Cara Root Hape Android

3 Cara Root HP Android Paling Mudah dan Aman - Esportsnesia

Apakah Anda pengguna android? Anda pasti pernah mendengar atau bahkan sudah root. Ada banyak cara untuk me-root ponsel Anda. Secara umum, cara root android dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi root android. Untuk yang perlu Anda ketahui, rooting ini adalah aktivitas yang dilakukan oleh pengguna smartphone Android untuk mendapatkan kontrol atau akses penuh dari perangkat.

Jadi, jika Anda berhasil me-root ponsel Anda dengan aplikasi root ponsel atau root android tanpa PC (Personal Computer), maka Anda dapat melakukan apa saja di ponsel Android dengan melalui proses tertentu. Nah, itulah yang dimaksud dengan rooting ponsel Anda, meskipun Anda juga perlu tahu bahwa rooting ponsel Anda juga memiliki banyak risiko.

Untuk lebih memahami dan tidak bingung bagaimana cara root hp android, berikut penjelasannya.

Fungsi root ponsel Android

Sebelum kita langsung ke cara root Android dengan mudah, ada baiknya untuk mengetahui secara detail kemampuan ponsel Android yang di-rooting. Rooting adalah proses yang memberikan izin penuh kepada pengguna android, baik itu smartphone, tablet, atau smart TV, tanpa batasan sebelumnya. Artinya, dengan akses root, kita berhak mengubah, mengedit, dan memodifikasi apa pun yang ada di sistem.

Selain perubahan atau modifikasi manual, beberapa aplikasi yang biasanya memerlukan akses sistem juga memerlukan akses root. Jika Anda mencari di Google Playstore, kata kunci “Root” biasanya akan muncul di aplikasi. Dengan akses root, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat dari ponsel yang tidak di-root. Terutama bagi mereka yang suka menjelajahi konten seluler.

Beberapa cara mudah untuk me-root Android

Tidak perlu bingung karena ada beberapa metode root yang dapat Anda lakukan. Mulai tanpa PC, yaitu root ponsel Anda atau gunakan PC (komputer pribadi). Berikut pilihannya:

  1. Cara root ponsel android tanpa PC

Ada tiga cara root HP Android tanpa PC, dari FrameRoot, Root Genius hingga KingRoot. Berikut penjelasannya:

Cara Melakukan Root pada Ponsel Android Menggunakan FrameRoot

Dengan FramaRoot Anda dapat mem-boot ponsel Anda dengan satu klik. Cara root ponsel dengan FramaRoot dapat dilakukan melalui proses berikut:

  1. Unduh aplikasi FramaRoot dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi FramaRoot dan pilih untuk menginstal SuperSU atau Superuser sesuai keinginan Anda.
  3. Kemudian muncul pilihan Aragorn dan Gandalf (dua nama untuk karakter dalam film Lord of the Rings). Memang tidak ada perbedaan antara keduanya, silahkan pilih sesuai keinginan banyak orang, lebih baik pilih Gandalf
  4. Proses root akan langsung berjalan, menunggu semua proses selesai. Akan muncul notifikasi yang menandakan bahwa Anda telah berhasil melakukan root
  5. Kemudian restart ponsel Android dan pastikan aplikasi SuperSU atau Superuser telah muncul di daftar aplikasi

 

Cara Root Ponsel Android Anda dengan RootGenius

Secara keseluruhan, cara root ponsel dengan RootGenius tidak jauh berbeda dengan Framaroot. Untuk menggunakan aplikasi root RootGenius, beberapa langkah harus diselesaikan:

  1. Unduh aplikasi RootGenius di ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi root android ini dan klik gambar lingkaran.
  3. Setelah itu akan muncul kotak yang mengatakan bahwa Anda ingin menginstal aplikasi ini, ikuti petunjuk untuk menginstalnya.
  4. Kemudian akan muncul icon jempol, lalu ganti user king setelah root selesai. Kemudian proses root selesai.

Cara Root Ponsel Android dengan KingRoot

Opsi selanjutnya adalah cara melakukan root pada ponsel menggunakan aplikasi root dari KingRoot. Banyak orang mengatakan bahwa KingRoot adalah aplikasi root Android saat ini. Pasalnya, KingRoot telah mendukung lebih dari 100.000 smartphone untuk di-root. Berikut cara root Android dengan KingRoot:

  1. Unduh aplikasi rooting terbaik KingRoot
  2. Setelah itu, kamu bisa langsung menginstall aplikasi root KingRoot di smartphone Android kamu.
  3. Setelah itu, Anda hanya perlu mengklik tombol centang di aplikasi KingRoot, maka aplikasi akan memulai proses pengecekan. Perlu tahu apakah metode eksekusi root-nya dapat dieksekusi.
  4. Jika memungkinkan, maka smartphone Android kamu bisa langsung di root melalui KingRoot.
  5. Cara root ponsel Android dengan komputer

Nah selain cara root hp android tanpa pc yaitu dengan menggunakan aplikasi juga bisa menggunakan cara biasa untuk pc. Berikut adalah metode lain:

Cara Root Ponsel Android Anda dengan RootGenius

RootGenius adalah aplikasi rooting ponsel Android yang dapat digunakan di PC dan ponsel. Cara menggunakan model yang sama dalam versi mobil yang sama. Namun, sebelum menggunakannya, Anda disarankan untuk mematikan perangkat lunak antivirus di PC Anda. Pasalnya, bisa jadi itu adalah antivirus yang melihat aplikasi ini sebagai malware. Setelah itu, lakukan hal berikut:

  1. Download aplikasi RootGenius di situs rootgenius.com.
  2. Kemudian instal RootGenius dan buka aplikasi ini.
  3. Gunakan kabel data untuk menghubungkan ponsel Android dan komputer Anda. Tunggu hingga muncul notifikasi koneksi dari RootGenius.
  4. Centang I accept user approval dan klik kotak Root it.
  5. Proses root akan langsung berjalan sampai selesai.
  6. Setelah mencabut kabel data dan membuka menu smartphone Android, pastikan ada aplikasi bernama Kinguser.

Sumber : maspurnomo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *