Bank BNI, bank yang mungkin sudah tak asing lagi terdengar oleh Anda, merupakan suatu bank milik pemerintah yang bertanggung jawab dalam melakukan usaha di bidang perbankan umum. Kini, sejak tahun 1946, bank kece yang satu ini telah memiliki lebih dari 2.000 kantor cabang yang tersebar di Indonesia dan di luar negeri, dengan pusatnya di Jakarta.

“Melayani Negeri, Kebanggaan Bangsa”, slogan khas Bank BNI selama 75 tahun sejak bank ini berdiri. Sesuai slogannya, bank yang satu ini telah memiliki pengalaman secara professional dalam melayani nasabah. Hal itu terlihat dari banyaknya fasilitas dan jenis layanan yang disediakan, seperti simpanan, pinjaman, kartu kredit, dan simulasi. Dalam hal layanan simpanan itu sendiri, bank BNI menyediakan banyak pilihan tabungan yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda, misalnya BNIT aplus, BNI Tappa, dan sebagainya.

Lantas, bagaimanakah cara memastikan sisa saldo di rekening Anda? Pada artikel kali ini, berikut ini informasi selengkapnya mengenai cara cek saldo Bank BNI lewat Hp.

 

Cara Mengecek Saldo Bank BNI

Lewat Teller

Untuk cara ini, Anda perlu datang ke kantor cabang terdekat membawa buku rekening dan kartu identitas Anda, dan nantinya Anda akan diarahkan oleh petugas bank untuk bertemu teller yang akan memproses permintaan Anda.

Lewat Mobile Banking

Untuk cara ini, Anda membutuhkan aplikasi bernama BNI Mobile Banking yang dapat diunduh dan dipasang di gadget Anda. Berikut uraian selengkapnya mengenai langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Buka aplikasi BNI Mobile Banking, lalu pilih menu Registrasi.
  2. Baca syarat dan ketentuan dengan saksama, lalu jika sudah pilih ‘Lanjut’.
  3. Masukkan data-data yang diminta, seperti nomor rekening tabungan, PIN ATM, email, serta identitas diri Anda. Selain itu, buatlah User ID dengan kombinasi huruf-angka. Jika sudah klik ‘Lanjut’.
  4. Masukkan kode registrasi yang dikirim melalui email yang telah Anda daftarkan.
  5. Selamat! Anda berhasil melakukan registrasi.
  6. Pastikan semua informasi yang ditampilkan di layar benar adanya, lalu pilih ‘Aktivasi’. Setelah itu, klik ‘Login’ / ‘Masuk’ dengan memasukkan kode aktivasi yang dikirim ke nomor HP Anda, dan pastikan pulsa Anda mencukupi.
  7. Masukkan MPIN yang telah Anda buat sebelumnya dan juga password, lalu klik ‘Simpan’. Jika berhasil, Anda dapat melakukan cek saldo dengan mudah dengan menu Cek Saldo yang ada di aplikasi.

Lewat SMS Banking

Cara yang satu ini terbilang sangat mudah karena Anda tidak perlu ke ATM terdekat atau bahkan ke kantor cabang secara langsung. Hanya dengan gadget Anda saja Anda bisa menikmati fasilitas cek saldo secara cepat hanya dengan sekejap mata. Namun, Anda harus memiliki pulsa untuk bisa menikmati layanan tersebut.

Namun, Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu di ATM dan kantor cabang BNI terdekat. Caranya bagaimana?

  1. Lakukan registrasi melalui ATM BNI terdekat. Caranya dengan mendaftar di menu Registrasi e-Channel pada ATM BNI, lalu pilihlah BNI SMS Banking.
  2. Masukkan nomor ponsel Anda yang aktif dan ingin didaftarkan
  3. Buat nomor PIN 6 digit untuk SMS Banking Anda.
  4. Jika sudah berhasil, struk registrasi akan keluar dari mesin ATM yang Anda gunakan. Selain itu, ponsel Anda akan menerima SMS dari 3346 yang berisi informasi bahwa registrasi telah berjalan dengan sukses.
  5. Selamat! Beberapa layanan seperti cek saldo, cek informasi tagihan, cek mutasi rekening, ubah nomor PIN SMS Banking, dan fasilitas bantuan sudah bisa digunakan.
  6. Untuk cek saldo, kirim pesan ‘SAL’ ke 3346, atau jika ingin mengecek mutasi rekening Anda, ketik ‘HST’ ke 3346.

Sebagai tambahan informasi, untuk menikmati layanan tambahan seperti transfer, bayar tagihan, dan isi ulang pulsa, Anda harus mengaktifkannya di kantor cabang terdekat, dengan membawa struk registrasi SMS Banking, dokumen identitas pribadi, buku rekening BNI, dan SMS notifikasi di ponsel Anda.

 

Lewat Internet Banking

Bagi Anda yang senang bermain internet dan ingin mengecek saldo lewat internet, maka terdapat fasilitas Internet Banking yang bisa Anda gunakan.

  1. Lakukan registrasi melalui ATM BNI terdekat. Caranya dengan mendaftar di menu Registrasi e-Channel pada ATM BNI, lalu pilihlah BNI Internet Banking.
  2. Buat nomor PIN 6 digit untuk pendaftaran layanan Internet Banking.
  3. Jika sudah berhasil, struk registrasi akan keluar dari mesin ATM yang Anda gunakan, dan juga terdapat kode aplikasi sebanyak 6-8 digit di dalamnya.
  4. Kemudian, lakukan aktivasi di situs bni.co.id, lalu pilih menu Internet Banking > ‘Login’.
  5. Masukkan 6-8 karakter kode aplikasi yang terdapat pada struk tadi serta 6 digit PIN yang telah berhasil Anda masukkan pada pendafatran. Jangan lupa ceklis kode Captcha yang ada di layar.
  6. Setelah itu, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor ponsel dengan OTP yang akan dikirimkan melalui SMS.
  7. Selesai, proses aktivasi sedang berlangsung dan Anda akan diminta untuk memasukkan password 8-12 karakter dengan kombinasi huruf dan angka.
  8. Lalu, di layar akan muncul user ID yang berisi data rekening, nomor ponsel, dan alamat email. Jika ditemukan ketidaksesuaian data, Anda bisa langsung memperbaikinya di menu yang tersedia atau menghubungi CS BNI.
  9. Selanjutnya, Anda akan diminta oleh CS untuk mengaktifkan akses BNI Internet Banking, dan jika sudah berhasil, Anda bisa mengakses ibank.bni.co.id di browser Anda dan melakukan login dengan memasukkan User ID dan password.
  10. Kemudian, untuk mengecek saldo, pilih menu ‘Rekening’ > ‘Informasi Saldo’ > ‘Rekening Tabungan & Giro’.
  11. Klik ‘Lanjut’, maka akan muncul rekening beserta nominal jumlah saldo di dalamnya.

 

Lewat ATM

Anda pasti tahu bahwa ATM merupakan mesin 24 jam yang dapat digunakan untuk transaksi apa pun secara mudah dan cepat, seperti transfer uang, bayar listrik, dan sebagainya. Nah, bagi Anda yang penasaran tentang cara mengecek saldo bank BNI, mungkin Anda harus melakukan langkah-langkah berikut.

  1. Kunjungi Bank BNI terdekat dari lokasi Anda, atau bisa juga di ATM Bersama.
  2. Masukkan kartu ATM dengan benar.
  3. Anda juga akan diminta untuk memasukkan PIN 6 digit dengan benar.
  4. Anda akan diarahkan ke menu utama, lalu tekan tombol ‘Cek Saldo’ dari rekening tabungan Anda.
  5. Selamat! Akan muncul nominal saldo dari layar ATM Anda.

Sebagai tambahan informasi, terdapat 16.400 mesin ATM BNI yang tersebar di seluruh Indonesia dan sudah terhubung dengan sejumlah ratus ribu jaringan ATM Link, ATM Bersama, dan ATM Prima.

Selain kemudahan dalam melakukan transfer antar bank dengan menggunakan kode bank tujuan, BNI Juga memberikan kemudahan dalam melakukan cek saldo hanya menggunakan ponsel.

Itulah beberapa informasi yang disampaikan mengenai cara mengecek sisa saldo Bank BNI. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, ya, terutama cara cek saldo BNI lewat SMS Banking.