Proposal Kegiatan

 

Proposal acara adalah penulisan sistematis yang dirancang untuk menjelaskan rencana dan tujuan acara kepada pembaca untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas dan lebih rinci tentang tujuan acara. Proposal dibuat sebelum acara untuk mendapatkan lisensi atau untuk mencari sponsor acara untuk bantuan keuangan atau non-keuangan. Menulis proposal acara harus memberikan informasi yang jelas kepada pembaca sehingga mereka memahami maksud dan tujuan dari proposal tersebut.

 

Tujuan pembuatan proposal acara adalah untuk menyampaikan rencana acara agar dapat diterima, didukung, disetujui, dan dibiayai oleh pihak sponsor, sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

baca juga : jurnal internasional

SYARAT DAN TUJUAN ACARA YANG DIUSULKAN

Saat menulis proposal acara, persyaratan berikut harus dipenuhi.

 

  1. Memiliki struktur dan logika yang sangat jelas dan mudah dipahami.
  2. Strukturnya rapi.
  3. Menyajikan jenis kegiatan yang harus diidentifikasi secara rinci dan benar-benar dilakukan. Jika ada anggaran yang dibutuhkan, maka kegiatan tersebut harus memenuhi anggaran yang sebenarnya, begitu juga dengan anggaran kontijensi.

Pada saat yang sama, tujuan penulisan proposal acara, dll. adalah untuk mendapatkan bantuan keuangan, dukungan atau izin.

Struktur Proposal Acara

Saat menyusun proposal, berbagai komponen harus dipertimbangkan secara sistematis, termasuk:

  1. Sampul dan judul acara

Proposal acara harus memiliki sampul dengan logo acara, atau dapat menggunakan logo organisasi dan nama acara yang akan dilakukan tertulis di sampul. Aktuator aktif ditulis di bagian bawah.

 

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat nama acara meliputi:

  1. Tema kegiatan
  2. Bahasa yang digunakan tidak bertele-tele dan mudah dipahami
  3. Ekspresikan dalam frasa
  4. Pendahuluan

Pada bagian ini dijelaskan mengapa suatu kegiatan harus dilakukan. Oleh karena itu, pembuat proposal kegiatan harus menunjukkan pentingnya pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan.

  1. Tujuan

Bagian ini berfokus pada kegiatan.

  1. Tujuan

Bagian ini berisi tentang lembaga sasaran, orang, organisasi atau kelompok masyarakat yang akan berpartisipasi atau akan terlibat dalam acara tersebut. Misalnya, dalam proposal kampanye kemerdekaan Indonesia yang dicanangkan oleh sekelompok pemuda, menargetkan anak-anak dan pemuda untuk menumbuhkan nasionalisme sejak dini.

 

  1. Jadwal dan Jadwal

Bagian ini berisi waktu dan lokasi kegiatan yang direncanakan dengan cermat. Selain itu, bagian perencanaan menjelaskan susunan kegiatan yang akan dilakukan. Bagian ini sangat penting karena menentukan kelangsungan acara, sehingga perlu disiapkan plan b jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak terduga.

  1. Panitia

Bagian ini menjelaskan susunan panitia yang bertanggung jawab atas terselenggaranya kegiatan ini.

  1. Anggaran

Proposal yang baik harus selalu menyertakan rincian tentang biaya pelaksanaan kegiatan. Biaya harus dihitung secara logis dan realistis dari perspektif pendapatan dan pengeluaran. Perkiraan pendanaan yang dibuat oleh penulis proposal akan dipertimbangkan oleh penyedia dana. Anggaran dapat dibagi menjadi tiga bagian: persiapan, operasi, dan pelaporan.

  1. Penutup

Penutup merupakan kesimpulan dari pembahasan perencanaan acara. Oleh karena itu, bagian ini merupakan pertimbangan terakhir pengusul kepada pembaca untuk menentukan apakah pembaca menerima proposal tersebut. Oleh karena itu, pada bagian ini pengusul harus mampu menunjukkan optimisme terhadap kegiatan yang direncanakan untuk memotivasi calon donatur, donatur, sponsor, atau peserta.

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

  1. Sampul dan judul acara:

 

  1. Pendahuluan:

Seluruh siswa, staf pengajar dan staf SMAN 99 Jakarta menjalankan tugasnya selama satu tahun ajaran. Terkadang, selain sibuk dengan studinya, warga sekolah juga butuh istirahat. Istirahat ini dapat dicapai melalui kegiatan yang menyenangkan, salah satunya adalah pertunjukan seni. Seni pertunjukan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menggali potensi bidang non akademik. Beberapa bidang non-akademik yang dicakup antara lain tari, musik, drama, puisi, dll. Seni pertunjukan juga dapat meningkatkan kolaborasi antar kelas. Mahasiswa juga dapat mempererat hubungan dengan dosen dan staf di luar urusan akademik. Seni pertunjukan bukan hanya sekedar hiburan, tetapi ruang untuk bersosialisasi dan berkreativitas.

  1. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan diadakannya pameran seni rupa di SMAN 99 Jakarta selain untuk menghibur juga menggali potensi seni siswa.

  1. Tujuan kegiatan

Target penonton pementasan teater SMAN 99 Jakarta meliputi seluruh siswa, guru dan staf SMAN 99 Jakarta.

  1. Lokasi dan jadwal

Tempat pertunjukan seni SMAN 99 Jakarta berada di tempat upacara di SMAN 99 Jakarta. Pementasan teatrikal akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2018 (Sabtu) pukul 09.00-13.00.

  1. Anggaran

Pengeluaran: Rp 10.000 x 550 orang = Rp 5.500.000

Sewa panggung: Rp 700.000

Renovasi: Rp 300.000

Poster: Rp 60.000

Spanduk: Rp 250.000

Total: Rp6.810.000

  1. Susunan Panitia

Penasehat : drg. Dimaz Visato

Ketua Panitia : Prasetya Irwansyah

Sekretaris : Yogi Hermawan

Bendahara: Nathaniel Buddy

Acara Sie : Alexandria, Indiana

Sie Humas : Sheila Yusuf

Keamanan: Mohammad Abir Fida

Dokumentasi Sie: Harley Widianto

Perlengkapan Sie: Maulita Pramesti

  1. Penutup

Oleh karena itu, saran ini adalah yang terbaik. Diharapkan pentas seni SMAN 99 Jakarta dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi seluruh sivitas akademika SMAN 99 Jakarta. terima kasih

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *