Peresmian Blog Baru

Pada hari ini, sabtu 26 Maret 2011. Saya Alfernado Arlis dengan resmi menyatakan bahwa blog ini diterbitkan dan akan dipergunakan untuk kepentingan orang banyak. Semoga apa-apa yang nantinya akan ada di blog ini akan bermanfaat untuk diri saya dan orang lain.

Alfernado Arlis

Oseanogralfer

Posted in Uncategorized by Alfernado Arlis. 2 Comments

test blog baru

apa kabar semua??

semoga dengan adanya blog baru ini gw bisa lebih sering nulis tentang keilmuan gw. yaitu tentang oseanografi. masih banyak potensi kelautan yang ada di indonesia yang belum digali.

Posted in Uncategorized by Alfernado Arlis. No Comments

Hello world!

Welcome to Blogs ITB Sites. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

Posted in Uncategorized by Alfernado Arlis. 1 Comment

Gempa 8,9 SR dan Tsunami di Jepang, 11 Maret 2011

Gempa dengan magnitudo 8,9 yang terjadi pukul 05:46:23 UTC atau pada 13:06 waktu setempat. Terjadi di 130 km (80 miles) sebelah timur kota Sendai, Jepang dan berjarak 373 km (231 miles) sebelah timur laut kota Tokyo atau pada koordinat 38.322°N, 142.369°E. Gempa yang terjadi pada kedalaman 24.4 km (15.2 miles) (diukur dari program versi USGS) ini menyebabkan tsunami dengan ketinggian kira-kira hampir 10 meter dan menurut salah satu berita sampai sekarang sudah ada 200 korban jiwa.

Pemerintah Tokyo memerintahkan ribuan warga dekat pembangkit listrik kota Onahama, 170 mil dari timur laut Tokyo, mengevakuasi diri. Alasannya, ada masalah dengan sistem pendinginan pembangkit listrik. Meski tak ada radiasi, namun suhu dalam reaktor tetap panas meski sudah dimatikan. (Tempo Interaktif)

Tsunami yang terjadi di Jepang ini menurut Pak Hamzah Latief (dosen Pembingbing saya) mirip dengan tsunami yang terjadi di Aceh 2004 silam. “Karena waktu terjadinya tsunami, energi yang dikeluarkan menyebar ke seluruh wilayah sekitarnya secara luas. Ini sama seperti peristiwa Aceh di mana kawasan Sri Lanka, India hingga Afrika Selatan terkena dampak. Padahal, tidak tergolong dekat,” ujar beliau saat di wawancarai oleh beberapa media.

Read the rest of Gempa 8,9 SR dan Tsunami di Jepang, 11 Maret 2011

Tags: , , , , ,
Posted in Oseanografi by Alfernado Arlis. 12 Comments

Tahun Kelinci, Tikus-Tikus Akan Banyak yang Mati

Malam-malam begini pusing dengan tugas-tugas, karna barusan ada tikus lewat dan emang akhir2 ini gw sering banget liat tikus dimana-mana, kayaknya asik nulis di blog sambil ngilangin kejenuhan.

Kalo gak salah kalimat itu gw baca bulan kemaren di salah satu majalah ekonomi Indonesia. Ada benernya juga sih prediksinya. Soalnya udah sering banget gw ngeliat tikus mati kelindes di jalanan bahkan ada yang jalannya sempoyongan (lagi mabok kayaknya).

Waktu itu pernah ada tikus mati dalam bak mandi gw,

Read the rest of Tahun Kelinci, Tikus-Tikus Akan Banyak yang Mati

Tags: , ,
Posted in Uncategorized by Alfernado Arlis. 4 Comments

Ingin Masuk ITB?? Baca ini dulu ya…!

Sejak tanggal 1 Februari lalu, Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 Jalur Undangan telah dimulai. ITB sebagai institut teknologi tentunya mengharapkan agar calon mahasiswa yang diterima merupakan siswa-siswa terbaik dari seluruh Indonesia. Sejak bulan januari lalu, ITB memutuskan untuk menjaring calon mahasiswanya melalui 100% SNMPTN tanpa ujian mandiri. Sekilas kabar ini mungkin terdengar melegakan, namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Berikut merupakan beberapa catatan penting versi Kajian Strategis.

Bagaimana Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 2011?

Sesuaidengan PP no. 66 Tahun 2010 bahwa penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan dengan pola penerimaan secara nasional minimal berjumlah 60%.

Secara umum, sistem SNMPTN ITB tersebut dibagi menjadi dua :

  1. 60% SNMPTN Jalur Undangan (Pendaftaran : 1 Februari – 12 Maret 2011)
  2. 40% SNMPTN Jalur Tertulis (Pendaftaran : 2 – 24 Mei 2011)

Read the rest of Ingin Masuk ITB?? Baca ini dulu ya…!

Posted in Uncategorized by Alfernado Arlis. 2 Comments

Oseanografi

Yah, oseanografi. Gw pengen kasih tau aja kalo oseanografi adalah hidup gw, dimana gw akan lebih menghabiskan banyak waktu disana kelak setelah lulus dari Institusi ini. Oseanografi juga telah banyak menginspirasi gw dalam menjalani hidup yang sekarang. Lebih baik kita mengenal apa itu oseanografi.

Oseanografi (berasal dari bahasa Yunani oceanos yang berarti laut dan γράφειν atau graphos yang berarti gambaran atau deskripsi juga disebut oseanologi atau ilmu kelautan) adalah cabang dari ilmu bumi yang mempelajari segala aspek dari samudera dan lautan. Secara sederhana oseanografi dapat diartikan sebagai gambaran atau deskripsi tentang laut. Dalam bahasa lain yang lebih lengkap, oseanografi dapat diartikan sebagai studi dan penjelajahan (eksplorasi) ilmiah mengenai laut dan segala fenomenanya. Laut sendiri adalah bagian dari hidrosfer. Seperti diketahui bahwa bumi terdiri dari bagian padat yang disebut litosfer, bagian cair yang disebut hidrosfer dan bagian gas yang disebut atmosfer. Sementara itu bagian yang berkaitan dengan sistem ekologi seluruh makhluk hidup penghuni planet Bumi dikelompokkan ke dalam biosfer.

Oseanografi adalah bagian dari ilmu kebumian atau earth sciences yang mempelajari laut,samudra beserta isi dan apa yang berada di dalamnya hingga ke kerak samuderanya. Secara umum, oseanografi dapat dikelompokkan ke dalam 4 (empat) bidang ilmu utama yaitu: geologi oseanografi yang mempelajari lantai samudera atau litosfer di bawah laut; fisika oseanografi yang mempelajari masalah-masalah fisis laut seperti arus, gelombang, pasang surut dan temperatur air laut; kimia oseanografi yang mempelajari masalah-masalah kimiawi di laut, dan yang terakhir biologi oseanografi yang mempelajari masalah-masalah yang berkaitan dengan flora dan fauna atau biota di laut.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki garis pantai yang sangat panjang, yang memiliki keanekaragaman hayati bawah lautnya, yang memiliki potensi sumber energi terbarukan, yang membuat orang-orang luar negri terpesona dengan keindahan alamnya. Cuma, apakah kita sadar atau tidak dengan hal itu??

Tags:
Posted in Oseanografi by Alfernado Arlis. 6 Comments

Sekilas Tentang Komposisi dalam Fotografi

Sekarang saatnya kita membahas tentang fotografi, karena emang gw suka bgt sama nih hobby. Mungkin sedikit sharing aja sih, kalo ada yang mau nambahin silahkan, dan kalau ada yang mau dikoreksi juga monggo.

Komposisi, simplenya diartikan cara menata elemen-elemen dalam sebuah foto/gambar. Ibaratnya dunia ini, Tuhan memberikan komposisi yang sangat ideal agar semua yang ada di dunia ini seimbang dan sangat indah, (cuma manusianya saja yang merusaknya). Elemen-elemen tersebut diantaranya adalah garis, shape, form, warna, terang dan gelap. Nah, yang paling penting itu adalah bagaimana kita menata komposisi dari view finder yang akan menghasilkan visual impact (sebuah kemampuan untuk menyampaikan perasaan yang anda inginkan untuk berekspresi dalam foto anda) dan akan diinterprestasikan kemudian setelah foto tersebut dicetak. Jadi perlu ditata sedemikian rupa agar tujuannya tercapai, apakah itu untuk menyampaikan kesan statis dan diam atau sesuatumengejutkan, beda, eksentrik. Kalo pada komposisi klasik, selalu ada satu titik yang menjadi perhatian utama. Hal ini karena penataan posisi, subordinasi, kontras cahaya atau intensitas subjek dibandingkan sekitarnya atau pengaturan sedemikian rupa yang membentuk arah yang membawa perhatian pengamat pada satu titik.

Read the rest of Sekilas Tentang Komposisi dalam Fotografi

Tags: , , , , , ,
Posted in Fotografi by Alfernado Arlis. 10 Comments

Dua Hari di Pulau Pari

Bingung juga mau mulai darimana, jadi kalo ntar ceritanya rada2 bolak-balik harap maklum aja yah. tapi bakalan gw usahain biar lebih sistematis.

Ibarat sebuah karya tulis, pasti ada latar belakang. Nah, latar belakang atau sebab-musababnya gw ke pulau pari adalah karena itu merupakan sebagian dari kuliah gw di oseanografi. Ya semacam kuliah lapangan gt. Meliputi mata kuliah Oseanografi Lingkungan, Oseanografi Biologi Kimia, Oseanografi Perikanan, Sedimen transport, dan Menejemen Pesisir. Kira-kira pesertanya ada sekitar 60 orang, 4 asisten, dan satu dosen pembimbing. Pesertanyapun tidak hanya dari program studi Oseanografi saja, tetapi juga dari program studi matematika dan fisika yang mengambil mata kuliah Oseanografi Lingkungan.

pulau pariPerjalanan dimulai jam 03:30 am (dini hari atau subuh ya??). Dari gerbang depan ITB menuju Muara Angke menggunakan bus, walaupun ada beberapa orang yang gak kebagian tempat duduk (kasian amat dah…). Gw sengaja ketika naik bis milih duduk di depan karena bisa dengan tenang tidur sampe muara angke, (gw belum tidur karena ada PPAB UKM dan LPJ BP HMO-TRITON) dan salah stu alasan yang lain adalah kalau duduk di depan pasti banyak cewe-cewe…hahhaha…(sekalian kenalan…).

Read the rest of Dua Hari di Pulau Pari

sea is blue

oseanografi,

itulah jurusan yang harus aku geluti untuk 4 tahun kedepan. setelah satu tahun menjalani masa TPB(tahap persiapan bersama) yang lumayan terseok-seok menjalaninya. aku harus mendalami dunia laut, bagian bumi yang paling luas. sekitar 70% dari permukaan bumi adalah laut, dan itulah yang harus aku garap demi kemajuan bangsa yang memandang sebelah mata pada laut Indonesia ini. negara ini adalah negara maritim. semoga Tuhan memberikan kemudahan dalam menjalani studiku ini. untuk tuhan bangsa dan almamater. dan untuk orangtuaku.

Posted in Uncategorized by Alfernado Arlis. 1 Comment