Cara Mengembalikan Indra Penciuman

Ini Cara Mengembalikan Indra Penciuman yang Hilang Setelah COVID-19!

Cara mengembalikan indra penciuman – Pada saat panedemi Covid- 19 seperti sekarang ini, banyak orang yang mengeluhkan kehilangan indra penciuman mereka.

Beberapa orang juga beranggapan bahwa indra penciuman yang sedang mengalami gangguan biasanya menjadi pertanda bahwa mereka terkena Covid-19. Gejala lainya cukup bervariasi seperti demam, sakit tubuh, kehilanggan penciuman, mati rasa, kediningan, dan hingga sesak napas.

Kehilangan indra penciuman atau yang biasa disebut dengan anosmia adalah salah satu gejala terkena Covid- 19 yang fading banyak dirasakan oleh pasien.

Menurut beberapa penelitian yang sudah diterbitkan dalam sebuah jurnal yang bernama Journal of Internal Medicine edisi April tahun 2020, hilangnya indra penciuman dan rasa merupakan gejala umum yang terjadi pada kasus Covid- 19 ringan serta dibutuhkan waktu sekitar 22 hari untuk pulih seperti sedia kala.

Dilansir dari Sarjanatua.com, Berikut ini cara mengembalikan indra penciuman yang bisa anda coba

  1. Mencuci Hidung dengan Air Garam

Mencuci hidung atau membasuh hidung dengan menggunakan air dengan campuran garam dapat mengembalikan indra penciuman hidung dengan cukup efektif. Cara ini juga bisa dignakan untuk menghilangkan bauk arena alergi maupun hidung yang sedang tersumbat.

Dengan menggunakan air asin atau air garam akan membantu mengeluarkan alergen serta lendir yang berada di dalam rongga hidung.  Berikut ini adalah cara mencuci hidung dengan menggunakan air garas:

  • Untuk membuat larutan garam, Anda bisa menambahkan satu sendoh teh garam dan satu sendok teh soda pop pop ke dalam cangkir yang berukuran kecil.
  • Setelah itu, anda bisa menggunakan jarum suntik medis, sedot larutan garam tersebut, lalu semprotkan ke dalam satu lubang hidung.
  • Supaya menghasilkan hasil yang baik, alangkah baiknya anda untuk memiringkan kepala ke belakang. Biarkan larutan tersebut keluar dari mulut. Lakukan cara yang satu ini 1 sampai 3 kali sehari.
  • Penyebab hilangnya indra penciuman dan rasa tidak hanya disebabkan oleh Covid- 19, namun bisa terjadi akibat beberapa alasan.
  1. Menggunakan Jahe

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menggunakan bahan tradisional yaitu Jahe. Menurut beberapa pakar Naturpi, Mencium Jare atau meminim jahe juga dapat menggobati alergi ansomia atau hilangya indra penciuman akibat beberapa penyakit seperti Covid.

Menurut mereka, Jahe juga dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran hidung dan juga dapat mencegah lender yang belibih pada rongga hidung yang sedang terkena pentyakit. Anda bisa menggunakan jahe alami yang langsung dari tanah maupun membelinya di pasar ataupun super market.

  1. Menggunakan Minyak Jarak (Castor Oil)

Cara lama yang pernah digunakan oleh Nasya untuk memilihkan kehilangan bau dengan menggunakan minyak jarak.

Menurut beberapa ahli, menggunakan asam rinoleat dapat membantu melawan inferksi serta peradangan, pembekakan pada saluran hidung yang sedang terkena pernyakit maupun sedang alergi dan piliek.

  1. Pelatihan Bau

Cara satu ini memang teroglong cukup asing di beberapa telinga orang, namun terdapat beberapa interbensi medis bahwa gejala anosmia direkomendasikan untuk sering melatih indra penciuman sebagai salah satu strategi tambahan yang harus dilakukan jika Anda sedang terkena penyakit yang mengakibatkan kehilangan indra penciuman.

Dengan menggunakan metode ini, anda akan mencoba beberapa mencium bau yang cukup kuat yang berada didalam rumah.

Sekian artikel dari. tentang cara mengembalikan indra yang penciuman akibat Covid- 19. Nah bagimana sudah tahukan bagaimana cara mengembalikan indra penciuman yang sedang hilang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *