Menghemat Biaya Listrik di Rumah

Mengingat ketersediaan listrik dan air terbatas sedangkan kebutuhan kita untuk menggunakannya tidak pernah habis, untuk meminimalisir pembengkakan tagihan listrik dan air, kita harus menghadapi gaya hidup hemat. Khusus untuk energi listrik. Seringkali kita memiliki kebiasaan yang sangat buruk dalam menggunakan listrik bahkan di siang hari. Efeknya terasa setelah terakumulasi di akhir bulan.

Ini bisa anda terapkan untuk menghemat listrik anda di rumah :

Cabut peralatan yang tidak di gunakan

Jangan biarkan alat terpasang ke sakelar saat tidak digunakan. Baik itu charger gadget, TV, setrika, atau barang elektronik lainnya. Listrik akan terus mengalir dari kabel ke peralatan elektronik Anda. Ketahui juga harga kabel nyy 4×16 yang anda gunakan.

Dengan begitu anda akan membayar tagihan listrik yang lebih mahal akibat penggunaan listrik yang tidak di perlukan.

Gunakan listrik dengan sistem pulsa

Dengan menggunakan listrik sengan sistem pulsa akan membuat tagihan anda menjadi lebih hemat. Ini membantu Anda mengontrol konsumsi listrik yang berlebihan dan membuat Anda menggunakan listrik dengan lebih bijak.

Ketika pulsa listrik Anda habis, semua listrik di rumah Anda akan mati secara otomatis, sehingga untuk mengaktifkannya kembali Anda harus membeli lebih banyak pulsa listrik. Sistemnya sama dengan pulsa prabayar, jadi Anda bisa menghitung kebutuhan dan mengkaji apa yang sebenarnya bisa dihilangkan dari konsumsi listrik yang berlebihan dan dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Penggunaan Lampu yang Efisien

Manfaatkan sinar matahari sebagai sumber cahaya utama di siang hari. Gunakan lampu hemat energi yang hanya menggunakan listrik yang relatif kecil. Coba terapkan aturan mematikan setidaknya 2 lampu antara jam 17.00 dan 20.00. Beberapa taktik dan pengendalian diri terhadap penggunaan listrik yang lebih terbatas ini sudah cukup untuk membantu Anda mengurangi ketergantungan pada listrik dan mengurangi biaya tagihan listrik bulanan Anda.

Gunakan AC sesuai kebutuhan

Jika rumah Anda menggunakan AC, pilih AC yang hemat energi dengan kemampuan menaikkan suhu atau mematikannya secara otomatis ketika ada sedikit orang atau tidak ada orang di dalam ruangan sehingga Anda tidak perlu mendinginkan ruangan yang berefek tidak akan dirasakan oleh siapapun. Sesuaikan suhu AC dengan ukuran ruangan dan jumlah orang di sana.

Suhu ini bisa terasa cukup dingin di ruangan yang hanya diisi oleh satu orang namun tetap terasa cukup panas untuk ruangan yang ditempati oleh 5 orang. Jangan mengisi lemari es secara berlebihan karena lemari es akan menyesuaikan suhunya sesuai dengan jumlah item di lemari es. Hindari kebiasaan membuka pintu lemari es dalam waktu lama karena mesin akan bekerja lebih tinggi untuk mengatur suhu di dalam dan di luar lemari es yang pada akhirnya akan menghabiskan lebih banyak listrik.

Matikan perangkat elektronik saat tidur

Hindari kebiasaan tidur dengan berbagai peralatan elektronik yang tersisa. TV yang masih menyala saat tidak ditonton dengan jelas berdampak menambah tagihan listrik. Lampu yang sebaiknya dimatikan saat anda sedang istirahat selain untuk menghemat biaya listrik juga baik untuk relaksasi tubuh agar bisa istirahat lebih baik. Jangan pernah anda meningalkan gadget anda tetap tertancap di listrik saat anda ingin tidur.

Saat anda tidak mematikan perangkat elektronik saat anda tidur akan membuat listrik tetap mengalir dan jika perangkat anda menggunakan baterai akan membuat baterai perangkat anda menjadi membengkak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *