Sobat tahukah, Apa sih itu laporan keuangan itu?

Pengertian ‘resmi’ dari badan pengatur standar akuntansi menyebutkan bahwa, laporan keuangan adalah suatu penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas.

Memanfaatkan excel untuk laporan keuangan tentunya dapat menjadi solusi bagi sobat para pemilik usaha yang membuat laporan keuangan setiap periodenya.

Laporan keuangan merupakan hasil pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepada mereka.

Manfaat Membuat Laporan Keuangan Dengan Excel

Tak hanya itu, ada beberapa manfaat lain dengan memakai ms excel, di antaranya adalah:

Lebih gampang

Akan lebih gampang sebab semua data yang telah disiapkan akan otomatis terhitung dengan benar.

Selagi rumus yang dipakai benar serta setiap info transaksi terinput dengan tepat, dan resiko terjadinya salah hitungan akan lebih kecil.

Praktis pada ketika ada perubahan

Dengan fitur insert comment sobat tidak usah melaksanakan perubahan data secara manual. Hanya dengan ms excel tanpa harus pusing mencari data yang salah.

Ramah lingkungan (go green)

Tentunya topik ramah lingkungan akan menjadi keuntungan bagi pemilik usaha yang memutuskan untuk memakai ms. Excel dalam menyusun laporan keuangan.

Sebab dengan memakai ms. Excel, sobat lebih meminimalisir pemakaian kertas dan pengeluaran sampah kertas.

Ada banyak sekali keuntungan memakai excel dalam pembuatan laporan keuangan. Tentunya bagi para pemilik usaha, membuat laporan keuangan sendiri dengan excel akan memberikan keuntungan juga.

Membuat laporan pembukuan keuangan dengan Excel tidaklah serumit yang dipikirkan.

Hal yang sobat butuhkan dalam membuat laporan menggunakan Excel adalah sobat harus familiar dengan user interface-nya dan juga beberapa rumus atau fungsi.

Baca Juga: Tabel angsuran bank terbaru