cara reset ulang hp realme

13 Cara Reset HP Realme C2 Paling Mudah 100% BerhasilSalah satu cara mengatasi hp realme lemot adalah dengan melakukan hard reset. Cara reset hp realme sangat sederhana dan terbukti ampuh mengatasi masalah ini. Karena hard reset akan menghapus semua cache sehingga kinerja smartphone akan kembali normal.

Setelah proses hard reset berhasil, pengaturan ponsel Realme akan direset ke factory reset. Semua file akan dihapus, termasuk aplikasi, game, foto, dan video yang sebelumnya disimpan di memori. Namun, file di penyimpanan eksternal masih aman.

Realme menawarkan beberapa metode untuk hard reset atau factory reset. Yang paling mudah adalah melalui menu pengaturan. Dan cara kedua adalah melalui pemulihan. Metode ini juga berbeda untuk beberapa jenis, karena tergantung pada versi sistem operasi dan spesifikasi yang digunakan.

Faktor sistem operasi memainkan peran besar dalam cara mengatur ulang ponsel Realme. Karena ada dua jenis sistem operasi yang berbeda, ColorOS dan Realme UI. Untuk smartphone terbaru semuanya sudah menggunakan Realme UI. Namun, untuk smartphone lawas seperti Realme C2 masih menggunakan ColorOS, sama seperti Oppo.

Perlu Anda ketahui bahwa Realme dan Oppo adalah perusahaan induk yang sama. Bahkan sebelum itu, Realme adalah bagian dari Oppo, tetapi sekarang independen. Selain itu, keduanya memiliki kualitas yang sama dan menawarkan spesifikasi berkualitas terbaik.

Buat kamu yang pernah menggunakan smartphone realme atau oppo pasti sudah tahu seberapa bagus kualitas keduanya. Tetapi jika ada masalah dengan smartphone yang Anda gunakan, Anda dapat mencoba cara berikut untuk mereset ponsel Realme Anda.

  1. Cara mengatur ulang pabrik ponsel Realme

Reset pabrik akan mengembalikan pengaturan ponsel Realme ke pengaturan pabrik. Artinya, semua pengaturan akan dikembalikan seperti semula saat smartphone pertama kali diaktifkan. Akibatnya, kinerja smartphone akan dikembalikan ke kondisi optimal, karena semua data dan cache akan dihapus.

Sebelum mencoba reset pabrik, kami sarankan untuk membuat cadangan file penting di ponsel cerdas Anda. Karena semua file di memori akan terhapus termasuk file foto, video, aplikasi, game dan berbagai pengaturan lainnya. Nah, setelah proses backup selesai, yang harus Anda lakukan adalah mencoba metode berikut untuk mereset ponsel Realme Anda.

  1. Langkah pertama silahkan buka menu setting
  2. Kemudian pilih Tambah Pengaturan
  3. Selanjutnya pilih Cadangkan dan Atur Ulang
  4. Setelah itu pilih wipe all data (factory reset)
  5. Beberapa opsi reset pabrik kemudian akan muncul. Sekarang untuk mengembalikan pengaturan ponsel Realme ke pengaturan pabrik, pilih Hapus semua data
  6. Kemudian akan muncul peringatan dan langkah ini akan menghapus semua data. Silakan klik Hapus Data
  7. Akan muncul peringatan berikutnya dan data yang terhapus tidak dapat dipulihkan. Jika Anda yakin dengan langkah ini, pilih Hapus data
  8. Selanjutnya semua data akan terhapus dan proses factory reset akan selesai.

 

Cara hard reset Hp Realme UI

Selain cara reset hp realme diatas, anda juga bisa melakukan hard reset melalui menu recovery. Namun, metode ini tergantung pada sistem operasi yang digunakan. Karena cara reset hp realme dengan realme UI berbeda dengan ColorOS.

Sebagai contoh kami akan memberikan tutorial cara hard reset hp realme 7 pro yang sudah menggunakan realme UI terbaru. Untuk mempelajari caranya, lihat di bawah.

  1. Pastikan smartphone Anda dalam keadaan mati.
  2. Selanjutnya tekan tombol volume bawah dan tombol daya secara bersamaan selama beberapa detik
  3. Setelah logo realme muncul, lepaskan semua tombol
  4. Selanjutnya akan muncul menu pengaturan bahasa. Silakan gunakan tombol volume untuk menavigasi dan tombol daya untuk mengonfirmasi pilihan bahasa Inggris
  5. Selanjutnya akan muncul menu Realme UI Recovery.
  6. Kemudian untuk proses hard reset, pilih Wipe data
  7. Selanjutnya Anda harus memasukkan kunci layar yang digunakan
  8. Setelah itu pilih saja format datanya
  9. Kemudian pilih Format dan tunggu proses hard reset selesai
  10. Jika hard reset berhasil, pilih saja restart untuk me-restart ponsel realme yang sudah hard reset.

Cara mengatur ulang Realme ColorOS

Kami percaya bahwa sebagian besar pengguna ponsel Realme di Indonesia masih menggunakan ponsel Realme dengan sistem operasi ColorOS, seperti Realme C2, Realme 5 Pro, Realme 6 Pro, dll. Ada menu Pemulihan yang berbeda untuk jenis ini, sehingga metode reset juga berbeda.

Meski berbeda, cara reset realme dengan ColorOS sama mudahnya. Sebenarnya caranya tidak jauh berbeda dengan ponsel realme yang menggunakan realmeUI. Adapun caranya, ikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Matikan smartphone Anda terlebih dahulu
  2. Kemudian tekan tombol volume bawah dan tombol daya secara bersamaan
  3. Lepaskan semua tombol saat logo realme muncul
  4. Selanjutnya pilih English menggunakan tombol volume sebagai navigasi dan konfirmasi daya
  5. Selanjutnya pilih Wipe Data And Cache
  6. Setelah itu pilih Yes untuk menyetujui proses hard reset
  7. Silahkan tunggu sampai proses hard reset selesai, lalu pilih Restart.

Kesimpulannya

Dari informasi di atas dapat kita simpulkan bahwa cara reset realme sebenarnya cukup sederhana. Namun yang perlu kamu ingat adalah semua data di smartphone kamu, terutama memori internal, akan terhapus. Jadi pastikan Anda sudah membackup semua data penting Anda sebelum melakukan hard reset.

Dalam hal ini, informasi di projektino.com sudah cukup. Silahkan mencoba tutorial di atas, semoga pesan kami bermanfaat sebagai referensi bagi semua pengguna ponsel realme di Indonesia. Baca juga artikel sebelumnya tentang “Cara Screenshot Realme C2” dan berbagai artikel menarik lainnya.

Sumber : www.bloglumajangteamsec.my.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *