Cara Memulihkan File yang Dihapus di Android

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android - Kompasiana.com

Pasti menjengkelkan ketika Anda tidak sengaja menghapus data penting seperti dokumen, foto, video dari memori ponsel Android hingga musik favorit Anda. Tapi jangan khawatir, kami akan menunjukkan cara mudah untuk memulihkan file yang terhapus di Android. Bertanya-tanya?

Secara umum, sangat sulit untuk memulihkan data yang terhapus di Android. Kalaupun bisa di restore, biasanya smartphone Android harus di root terlebih dahulu.

Selain itu, data yang sering terhapus tidak kembali dengan sempurna, yaitu corrupt atau rusak.

Namun, tim Telset memiliki trik untuk memulihkan data yang terhapus di ponsel Android tanpa root. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

 

Setidaknya, kami akan membagikan 11 tips. Panduan di bawah ini sangat sederhana dan tidak butuh waktu lama untuk memulihkan file yang terhapus.

Namun sebagai catatan, beberapa tips yang akan kami bagikan di bawah ini masih perlu membantu aplikasi. Namun, aplikasi dapat memulihkan data yang dihapus hanya setelah menginstal aplikasi di ponsel Android. Mari kita lihat!

  1. Gunakan aplikasi tempat sampah

Cara pertama untuk memulihkan video yang dihapus dan file lain di ponsel Android adalah dengan menggunakan aplikasi Dumpster. Berikut langkah-langkahnya:

  • Hal pertama yang akan Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Dumpster dari Google Play Store. Aplikasi ini tidak memerlukan akses root dan Anda dapat dengan mudah mulai menggunakannya.
  • Harap diingat bahwa aplikasi ini hanya dapat memulihkan data yang terhapus setelah menginstal Dumpster di ponsel cerdas Anda.
  • Mengizinkan aplikasi mengakses memori penyimpanan ponsel cerdas Anda.
  • Data yang dihapus biasanya muncul di halaman awal aplikasi. Anda dapat mengurutkan data yang Anda cari dengan menekan tombol Dumpster di bagian atas, lalu pilih kategori yang diinginkan.
  • Untuk memulihkan data, ketuk Data dan pilih Pulihkan. Data secara otomatis akan muncul kembali di folder terakhir tempat data disimpan.
  • Jika Anda tidak menemukan data yang terhapus, tekan tombol tiga garis di sudut kiri atas layar, lalu klik Deep Scan Recovery.
  • Kemudian, sengaja atau tidak, data Anda yang terhapus akan muncul. Namun, hanya tiga tipe data yang muncul, yaitu gambar, video, dan audio.
  • Untuk memulihkan data, kemudian tekan tombol Pulihkan ke Galeri.
  1. Gunakan Foto Google

Trik selanjutnya adalah cara memulihkan file video atau foto yang terhapus di ponsel Android Anda. Google Foto adalah aplikasi bawaan pada smartphone Android.

Aplikasi ini biasanya secara otomatis mencadangkan foto atau video jika pengguna mengizinkannya dalam pengaturan awal. Proses backup juga selalu dilakukan saat ponsel terhubung ke jaringan WiFi.

Nah, jika foto atau video Anda tidak sengaja terhapus, Anda bisa memanfaatkan fitur tong sampah di aplikasi tersebut. Fitur ini akan menampilkan semua galeri yang telah Anda hapus.

Untuk memulihkannya, cukup klik tombol pulihkan. Ingat, tempat sampah hanya dapat menyimpan semua file selama 60 hari. Jika lebih, tentu akan hilang.

  1. Bagaimana memulihkan file yang dihapus tanpa aplikasi

Anda juga dapat memulihkan file foto dan video yang dihapus di ponsel Android Anda tanpa bantuan aplikasi. Caranya adalah dengan menggunakan pengelola file yang tersedia di ponsel Anda.

Ponsel Android terbaru biasanya memiliki file manager yang menyediakan fungsi tempat sampah. Fitur ini memiliki fungsi yang mirip dengan Recycle Bin pada laptop atau PC berbasis Windows.

Ini bekerja dengan cara yang sama, file Anda yang terhapus secara tidak sengaja biasanya tidak hilang secara permanen, tetapi pergi ke tempat sampah. Anda dapat memulihkannya dengan menekan tombol pulihkan.

  1. Bagaimana memulihkan foto dan video yang dihapus tanpa aplikasi

Mirip dengan Google Foto, aplikasi Galeri atau Foto di ponsel Android terbaru sering kali memiliki fitur Sampah atau Baru Dihapus. Cara kerjanya mirip.

Saat Anda tidak sengaja menghapus foto atau video, biasanya foto atau video tersebut tidak terhapus secara permanen. Fitur tempat sampah akan “melindungi” selama 30-60 hari sampai Anda mengembalikannya.

  1. Gunakan Google Drive

Masih menggunakan aplikasi besutan Google, Anda juga dapat memulihkan file yang terhapus melalui Google Drive. Namun, metode ini hanya berfungsi untuk metode di mana data Anda yang hilang telah diunggah ke sistem cloud Google.

Ini bekerja dengan cara yang sama. Anda hanya perlu masuk ke fungsi tempat sampah dan memulihkan atau memulihkan file yang sebelumnya tidak sengaja Anda hapus.

  1. Bagaimana memulihkan file yang terhapus dengan Recuva

Cara selanjutnya, Anda bisa menggunakan PC atau laptop sebagai alat untuk memulihkan foto atau video yang terhapus.

Caranya sangat sederhana, yang Anda butuhkan hanyalah aplikasi Recuva. Berikut panduan lengkapnya:

  • Instal aplikasi bernama Recuva File Recovery, yang dapat diunduh di sini filehippo.com/download_recuva. Jalankan aplikasi jika Anda sudah memilikinya.
  • Hubungkan smartphone Android Anda ke PC atau laptop melalui port USB.
  • Pilih format file yang akan dipulihkan.
  • Sebaiknya pilih Semua file karena selain mencari foto atau video yang dihapus, Anda juga dapat mencari file lain yang telah dihapus dari smartphone Android Anda. Jika sudah, tekan tombol Berikutnya.
  • Selanjutnya pilih opsi Di lokasi tertentu. Kemudian pilih media penyimpanan ponsel Anda sehingga Recuva hanya akan mencari di lokasi tertentu. Jika sudah, tekan OK.
  • Recuva langsung mencari data yang dihapus. Lamanya proses pencarian tergantung dari banyaknya data yang tersimpan di media penyimpanan smartphone. Setelah proses selesai, yang harus Anda lakukan adalah memilih foto atau video yang ingin Anda pulihkan.

Sumber : maspurnomo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *