Banyak orang memilih untuk belajar bahasa-bahasa yang jelas “Manfaatnya”. Katakan saja seperti bahasa-bahasa yang digunakan di pbb atau bahasa-bahasa populer lainnya seperti bahasa korea dan jepang karena pengaruh teknologi dan industri kreatifnya. Apakah ini berarti bahasa portugis tidak mempunyai manfaat sama sekali? Tentu saja ada. Bagi para pelajar, alasan-alasan selalu ada di balik objek apapun yang mereka minati. Begitu pula aku yang menemukan beberapa alasan kenapa bahasa portugis adalah pilihan bagus untuk dipelajari. Berikut adalah daftarnya:

Senjata rahasia

Bahasa portugis memang tidak terkenal di indonesia, tapi jangan salah… Justru itu, bahasa ini dapat menjadi senjata rahasiamu. Sesuatu yang langka itu mahal harganya, dan pastinya dicari. Jadi, jangan ragu untuk mempelajarinya, apalagi kalau sobat mahir ditulisan maupun lisan. Pasti terpakai. Pilihan karirpun lebih banyak. Bahasa portugis juga dapat membuat cv sobat terlihat lebih menarik. Kesempatan bekerja di perusahaan multinasionalpun lebih terbuka lebar. Seperti di tulisan aku sebelumnya “sekilas tentang bahasa portugis”, di sana terdapat delapan negara yang menjadikan bahasa ini sebagai bahasa resminya,dan juga beberapa negara lain yang juga memakai bahasa ini sebagai bahasa kedua mereka.

Dengan menguasai bahasa ini secara tidak langsung sobat telah membuka pintu untuk kedunia yang lebih luas lagi. Tidak hanya itu, sobat juga dapat menjadi penerjemah bahasa portugis. Saingannyapun masih sedikit, karena sangat jarang sekali ditemukan penerjemah bahasa ini di negara kita. Sangat pantas dicoba guys. :d

Memperkaya literatur dan wacana

Menguasai suatu bahasa berarti juga membuka pintu untuk pengetahuan baru. Kesempatannya akan lebih besar dari pada orang yang hanya berbicara satu bahasa. Hal ini pastinya tidak hanya berguna untuk para pelajar itu sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Sobat dapat berkontribusi untuk orang-orang disekitarmu dan lebih luasnya lagi untuk negaramu melalui bahasa ini. Bayangkan saja, rata-rata literatur berbahasa portugis yang sampai ke indonesia, bukan diterjemahkan langsung dari bahasa aslinya, melainkan diterjemahkan dari teks yang sudah diterjemahkan kedalam bahasa inggris baru diterjemahkan kedalam bahasaindonesia. Bila sobat adalah salah satu penerjemah bahasa portugis, maka literature kitapun akan bertambah. Kita tidak harus menunggu terjemahan bahasa inggrisnya terlebih dahulu untuk kita terjemahkan. Juga, interpretasi kita terhadap teks tersebut lebih dekat ketimbang bila kita menerjemahkan dahulu dari bahasa kedua teks tersebut. Karena terjemahan adalah interpretasi penerjemah terhadap teks yang dia terjemahkan.

Jadi, selain sobat juga mendapat ilmu untuk dirimu sendiri, sobat juga dapat membaginya untuk orang lain melalui hasil kerjamu.

Brazil adalah indonesia yang lain

Ada beberapa fakta menarik tentang indonesia dan brazil. Fakta-fakta ini menguatkanmu kenapa mempelajari bahasa portugis merupakan pilihan yang bagus. Indonesia dan brazil merupakan negara yang sama-sama terletak di garis katulistiwa, beriklim tropis, pernah dijajah portugal, keduanya adalah negara berkembang, mempunyai wilayah negara yang luas, mempunyai jumlah penduduk yang banyak, juga mempunyai keberagaman etnis dan kultur. Disamping itu semua, kedua negara ini mempunyai kesamaan pandangan dalam aneka isu regional dan multilateral, usaha penegakan demokrasi dan ham. Selain itu pemerintah kedua negara sedang melakukan reformasi di aneka bidang danoleh sebab itu kedua negara saling memahami tantangan yang dihadapi masing-masing dalam proses reformasi tersebut.

Di dalam persamaan tersebut juga terdapat pula perbedaan. Seperti dalam hal kebudyaan cara berpikir, brazil lebih mengusung kebebasan sedangkan indonesia masih lumayan konservatif.

Hubungan bilateral antara brazil dan indonesia sudah terlaksana sejak tahun 1953. Secara umum hubungan keduanya berlangsung baik, bahkan akhir-akhir ini hubungan keduanya telah memasuki tahapan yang krusial dan strategis.

Persamaan-persamaaan dan perbedaan-perbedan ini pastinya akan sangat bagus untuk kita saling pelajari satu sama lain. Dan pastinya… Mereka perlu translator.