Cara Memainkan Game Ps1 Di Android

 

Tutorial Cara Install & Bermain Game PS1 di Android - BugisTeknoSaya adalah orang yang sangat setuju bahwa konsol game PS1 adalah game legendaris yang membawa banyak kenangan indah. Anak-anak kelahiran tahun 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan konsol game yang satu ini.

Karena legenda ini, PS1 masih sangat populer hingga sekarang. Saya sendiri masih memainkan game konsol PS1 ini. Nah, kalau konsolnya sudah tidak dijual lagi, apalagi CD gamenya, mungkin tidak ada yang jual sama sekali.

Tapi jangan khawatir, sesuai judul artikel ini, kamu tetap bisa menikmati PS1 kamu dengan Android. Jadi kamu tidak perlu khawatir tidak bisa memainkan game-game legendaris.

Kalau main game PS1, jujur ​​nostalgia banget. Salah satu game favorit saya adalah Harvestmoon Back to Nature. Sebuah game yang tidak pernah membosankan saat dimainkan. Anda harus memiliki game favorit Anda di PS1.

Jadi, untuk memainkan game favorit Anda, saya memperkenalkan aplikasi ePSXe. Sebuah aplikasi yang biasa disebut sebagai emulator. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memainkan game PS1 dengan lancar, dan bahkan dari segi grafis, Anda dapat mengatakan bahwa itu lebih jelas daripada bermain di konsol.

Game PS1 ini juga bisa dimainkan di komputer. Coba kalian baca artikel yang baru saja saya tulis di blog ini tentang cara bermain game PS1 di PC/Laptop.

Untuk menginstal aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya melalui playstore bernama ePSXe. Namun Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 50.000 untuk mengunduhnya karena aplikasi ini berbayar.

Namun disini saya akan memberikan tutorial cara install ePSXe tanpa melalui playstore bagi yang terkendala biaya.

Cara Memainkan Game PS1 di Android

Untuk memainkan konsol ini di Android membutuhkan materi pendukung agar berfungsi dengan baik di ponsel masing-masing.

  1. Bahan pendukung

Download file ePSXe berikut ePSXe 2.0.11. Saya sudah mengemas file ini dalam 1 folder dengan nama

Ada beberapa folder di dalamnya, antara lain file Bios, Plugin, dan Iso.

  1. Download aplikasi RAR berikut. Karena file ePSXe saya dikemas dalam file .rar, Anda harus menggunakan aplikasi rar untuk mengekstrak file.

Materi pendukungnya sebenarnya banyak, tapi sudah saya kemas ke dalam file ePSXe, termasuk game Harvest di dalamnya.

 

Setelah bahan siap, kami melanjutkan prosesnya.

  1. Bagaimana cara menginstal aplikasi ePSXe di Android

Langkah 1: Instal terlebih dahulu aplikasi Winrar yang telah didownload tadi.

Langkah 2: Jalankan aplikasi WinRAR dan cari file bernama ePSXe 2.0.11 by (idnxmus.com) yang telah Anda download tadi. Biasanya di folder Downloads di penyimpanan internal. Periksa file dan klik tombol Ekstrak di bilah menu atas.

Langkah 3: Selanjutnya pada menu ini, klik tombol browse di sudut kanan atas. Tentukan lokasi file yang diekstrak nanti.

Langkah 4: Klik pada folder untuk keluar dari folder unduhan

seperti yang ditunjukkan, dan kemudian klik OK. Intinya hasil ekstraksi file ePSXe ini disimpan di internal storage (bukan di folder). Klik OK lagi untuk memulai proses ekstraksi.

Langkah 5: Untuk memperjelas di mana menyimpan file yang diekstraksi. Periksa gambar di bawah ini.

Langkah 6: Buka folder ePSXe yang Anda unzip sebelumnya, yang berisi aplikasi ePSXe (APK) yang harus diinstal. Pertama, instal file APK.

Jika proses instalasi aplikasi sudah selesai. Selanjutnya, mari kita atur aplikasinya.

  1. Cara mengatur emulator ePSXe

Anda memerlukan pengaturan aplikasi agar game dapat berjalan optimal di setiap ponsel. Buka aplikasi ePSXe, lalu pilih Preferences dan atur sesuai tabel di bawah ini.

Atur sesuai tabel di atas, jika tidak ada konten dalam tabel, berarti ditetapkan sebagai nilai default.

Pengaturan di atas adalah yang saya terapkan ke ponsel saya, dan itu berjalan dengan lancar. Jika ponsel Anda terasa agak lambat atau lamban, ubah pengaturan di bagian Kedalaman Warna Layar: 16 (Halus), Mode Utas Plugin: 2 utas, PSX Dithering: Disabled (lebih cepat).

Sumber : maspurnomo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *