Oseanografi

Yah, oseanografi. Gw pengen kasih tau aja kalo oseanografi adalah hidup gw, dimana gw akan lebih menghabiskan banyak waktu disana kelak setelah lulus dari Institusi ini. Oseanografi juga telah banyak menginspirasi gw dalam menjalani hidup yang sekarang. Lebih baik kita mengenal apa itu oseanografi.

Oseanografi (berasal dari bahasa Yunani oceanos yang berarti laut dan γράφειν atau graphos yang berarti gambaran atau deskripsi juga disebut oseanologi atau ilmu kelautan) adalah cabang dari ilmu bumi yang mempelajari segala aspek dari samudera dan lautan. Secara sederhana oseanografi dapat diartikan sebagai gambaran atau deskripsi tentang laut. Dalam bahasa lain yang lebih lengkap, oseanografi dapat diartikan sebagai studi dan penjelajahan (eksplorasi) ilmiah mengenai laut dan segala fenomenanya. Laut sendiri adalah bagian dari hidrosfer. Seperti diketahui bahwa bumi terdiri dari bagian padat yang disebut litosfer, bagian cair yang disebut hidrosfer dan bagian gas yang disebut atmosfer. Sementara itu bagian yang berkaitan dengan sistem ekologi seluruh makhluk hidup penghuni planet Bumi dikelompokkan ke dalam biosfer.

Oseanografi adalah bagian dari ilmu kebumian atau earth sciences yang mempelajari laut,samudra beserta isi dan apa yang berada di dalamnya hingga ke kerak samuderanya. Secara umum, oseanografi dapat dikelompokkan ke dalam 4 (empat) bidang ilmu utama yaitu: geologi oseanografi yang mempelajari lantai samudera atau litosfer di bawah laut; fisika oseanografi yang mempelajari masalah-masalah fisis laut seperti arus, gelombang, pasang surut dan temperatur air laut; kimia oseanografi yang mempelajari masalah-masalah kimiawi di laut, dan yang terakhir biologi oseanografi yang mempelajari masalah-masalah yang berkaitan dengan flora dan fauna atau biota di laut.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki garis pantai yang sangat panjang, yang memiliki keanekaragaman hayati bawah lautnya, yang memiliki potensi sumber energi terbarukan, yang membuat orang-orang luar negri terpesona dengan keindahan alamnya. Cuma, apakah kita sadar atau tidak dengan hal itu??

Tags:

6 Responses to "Oseanografi"

Leave a Comment