Catatan | IT Trend Now and Beyond
Header

Berlimpah, bahan pembelajaran yang tersedia

February 6th, 2018 | Posted by Arief Bahtiar in E-learning

Bahagianya seorang mahasiswa adalah saat terdaftar dalam satu mata kuliah , kemudian di akhir semester mendapatkan dirinya lulus dengan nilai ‘A’. Tentu saja untuk mendapatkan nilai tersebut harus melalui fase-fase mulai dari kuis, ujian tengah semester, ujian akhir semester. Semuanya pasti dilalui dengan mendapatkan nama yang terpampang dengan nilainya masing-masing.

Salah satu faktor penting untuk bisa berhasil lulus maka faktor kuncinya adalah belajar. Namanya belajar biasanya harus dipandu dari pertanyaan atau persoalan yang dihadapi, diikuti dengan contoh-contoh persoalan dengan jawabannya yang memandu kita untuk belajar tersebut. Pernah dalam suatu kuliah, dosen saya menyampaikan pengalamannya belajar di luar negeri dengan komunitas Indonesia yang terbatas. Beliau terbantu dengan komunitas dari negeri lain yang punya cara turun-temurun untuk sukses belajar di perguruan tinggi tersebut.

Salah satu caranya adalah mengumpulkan bahan ujian yang kemudian dicatat. Hasil catatan soal-soal ujian tersebut kemudian dibahas bersama untuk dibuat solusinya dan dipelajari. Padasaat soal-soal tadi keluar pada saat ujian tentu saja semuanya jadi bisa menjawabnya. Tentu saja , bagi mereka yang belajar. Alhasil mata kuliah yang sulit pun dapat di lewati dengan baik dan lulus pada waktunya.

Berkaitan dengan hal tersebut, jaman kekinian menyediakan keberlimpahan dalam bahan pembelajaran . Baik itu bahan bacaan maupun bahan untuk latihan ujian. Bapak/ibu dosen pun saat ini dengan akses kuliah online menyediakan waktunya untuk membantu kita semua dalam proses belajar yang kita jalankan. Login ke kuliah online, di sana ada bahan materi yang bisa diakses dan dibaca. Ada soal-soal latihan yang bisa kita ikuti. Bila perlu, hubungi dosen atau asisten yang mengampu kuliah melalui fitur message yang tersedia. Dengan meluangkan waktu mengakses kelas virtual yang kita ikuti, maka kita dengan mudah bisa mengikut kegiatan pembelajaran di kelas.

Semoga kita semua bisa mengikuti pembelajaran di semester ini dengan baik. Aamiin.

 

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 You can leave a response, or trackback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *