Catatan | IT Trend Now and Beyond
Header

Digital Merevolusi Industri Musik , 10 Tahun iMusic (Ipod, Itunes)

April 28th, 2013 | Posted by Arief Bahtiar in Main

Menjual harga murah dengan volume besar , barangkali itulah strategi yang diusung steve jobs saat menggelar music market dalam itunes . Strategis tersebut menangkis anggapan bahwa digital music membawa petaka karena pembajakan . Ternyata Apple sukses membawa perubahan dengan menyediakan market bagi para pecinta musik yang tentu saja tidak mau membajak .

Selama 10 tahun , itunes (music market) berkembang menjadi pasar yang luar biasa . Hal tersebut tentu saja bukan modal leha-leha ataupun bermalas-malasan . Dengan menyediakan platform player , dan platorm market , Apple meraih sukses luar biasa dengan peningkatan penjualan yang signifikan.

Bila dipandang dengan ‘smart’ digital market sebenarnya menjadi potential market yang bisa digarap oleh para enterpreneur technology . Terutama kalangan mahasiswa yang memiliki ide-ide cemerlang untuk mengangkat tema unik menjadi nilai bisnis yang ‘mendunia’.

Berikut adalah infographic ’10 Years of iMusic’ yang saya munculkan untuk memberikan gambaran tumbuh kembangnya digital market dengan contoh musik sebagai konten-nya.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 You can leave a response, or trackback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *