Inherent ITB

INHERENT

INHERENT (singkatan dari Indonesia Higher Education Network) adalah jaringan komunikasi data tertutup antar perguruan tinggi di Indonesia. Jaringan ini termasuk di dalam proyek Jardiknas. Pada tahap awal (2006) telah terbangun interkoneksi 32 localnode yang berada di perguruan-perguruan tinggi di ibu-ibu kota provinsi di Indonesia serta kantor Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Tujuan dari INHERENT adalah untuk menghubungkan perguruan-perguruan tinggi yang ada di Indonesia untuk tujuan penelitian dan pendidikan.
Cincin (ring) utama dari jaringan ini berada di pulau Jawa, dan dengan lima universitas sebagai backbone network yang dihubungkan dengan jalur STM-1 yang memiliki total kapasitas bandwidth sebesar 155 Mbit/s. Kelima universitas tersebut adalah:

Selanjutnya perguruan tinggi lainnya akan dihubungkan dengan jalur yang lebih rendah kapasitasnya, seperti pada Universitas Brawijaya, Malang.

Backbone utama INHERENT adalah perguruan tinggi yang berada di kota-kota besar seperti Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Samarinda, dan Makasar. Karena Indonesia merupakan negara kepulauan, maka beberapa node yang ada dihubungkan menggunakan satelit. Diagram Jaringan dari INHERENT pada tahun 2011 adalah sebagai berikut:

INHERENT diagram
INHERENT diagram

ITB menjadi localnode untuk wilayah Jawa Barat sehingga perguruan tinggi di Jawa Barat yang ingin bergabung dengan INHERENT dapat terhubung ke jaringan INHERENT melalui ITB. Perguruan tinggi maupun institusi pendidikan yang berada di wilayah Jawa Barat dapat terhubung dengan jaringan INHERENT dengan mengajukan permohonan tertulis kepada ITB dan ditembuskan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi noc@itb.ac.id

Sumber/Link :

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *