, berdasarkan itu.

 

contoh teks persuasif

Contoh Teks Persuasi Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting di dunia ini. Pendidikan adalah salah satu hal yang dapat membantu kita mencapai tujuan yang kita inginkan. Apalagi di zaman sekarang ini, latar belakang pendidikan adalah suatu keharusan untuk mencari pekerjaan. Bahkan ada batasan pada tingkat pendidikan yang dibutuhkan.

 

Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa pendidikan sangat penting untuk masa depan yang lebih baik. Apalagi jika kita mencapai sesuatu dalam pendidikan yang kita terima. Hal ini justru akan memudahkan kita untuk meraih masa depan yang lebih baik. Bahkan dengan prestasi tersebut, kita bisa mendapatkan beasiswa atau keliling dunia secara gratis. Sangat berguna bukan?

 

Pendidikan dapat membantu kehidupan kita dalam banyak hal. Menyadari hal tersebut, pemerintah juga telah mencanangkan rencana wajib belajar sembilan tahun. Pemerintah berharap dapat membantu masyarakat meningkatkan taraf hidup mereka.

 

Program ini mewajibkan semua warga negara Indonesia yang berusia 7-12 dan 12-15 tahun untuk menyelesaikan pendidikan dasar selama 6 tahun dan sekolah menengah pertama selama 3 tahun. Dengan demikian tidak ada perbedaan suku, ras, agama, latar belakang sosial dan tingkat ekonomi. Pertunjukan tersebut juga merupakan perwujudan UUD 1945 dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Masyarakat tidak perlu lagi khawatir dengan biaya pendidikan anak-anaknya.

 

Jadi mari manfaatkan skema wajib belajar sembilan tahun yang ditawarkan oleh pemerintah dan ajak seluruh anggota keluarga kita dan orang-orang terdekat untuk datang ke sekolah untuk mengenyam pendidikan.

 

Contoh teks persuasif tentang doa

Menurut ajaran Nabi, doa bagi umat Islam dalam kehidupan sehari-hari adalah wajib dan dapat ditemukan langsung dalam Al-Qur’an. Orang-orang di mana-mana tentu saja mematuhi ajaran untuk menjauhi larangan. Demikian pula Islam mengharapkan dan wajib menjalankan perintah shalat.

 

Doa adalah tulang punggung agama dan seperti yang kita semua tahu melalui doa, kita telah meletakkan fondasi rumah untuk akhirat dan dapat menerima hadiah langsung dalam bentuk hadiah dan membuat segalanya lebih mudah.

 

Dari segi kesehatan, ada unsur kebaikan dalam amalan shalat, dan tidak banyak hal baik yang bisa diperoleh dengan shalat. Jadi apa alasan kami meninggalkannya.

 

Pada artikel ini, hari ini, pada saat ini, rekan-rekan beragama, mari kita berdoa, mari kita perbaiki kehidupan kita mulai sekarang, mari kita kembali ke jalan yang benar, mari kita renungkan kebaikan, dan berharap kita semua menjadi bagian dari pengakuan. Orang yang Diakui oleh Allah SWT sebagai pengikut setia Nabi Besar Muhammad SAW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *