Membuat Rencana Perjalanan

Saat hendak menempuh perjalanan yg tidak rutin, kadang-kadang kita perlu membuat rencana perjalanan, yaitu catatan tentang rute mana aja yg akan dilalui, mode transportasi yg diambil, jadwal dan tarif tiap angkutan, dan seterusnya. Biasanya saya membuat rencana perjalanan secara manual, sebelum tahu bahwa ternyata ada aplikasi yang bisa membantu kita membuat rencana tersebut. Ada beberapa aplikasi Android yg bisa digunakan yang akhirnya saya coba adalah mytrip, tripcase, tripit. Setelah mencoba-coba akhirnya saya memilih tripit, karena selain sederhana aplikasi ini bisa berjalan secara offline.

Berikut penampakannya:

image

Tampilan seperti itu didapat setelah kita mengisikan data untuk tiap potongan rute. Untuk data penerbangan, kita hanya perlu untuk menuliskan nomor penerbangan, data lain seperti jadwal, terminal dan nomor gerbang akan didapatkan oleh aplikasi dari web maskapai yg kita gunakan.

Rincian penerbangan ditampilkan dengan cara mengklik salah satu item pada rute.

image

Kita juga dapat check-in secara online dengan mengklik tombol check-in. Aplikasi akan terhubung otomatis ke web maskapai.

image

Secara umum aplikasi TripCase juga memiliki fitur yang sama dengan TripIt, hanya saja TripCase tidak bekerja secara offline. Satu kelebihan TripCase adalah aplikasi akan secara otomatis mengecek ke web makapai yg kita gunakan, dan akan memberi notifikasi jika ada penundaan penerbangan. Jika penerbangan sesuai jadwal, aplikasi akan memberi notifikasi seperti berikut.
image

Rencana perjalanan yg kita buat akan disimpan di server tripit dan secara otomatis tersinkronisasi dengan ponsel. Kita juga dapat mengakses web tripit melalui PC. Untuk backup, saya juga menyalin rencana tsb di buku catatan.
image

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *