Airpods termasuk ke dalam aksesoris iPhone yang sangat canggih. Karena Airpods ini merupakan earbuds yang sudah memakai teknologi wireless atau tanpa kabel lagi.

Jadi, Anda hanya perlu mengkoneksikan Airpods ke iPhone melalui Bluetooth saja. Nantinya musik atau video yang Anda dengarkan di iPhone akan muncul di Airpods tersebut.

Tapi sayangnya bagi pemakai iPhone baru, biasanya mengalami kesulitan ketika ingin mematikan Airpods. Oleh sebab itu, saya akan bahas cara mematikan Airpods di sini.

Cara Mematikan Airpods

Airpods bisa Anda matikan dengan hanya meletakkannya kembali ke dalam case. Nantinya sistem Airpods akan dimatikan secara otomatis.

Jadi untuk mematikan Airpods ini tidak ada cara manual atau dengan menekan tombol tertentu. Melainkan hanya perlu meletakkannya saja kembali ke dalam case.

Begitupun untuk menghidupkannya, Anda hanya perlu mengambil Airpods dari dalam case. Nantinya Airpods ini bisa langsung dihubungkan ke iPhone.

Tips Agar Baterai Airpods Hemat

Dibalik kecanggihannya, tapi Airpods ini masih memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah baterai Airpods yang terbilang boros.

Sehingga kalau Anda termasuk suka berlama-lama memakai earphone, memilih Airpods ini masih kurang direkomendasikan. Karena daya baterai yang dimilikinya juga belum cukup besar.

Tapi untuk mengatasi hal ini, ada beberapa tips agar baterai Airpods hemat yang bisa Anda coba, seperti:

1. Charger Sampai Penuh Baru Pakai

Sama seperti HP, pemakaian Airpods dengan kondisi baterai yang belum terisi full bisa membuat boros pemakaian baterai. Bahkan merusaknya secara perlahan.

Oleh karena itu, pastikan Anda sudah charger baterai Airpods sampai penuh lebih dulu. Baru memakainya supaya kesehatan baterai di aksesoris tersebut bisa tetap terjaga.

2. Pakai Volume Airpods Seperlunya

Volume juga harus Anda sesuaikan supaya baterai Airpods yang dikonsumsi tidak terlalu besar. Misalnya pemakaiannya hanya dirumah, pastikan tidak memakai volume terlalu besar.

Karena semakin besar volume yang dipakai, semakin besar pula kinerja dan daya Airpods yang Anda pakai.

3. Matikan Airpods Setelah Selesai Dipakai

Setelah memakainya, sangat disarankan untuk langsung memasukannya kembali ke dalam case supaya Airpods mati. Karena kalau tidak dimatikan, biasanya Airpods akan terus dalam kondisi hidup. Bahkan mencari perangkat yang ingin dikoneksikan ke aksesoris tersebut.

4. Non-Aktifkan Beberapa Fitur Airpods

Ada beberapa fitur umum di Airpods, seperti sensor deteksi telinga, peredam suara bising dan mode transparansi. Semua fitur umumnya mengkonsumsi daya baterai masing-masing.

Oleh karena itu kalau ingin lebih hemat, Anda bisa mematikan beberapa fitur tidak terpakai di Airpods.
Caranya mudah, karena hanya perlu masuk ke pengaturan Bluetooth, lalu matikan semua fitur yang tidak terpakai. Nantinya pemakaian daya baterai akan menjadi lebih hemat.

5. Hindari Membuka Tutup Case Airpods

Biasanya banyak orang juga yang senang memainkan case Airpods dengan membuka tutup-nya. Padahal aktivitas ini tidak bermanfaat, dan membuat baterai Airpods cepat habis.

Alasannya karena ketika Anda membuka case Airpods, maka Bluetooth di aksesoris tersebut akan aktif. Kalau Bluetooth aktif, tandanya Airpods akan mencari iPhone untuk dikoneksikan.

Oleh karena itu, sebaiknya selalu tutup case Airpods dan buka ketika Anda hanya ingin menggunakannnya saja.

Cara Menyalakan Kembali Airpods

Menyalakan Airpods tidaklah sulit. Dikutip dari situs Uplotify.id, iPhone mempunyai sebuah fitur yang disebut sync. Fitur ini memungkinkan Airpods dapat terhubung secara langsung ke iPhone dan beberapa kali klik saja.

Langsung saja ikuti cara menyalakan kembali Airpods berikut:

  1. Buka menu Settings di iPhone.
  2. Aktifkan Bluetooth di iPhone.
  3. Setelah itu buka case Airpods.
  4. Nantinya muncul pesan notifikasi Not Your AirPods, ketuk Connect.
  5. Kalau sudah, tekan tombol dibelakang case Airpods.
  6. Terakhir, ketuk Done untuk mengkonfirmasi koneksi.
  7. Maka Airpods sudah bisa langsung dipakai.
  8. Selesai.

Kesimpulan

Jadi cara mematikan Airpods bisa dengan mudah Anda lakukan dengan memasukannya kembali ke dalam case.