Struktur Teks Ulasan & Unsur Kebahasaan Teks Ulasan

Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Ulasan by Siti MaryamStruktur teks ulasan dan elemen bahasa Teks ulasan – Banyak istilah yang digunakan untuk merujuk pada teks ulasan.

Beberapa orang menyebut teks ulasan sebagai resensi, resensi buku, resensi buku, resensi buku, atau resensi buku.

Istilah-istilah ini dapat digunakan. Hanya saja, pada umumnya istilah yang paling populer untuk mereview teks adalah reviewer.

Baca Juga : Contoh Penelitian Kualitatif

Berikut ini akan dijelaskan struktur teks ulasan dan unsur kebahasaan teks ulasan. Namun sebelum itu, mari kita cari tahu apa maksud dari teks komentar yang tertulis di bawah ini.

Apa itu teks komentar?

Tujuan teks resensi adalah untuk mereview atau bisa disebut resensi sebuah karya teks (lakon, film, novel, buku, dan dongeng).

Diperlukan pemikiran dan tindakan kritis dalam menghasilkan teks-teks kritis untuk berbagai karya.

Pasalnya, sikap kritis ini sangat penting agar ulasan yang kita tulis dapat berkontribusi.

Berkontribusi pada kemajuan hal-hal yang kami ulas, baik itu novel, film, buku, drama, cerita pendek atau dongeng. Oleh karena itu, dalam proses ini perlu dipahami karakteristik teks ulasan.

Seperti diketahui bahwa teks ulasan memiliki ciri-ciri sebagai berikut: (1) strukturnya meliputi: arahan, penjelasan, evaluasi, dan ringkasan, (2) berisi informasi berdasarkan pandangan atau pendapat penulis tentang karya atau produk, (3) bersifat berbasis opini. Mengenai fakta penjelas, (4) ) dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Baca Juga : Judul Proposal Kualitatif

Lihat struktur teks

Secara umum, struktur atau bagian-bagian yang membentuk sebuah teks ulasan meliputi positioning, interpretasi, evaluasi, dan peringkasan. Interpretasi dari struktur teks anotasi adalah:

  1. Orientasi. Positioning sebagai struktur dalam teks resensi artinya memuat pengantar gambaran umum tentang karya yang diulas (film dan lakon), yang mempersiapkan pembaca untuk “latar belakang” resensi yang diulas.
  2. Jelaskan. Sedangkan interpretasi sebagai bagian dari pembuatan teks ulasan diartikan sebagai suatu struktur yang berisi uraian rinci tentang karya (film dan lakon) yang diulas, seperti bagian-bagian karya, keunikannya, keunggulannya, kualitasnya, dan lain-lain. .
  3. Evaluasi. Evaluasi berarti memasukkan pendapat reviewer terhadap karya yang sedang direview. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan penjelasan yang lengkap tentang hasil pekerjaan. Pada bagian ini, penulis akan menyebutkan bagian-bagian yang berharga (intensitas) atau kurang berharga (kurang) dari sebuah karya (film dan drama).
  4. Ringkasan. Abstrak mengacu pada kesimpulan yang ditarik dari ulasan karya (film dan drama), bagian ini berisi komentar penulis tentang apakah karya tersebut layak atau berkualitas baik atau tidak layak untuk ditonton/disaksikan.

Aspek linguistik teks komentar

Aspek kebahasaan teks ulasan adalah:

  1. Konjungsi antar kalimat

Konjungsi yang menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya.

  1. Kalimat Persuasif

Kalimat yang mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu.

Elemen bahasa untuk teks anotasi

Unsur kebahasaan teks tafsir terdiri dari 5 unsur, antara lain:

 Kata sifat sikap. Maksud dari istilah tersebut adalah untuk menggambarkan penampilan atau watak pelaku. Contoh unsur bahasa adalah pintar, bodoh, dan indah.

 Kata kerja adalah kata yang memiliki makna tindakan.

 Metafora, kata yang tidak memiliki arti sebenarnya, tetapi, misalnya, kiasan. Misalnya, dalam arti, hati yang lembut.

 Referensi kata

 Kalimat majemuk setara dan hierarkis.

Demikian informasi mengenai struktur teks ulasan dan unsur kebahasaan teks ulasan. Itu saja, terima kasih. Salam berbagi teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *