10 Tips Cara Menghilangkan Bekas Lem Stiker di Body Mobil

Biasanya mobil ditempeli cutting stiker untuk mempercantik penampilan atau tujuan lain seperti promosi produk, jasa, tempat wisata, sekolah dan lain-lain. Namun, biasanya stiker susah dilepas dan meninggalkan bekas lem yang sulit dihilangkan.

Anda harus sabar dan berhati-hati agar menjaga mobil tetap bagus. Jika stiker dilepas dengan paksa dapat menimbulkan masalah baru seperti warna cat menjadi rusak. Solusinya adalah Anda dapat mencoba beberapa bahan berikut.

Bahan untuk Menghilangkan Bekas Lem Stiker di Body Mobil

1. Cuka

Cuka dapat berfungsi membersihkan lem yang menempel dan kerak membandel di mobil. Caranya, cuka murni dioleskan pada bagian yang terkena lem dan didiamkan beberapa saat. Selanjutnya, Anda gosok dengan spon kasar dan dibilas air.

2. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga efektif untuk membantu menghilangkan sisa-sisa lem di mobil. Anda teteskan ke area yang terdapat lem kemudian diratakan. Lalu, tunggu sekitar 5 menit dan digosok hingga bersih. Body mobil dibersihkan dengan kain dan disiram air.

3. Cooking Spray

Biasanya cooking spray digunakan saat menggoreng atau memanggang makanan agar tidak menempel di wajan. Namun, ternyata cairan tersebut juga bisa membuat daya rekat lem berkurang sehingga mobil akan kembali bersih seperti semula.

4. Alkohol

Alkohol murni aman untuk membersihkan mobil. Alkohol dioleskan pada mobil, dibiarkan beberapa menit lalu gosok bagian yang ada lemnya sampai semua hilang.

Lihat pula: Tips Lengkap menghilangkan Bekas Cutting Sticker di Bodi Mobil

5. Minyak Tanah

Minyak tanah bisa digunakan untuk mempermudah membersihkan noda berupa lem. Sedikit demi sedikit minyak tanah dioleskan sampai bekas menghilang.

Namun, perlu diingat bahwa jangan pernah menggunakan bensin. Hal ini dikhawatirkan akan merusak cat dan menimbulkan bekas di bagian bodi maupun kaca mobil.

Selain itu, Anda sebaiknya tidak mengerok menggunakan silet, pisau, cutter atau kuku karena beresiko menghasilkan goresan yang akan mengurangi nilai estetika mobil.

6. Sabun

Anda persiapkan sabun khusus, shampo atau sabun mandi. Namun, Anda tidak direkomendasikan menggunakan sabun cream atau sabun colek. Kandungan dari kedua jenis sabun tersebut kurang bagus untuk permukaan bodi sebuah mobil.

Caranya sangat mudah sama seperti ketika mencuci mobil biasa. Permukaan stiker yang akan dilepas diberi air sabun. Anda gunakan kain basah untuk menggosok secara perlahan.

Tujuannya untuk melepas perekat stiker. Anda ulangi dengan langkah yang sama sampai bodi terlihat kinclong.

7. Obat Nyamuk Oles

Di dalam lotion anti nyamuk terdapat senyawa kimia yang menyebabkan benda panas. Oleh karena itu, dengan memberi lotion tersebut maka lem yang tersisa semakin mudah hilang dalam sekejap.

8. Mentega

Mentega diaplikasikan pada stiker, lalu  dibiarkan sesaat agar terjadi reaksi kimia yang mampu melunakkan kekuatan lem untuk menempel di stiker. Selanjutnya, lepas stiker secara hati-hati.

9. Kompon

Kompon juga dapat dipilih untuk membersihkan area mobil yang ternoda akibat stiker dihilangkan. Setelah kompon dioleskan, Anda biarkan sejenak dan gosok dengan hati-hati. Nantinya, sisa-sisa dari proses pelepasan stiker pelan-pelan akan hilang.

10. Menggunakan Hair Dryer

Metode ini mudah untuk dipraktekkan, yaitu hair dryer dinyalakan lalu digunakan untuk memanaskan stiker sehingga lem mulai melemah dan nantinya mengelupas. Panasnya jangan terlalu tinggi agar tidak membuat cat mobil rusak.

Beberapa bahan yang telah disebutkan terbukti ampuh mengatasi lem yang masih tertinggal di mobil. Kini Anda bisa melepas stiker dan menggantinya dengan yang baru tanpa takut mobil kotor akibat noda lem stiker.

Melirik Modifikasi Motor Bobber Style yang Lagi Nge-hits

Modifikasi otomotif memang sudah tidak asing lagi, baik itu mobil atau motor sekalipun. Modifikasi motor sendiri sudah ada sejak zaman dahulu dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Salah satu modifikasi motor yang populer adalah model motor bobber.

Model motor ini dipelopori oleh tentara Amerika Serikat setelah akhir Perang Dunia II, yang didasari oleh banyaknya motor dan mobil yang rusak pada bagian bodinya saja. Dengan memanfaatkan mesin dan perangkat lain, motor kemudian diubah menjadi motor bobber.

Apa itu Motor Bobber?

Motor bobber merupakan salah satu jenis motor modifikasi yang populer di era tahun 1940-1950-an. Kata “bobber” diambil dari istilah “boobing” yang memiliki arti untuk memangkas dengan tujuan agar tunggangan lebih praktis, ringan, mudah dikendarai, dan hemat biaya operasional.

motor bobber modif / BX

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh motor modifikasi ini adalah dari ban yang digunakan biasanya berukuran lebih besar, baik itu ban depan ataupun belakang. Biasanya mesin yang digunakan juga memiliki ukuran yang besar dan menonjol agar terlihat lebih gahar.

Meskipun motor bobber terkenal akan pemangkasan di beberapa bagian motor, termasuk pada bagian sasisnya. Namun, pemangkasan sasis ini tetap mempertahankan sasis standar karena ini akan berpengaruh pada performa motor ketika dikendarai.

Custom Motor Bobber

  • Sasis

Perlu diketahui bahwa di sini tidak merubah seluruh bagian sasis dan tetap mempertahankan kerangka sasis utamanya. Perubahan pada sasis disesuaikan dengan perubahan yang dilakukan pada tangki motor.

Penempatan sasis pada motor juga akan berpengaruh pada model tunggangan yang akan digunakan, apakah akan menggunakan single atau double seater. Perubahan sasis disesuaikan dengan keinginan masing-masing dan kebutuhan motor tersebut ingin dijadikan apa.

  • Tangki 

Konsep custom motor bobber biasanya terkenal akan tema vintage dan klasik yang beradu menjadi satu dan membuatnya terlihat unik. Oleh karena itu, bagian tangki harus diubah menjadi lebih ringkas atau simple dengan tujuan agar bobot motor lebih ringan.

Namun perlu diperhatikan di sini, bahwa ketika Anda melakukan pemangkasan ukuran tangki, tentunya kapasitas bahan bakar juga akan terpangkas. Ini berarti Anda harus mengingat bahwa jarak tempuhnya lebih pendek dibandingkan sebelumnya.

  • Ban

Ciri lain dari modifikasi model motor bobber adalah penggunaan ban yang berukuran lebih besar dibandingkan motor lain pada umumnya. Penggunaan ban yang ukurannya lebih besar akan membuatnya lebih berat, namun dapat digunakan untuk berbulan-bulan tergantung penggunaan.

Besar ban yang digunakan masing-masing orang berbeda tergantung dari selera masing-masing. Jika kebingungan dalam memilih ban, Anda bisa bertanya ke dealer atau komunitas khusus pecinta motor bobber.

  • Suspensi

Suspensi pada motor boleh dimodifikasi, namun pastikan Anda menggunakan barang original dan dari toko terpercaya. Pada suspensi belakangnya dapat Anda ganti menggunakan custom part arm agar terlihat lebih klasik.

Ketika menggunakan custom part, sebaiknya disesuaikan dengan style yang ingin dibuat dan harus disesuaikan dengan part lain. Apabila pembuatan part tersebut ternyata tidak cocok dengan part lain, maka Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk membuatnya ulang.

  • Velg

Bagian velg juga bisa Anda ubah menggunakan bahan yang lebih ringan dengan tujuan untuk mengurangi bobot motor. Anda bisa menggantinya dengan bahan aluminium yang lebarnya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

  • Komponen Lain

Adapun komponen lain yang dimaksudkan di sini di antaranya ada pengereman, stang, lampu, dan lain sebagainya. Anda dapat mengganti komponen tersebut menggunakan produk gaya vintage agar kesan klasik lebih dapat.

Pada bagian lampu depan bisa Anda ganti menggunakan headlamp bentuk lingkaran yang cukup besar atau bisa juga menggunakan produk custom. Namun, Anda tetap harus memastikan bahwa produk tersebut original.

Modifikasi motor bobber style telah ada sejak zaman dahulu. Jika Anda ingin melakukan modifikasi ini, maka hal yang perlu Anda perhatikan adalah gunakan produk original. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kendala yang biasanya terjadi setelah proses modifikasi.

Ini Yang Baru Dari Toyota Harrier di Tahun 2021

tampilan toyota harrier terbaru di 2021

Toyota Harrier cukup banyak beredar di beberapa negara Asia. Unit Toyota Harrier yang berada di pasaran merupakan generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2013. Diperkirakan Toyota Harrier akan diluncurkan pada akhir tahun ini meskipun belum ada kepastian waktu kapan Toyota Harrier terbaru ini resmi masuk ke pasar Indonesia. 

Toyota Harrier Terbaru

Meskipun belum ada kepastian waktu, sudah ada bocoran mengenai pembaruan Toyota Harrier yang juga sudah menjadi perbincangan apalagi bocoran tampilannya yang lebih maskulin. Generasi terbaru dari Toyota Harrier benar-benar difokuskan oleh pabrikan.

Pembaruan terbaru dari mobil ini paling terlihat dari rancangan kisi-kisi depan yang menggunakan lapisan kromium dan juga lapisan karbon di atasnya. Lampu depan dibuat memanjang dan juga meruncing yang sudah mengandalkan teknologi LED. 

Garis atas mobil seolah melandai tipis ke bagian belakang dengan posisi kap mesin yang tidak begitu tegak namun komposisi kaca depan masih mencerminkan sebuah mobil SUV premium. Salah satu bagian yang tidak berubah yaitu posisi DRL LED. Garis lampu juga tetap dipasang secara vertikal dan pelek tetap berukuran 18 inci. 

Meskipun begitu, terdapat banyak versi pada bagian roda mobil ini bahkan ada yang menggunakan motif rapat ataupun menggunakan motif lima palang yang disesuaikan dengan permintaan pasar di masing-masing negara.

Untuk lampu belakang mobil juga telah diperbarui dengan lampu dekor LED yang lebar. Desain ini mengingatkan kita pada Honda BR-V yang memiliki garis tengah penghubung pada kedua rumah stoplamp.

Model terbaru ini diyakini menggunakan platform andalan Toyota New Global Architecture (TNGA). Struktur penyusunan rangka mobil sudah sesuai dengan standar sebagian besar mobil SUV premium terbaru. TNGA dikatakan melibatkan inovasi teknologi yang handal dan juga canggih dengan tujuan untuk menghasilkan produk yang aman dan nyaman bagi pengemudi dan juga penumpang. 

Konstruksi mobil ini juga mendukung berbagai ukuran serta kekuatan yang dihasilkan oleh mobil ini dan bukan hanya difokuskan pada desain luarnya saja. Kinerja mobil juga sangat diperhatikan bahkan untuk membantu mengurangi biaya sehingga dapat dijangkau. 

Mesin Toyota Harrier 2021

Untuk menghasilkan performa Toyota Harrier yang handal, mobil ini ditanamkan mesin bensin Dynamic Force 2.0 model injeksi langsung. Hasil pembakaran mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 172 Ps dan torsi maksimal sebesar 203 Nm dengan jantung pacu sejatinya sudah digunakan di RAV4. 

tampilan toyota harrier terbaru di 2021
tampilan toyota harrier terbaru di 2021

Toyota Harrier yang baru juga memanfaatkan kemampuan mesin bensin hybrid 2,5 liter yang juga ditanamkan pada Toyota Camry. Unit ini sanggup bekerja dengan dukungan kombinasi dua motor listrik di mana daya gabungan ini sebesar 211 Ps. Model yang sedang ada di pasar global ditenagai oleh unit bensin 2.0 liter turbo yang akan segera diskontinu. Maka dari itu perpaduan kedua mesin tadi sangat cocok sebagai substitusi pacu. 

Meskipun begitu, info yang lebih detail tentang Toyota Harrier terbaru 2021 masih belum ada secara resmi. Meskipun begitu, sebagai ekspektasi Toyota menghadirkan fitur-fitur baru yang lebih canggih seperti panoramic sunroof elektrokromik. 

Berbeda dengan kaca reguler pada umumnya, ini dapat disesuaikan untuk mengontrol jumlah cahaya masuk ke kabin karena model saat ini hanya dilengkapi dengan sunroof twin electric. Mobil SUV premium ini juga bisa mendapatkan IRVM terbaru yang juga dilengkapi dengan cam dasbor bawaan namun hanya untuk varian tertentu saja sehingga dapat menjadi nilai tambah pada kendaraan premium ini. 

Dalam sektor keamanan juga diharapkan terjadi peningkatan. Untuk model saat ini dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti sensor depan dan sensor belakang, kantung udara SRS, Brake Assist, rem ABS, electronic parking brake, adaptive high-beam system, pre-collision system, dynamic radar cruise control dan lane departure alert. Diharapkan juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense yang mencakup banyak aspek. 

Toyota Harrier 2021 memang dikabarkan akan diluncurkan dengan cepat namun Toyota Astra Motor (TAM) memang tidak menjual Toyota Harrier untuk pasar Indonesia. Namun banyak yang datang dari Importir Umum (UI). Langkah marketing Toyota dalam menjajakan produk yaitu dengan menyediakan Lexus RX yang lebih premium agar tidak saling bertabrakan. 

Mengenal Apa Itu Mugen dalam Dunia Modifikasi

Honda CR-Z Mugen Motorsport

Dunia modifikasi memang selalu berkembang dari tahun ke tahun. Begitu juga dengan modifikasi mobil yang tidak kalah pesat perkembangannya. Jenis modifikasi yang dilakukan juga ada banyak sekali macamnya. Salah satunya adalah melakukan modifikasi dengan cara menempelkan stiker tertentu.

Pernahkah kamu melihat stiker Mugen? Biasanya stiker ini terdiri dari dua huruf kanji Jepang dengan diikuti tulisan MUGEN besar di sebelahnya. Untuk bisa mengenal apa itu Mugen dalam dunia modifikasi silahkan simak ulasan berikut ini;

Arti Stiker Mugen

Dua huruf kanji yang ada pada stiker Mugen terdiri dari ‘Mu’ yang artinya kosong atau tidak ada dan ‘Gen’ yang artinya batas. Atau jika diartikan secara keseluruhan, Mugen artinya tidak ada batas.

Mugen memiliki nama lengkap Mugen Motorsports yang merupakan in-house tuner untuk mobil-mobil yang diproduksi oleh Honda. Pertanyaannya kenapa Mugen khusus untuk mobil Honda? Tentu saja karena yang mendirikan Mugen Motorsports adalah Hirotoshi Honda yang merupakan putera dari Soichiro Honda.

emblem mugen motorsport

Mugen Motorsport sendiri berdiri pada tahun 1973. Jika diartikan dalam bahasa Inggris Mugen artinya ‘Unlimited’ atau ‘Without Limit’, yang maksudnya adalah kekuatan yang tidak ada habisnya. Mugen juga dikenal sebagai tuner untuk produk-produk mobil Honda, namun tidak ada kaitannya sama sekali dengan pabrik Honda. Berbeda dengan HRC yang memang didukung oleh pabrikan Honda.

Maka dari itu, jika ada orang yang memasang stiker Mugen di mobil yang bukan keluaran Honda maka akan terlihat aneh. Terlebih lagi jika orang tersebut memasang stiker yang ukurannya besar.

Produksi dan Keikutsertaan Mugen di Dunia Balap

Mugen juga memproduksi komponen OEM seperti knalpot dan body kit untuk mobil-mobil yang diproduksi oleh Honda Motor Company. Varian Honda versi Mugen juga banyak hadir di pasaran, seperti Honda CRX Mugen, Honda Fit Mugen, Honda S2000 Mugen, Honda Accord Mugen, Honda Civic Mugen, hingga Honda NSX Mugen RR.

Honda HR-V ala Mugen Power

Selain itu, Mugen juga pernah mengikuti balapan Formula 1 dari tahun 1992 sampai 2000. Alasan Mugen melakukan itu karena sebagai pengisi sementara Honda yang sedang mengurangi bahkan menghentikan kegiatan di arena Formula 1.

Dalam keikutsertaannya di dunia balap Formula 1, Mugen telah mengumpulkan poin sebanyak 182 serta menjadi pemenang sebanyak 4 kali balapan, yaitu sebagai berikut:

  • Olivier/Ligier Mugen Honda tahun 1996 pada GP Monaco
  • Damon Hill/Jordan Mugen Honda tahun 1998 pada GP Belgia
  • Heinz Harald Frentzen/Jordan Mugen Honda tahun 1999 pada GP Prancis
  • Heinz Harald Frentzen/Jordan Mugen Honda tahun 1999 pada GP Italia.

Nah, untuk Anda yang mobilnya bukan produksi dari Honda sebaiknya jangan asal menempelkan stiker Mugen, nantinya malah terlihat aneh dan ditertawakan banyak orang. Setelah mengenal apa itu Mugen dalam dunia modifikasi sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memasang stiker di mobil.

Stock Clearance: Cara Murah dapat Mobil Baru

stock clearance seva 70juta

Memiliki mobil baru menjadi salah satu impian yang ingin dicapai oleh banyak orang. Banyak orang memiliki preferensi merek mobil masing-masing. Namun, beberapa di antaranya memiliki pilihan merek atau jenis mobil keluaran lama. Untuk mendapatkan mobil baru keluaran lama memang cukup memusingkan, selain dari stok juga dari harga yang cukup berbeda dari pertama kali rilis.

Mendapatkan mobil keluaran lama dengan harga yang cukup rendah, tentu saja menguntungkan. Namun, untuk mendapatkan nilai tersebut, Anda harus berupaya lebih keras. Anda juga harus memerhatikan dealer yang ingin Anda datangi, disebabkan tidak semua dealer yang menyediakan keluaran lama dengan jumlah banyak. Sehingga, Anda harus pintar dalam mencari informasi sebelum menuju dealer.

Clearance Sale SEVA.ID

SEVA.ID menyediakan berbagai pilihan merek mobil yang bisa dibeli kapan pun, selama persediaan masih ada pada rekanan dealer. SEVA.ID memberikan promo yang menarik kepada pelanggannya yang berniat untuk membeli mobil baru keluaran lama melalui SEVA.ID. Promo ini disebut sebagai Stock Clearance.

Pada promo ini, SEVA.ID memberikan diskon pada beberapa mobil yang dijual melalui situs ini. Anda juga dapat melakukan sortir mobil berdasarkan harga yang ditawarkan mulai dari 100 jutaan hingga 1 milyar. Semua mobil yang dijual, dijamin secara kualitas dan administrasinya oleh SEVA.ID, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk membeli melalui situs SEVA.ID.

Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Mendapatkan potongan harga dari SEVA.ID untuk mobil yang akan ada beli merupakan keuntungan yang sangat menarik. Selain menghemat pengeluaran, Anda juga bisa mendapatkan mobil terbaik yang Anda inginkan dan telah terjamin kualitasnya. Untuk mengikuti clearance ini, terdapat syarat dan ketentuan yang perlu Anda perhatikan.

  1. Program Stock Clearance berlaku bagi mobil yang tersedia stoknya. Jika mobil yang Anda cari tidak tersedia stoknya, maka Anda tidak dapat mengikuti program ini.
  2. Potongan harga pada program stock clearance SEVA.ID, hanya berlaku pada mobil tertentu. Anda harus memeriksa mobil tersebut, apakah memiliki stiker atau tanda stock clearance pada situs SEVA.ID.
  3. Harga yang tertera pada situs SEVA.ID dengan stiker stock clearance, merupakan harga setelah pemotongan atau diskon.
  4. Harga dengan potongan berlaku pada mobil keluaran tahun 2019.
  5. Bagi Anda yang berencana membeli produk promo stock clearance, maka Anda harus memastikan di wilayah Anda terdapat jaringan Auto2000. Program stock clearance bagi konsumen dapat dijangkau oleh jaringan Auto2000. Anda dapat melihat wilayah Anda terdapat Auto2000 atau tidak dengan mengunjungi auto2000.co.id/jaringan.
  6. Unit yang tersedia pada promo stock clearance tersebar secara merata di beberapa cabang Auto2000. Nantinya, salesman akan melakukan konfirmasi kepada Anda, jika Anda telah melakukan pemesan di SEVA.ID.

Mau beli mobil bekas dengan kualitas terjamin? Cek di SEVA Mobil Bekas aja!

Mobil baru keluaran lama selain harganya murah, juga memiliki stok yang tidak terlalu banyak. Mendapatkan salah satu keluaran lama ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri. SEVA.ID dapat menyediakan mobil keinginan Anda dengan potongan harga yang menarik. Perlu diperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku, agar Anda memahaminya sebelum membeli.

3 Modifikasi Honda Jazz RS Pilihan Anti Ketinggalan Jaman

hasil honda jazz modifikasi jadul

Ada berbagai macam alasan yang dimiliki oleh masing-masing orang saat memodifikasi mobilnya. Disamping sebagai hobi, ada pula yang ingin mengejar prestasi di dalam ajang seperti kontes. Modifikasi mobil memang tidak pernah ada ujungnya. Modifikasi mobil adalah sebuah bagian yang tidak terpisahkan sejak dulu setelah mobil pertama kali diciptakan atau diproduksi secara massal. Hingga saat ini dan sampai ke depannya, modifikasi terus dilakukan pada mobil. Seperti modifikasi Honda Jazz RS yang semakin membuatnya tak pernah ketinggalan zaman.

hasil honda jazz modifikasi jadul
hasil honda jazz jadul modifikasi

3 Modifikasi Honda Jazz RS Pilihan

Berbagai macam upaya modifikasi memang banyak dilakukan mulai dari modifikasi Honda Jazz RS dengan full cutting sticker, membongkar bodi mobil supaya sesuai konsep, hingga untuk mencapai modifikasi yang maksimal. Bila anda ingin melakukan modifikasi pada mobil Honda Jazz RS milik anda, maka berikut ini ada beberapa rekomendasi modifikasi yang bisa menginspirasi anda.

Daftar Plat Nomor Seluruh Indonesia | Modifikasi Otomotif

Modifikasi Full Cutting Sticker pada Honda Jazz RS

Honda Jazz RS keluaran 2014 bisa dimodifikasi dengan konsep full cutting sticker. Semua body eksterior mobil ini dibalut dengan cutting stiker dengan tema little trees yang keren. Ada berbagai macam warna yang dipadukan dalam cutting sticker tersebut. Bahan stikernya pun juga berbagai macam. Ini menjadi salah satu strategi untuk mendukung penampilan dari Honda Jazz RS ini.

Bodykit sendiri mengusung konsep modifikasi yang mengarah pada OEM look. Anda bisa menggabungkan body custom dari Mugen seperti side skirt, Mugen Full Aero Bumper di bagian depan dan untuk bumper bagian belakang memakai OEM Honda Fit Hybrid. Dilengkapi LED di bagian samping bumper belakang dan rear spoiler Honda Jazz RS yang telah dibalut dengan warna senada dengan warna dasar stiker yang anda gunakan.

Modifikasi Body Mobil Agar Sesuai Konsep

Selanjutnya anda bisa membenahi mobil Honda Jazz RS ini dengan konsep modifikasi yang bergaya rocket bunny. Konsep ini cenderung ke aliran street racing bila dibandingkan dengan racing. Aliran street racing sendiri masih dapat digunakan untuk daily use daripada racing.

Modifikasi Honda Jazz RS dimulai dengan melakukan pemotongan body pada bagian kanan dan kiri. Juga pada bumper depan dan belakang kurang lebih 2,5 cm. Tujuannya untuk meminimalisir konsep yang diusung supaya tidak mentok pada fender. Sebab nantinya akan dikombinasikan dengan air suspension. Lalu aplikasikan body kit custom pada bagian bumper depan dan juga belakang juga pada bagian side skirt.

Pada bagian mesin juga dilakukan porting polish dan upgrade pada bagian pengapian mesin dengan dastek unichip. Dibenamkan pula berbagai peranti mesin untuk meningkatkan performanya. Tenaga mesin bisa meningkat menjadi 144 hp dari standar Jazz RS 2010 yang hanya 127 hp.

Mencapai Modifikasi Maksimal

Seperti yang disebutkan tadi, bahwa modifikasi mobil itu tidak ada ujungnya. Untuk mengusung tampilan extrem pada bagian eksterior dan interior, hatchback Jepang ini dimodifikasi dengan konsep extrem daily use. Ada juga perubahan yang bisa dilakukan pada daun pintu dengan mengusung konsep kupu-kupu.

Tujuannya untuk mengangkat daun pintu extrem, maka diaplikasikan ZLR motorized dengan 6 titik di kedua pintu depan. Untuk mengimbangi modifikasi pintu kupu-kupu, maka pintu belakang tidak akan dihilangkan. Tetapi diterapkan konsep modifikasi sliding door yang digerakkan dengan motorized.

Supaya tampilan ekstrem semakin terasa, modifikasi Honda Jazz RS dilakukan pada body belakang. Bagian kap hatchback dan kaca dibuat terpisah dengan motorized yang berbeda. Body belakang dipotong menjadi singgasana perangkat DJ atau disc jockey dari Pioneer. Semua tampilan eksterior dibalut airbrush dengan konsep modern techno. Grafisnya tajam dan tampak menyebar mulai dari sisi samping, kap mesin sampai ke belakang. Keren bukan?

Kelebihan dan FItur dari Daihatsu Sigra

Tercatat mulai dari bulan Januari – April 2019, retail sales Daihatsu mencapai angka 60.706 unit, sementara itu untuk whole sales sendiri sebesar 66.825 unit. Terjadinya penurunan tersebut masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan pencapaiannya di bulan yang sama, tepatnya di bulan April tahun 2018 lalu. Tercatat retail sales mendapat angka penjualan mobil turun hingga 11.8%, lalu untuk whole sales sendiri turun sekitar 14.4%. Continue reading “Kelebihan dan FItur dari Daihatsu Sigra”

Cara Mesin Mobil Tetap Stabil walau AC Menyala

mesin mobil kurang stabil karena ac

Menggunakan Air Conditioner (AC) ketika berkendara bersama mobil kesayangan tentu sangat menyenangkan. Walau kita tahu AC juga penyebab menipisnya lapisan Ozon tetapi kesejukan saat berada di kabin mobil ber-AC akan membuat kita segar. Tapi pernahkah anda terganggu ketika AC mobil hidup, kondisi mesin mobil seakan menjadi kurang stabil atau tiba-tiba putaran mesin turun hingga menimbulkan mati mesin?

Jika masalah itu terjadi, jangan panik karena mungkin hal ini terjadi saat Idle Up mobil anda sudah tidak berfungsi dengan baik. Sebagai bukti tambahan Idle Up mesin mobil anda bermasalah segera lakukan analisis sederhana dengan mematikan AC saat mobil sedang beroperasi, jika tidak ditemukan masalah berarti pada mobil anda bisa dikatakan aman, nah selanjutnya coba hidupkan AC saat mesin beroperasi, bila mesin mati analisanya ialah Idle up mobil anda bermasalah.

“Kalau AC-nya dioperasikan mestinya Idle Up-nya main, jadi misalkan RPM 800 ketika AC On menjadi 1000. Jadi, kebanyakan sistem (Idle Up) tidak berfungsi, AC-nya hidup Idle Up-nya ngak main RPM-nya turun mengakibatkan mesinnya mati biasanya sistem Idle Up-nya bermasalah”

Kata Hendra Sugiono Selaku pemilik Bengkel Maju Motor. Biasanya masalah Idle Up menyerang mobil-mobil yang sudah berumur 5 tahun lebih dan yang sering mengalami masalah ini adalah salah satu produk dari sebuah merek tertentu yang bermarkas di Jepang.

Penyebab utama tidak berfungsinya Idle Up dikarenakan sistem sensor aktuator yang tidak bekerja. Gejala yang ditimbulkan selain mesin kurang stabil dan RPM turun yakni AC kurang dingin ” Mesin mati itu kalau sudah parah ya kalau belum parah sewaktu memakai AC mesin geter, Pendinginan otomatis berkurang jadi mobil sekarangkan sudah pakai sensor kalau RPMnya di bawah 800 berarti kompresornya tidak bekerja otomatis pendinginan berkurang “. kata Hendra.

Bila benar Idle up mesin mobil anda bermasalah segera hubungi bengkel langganan anda atau coba lakukan pembersihan Idle Up terlebih dahulu, seumpamanya putaran mesin mobil masih juga turun segera lakukan penggantian Idle Up. [san/timBX]

Bengkel : Maju Motor
JL. Raya Pasar Minggu No. 8-10 (Duren Tiga) Pancoran, Jakarta Selatan.

Jumlah Kursi Bus Pariwisata

Mengenai jumlah kursi yang tersedia pada bus pariwisata, mungkin saja sebagian orang masih banyak yang belum mengetahui secara pasti informasi terkait jumlah total bangku yang ada. Banyaknya jumlah kursi tentu akan berkaitan dengan besarnya bus yang akan disewa sehingga pasti akan berpengaruh pada harga sewa. Untuk itu anda harus memastikan berapa peserta yang akan ikut.

Jumlah Kursi Bus Pariwisata Berdasarkan Tipe Busnya

1. Jenis Big Bus

Kendaraan seperti bus pariwisata tipe big bus memiliki kapasitas kursi yang paling banyak, bus jenis ini dapat mengangkut maksimal hingga 59 orang. Untuk konfigurasinya sendiri terdari dua jenis yaitu:

a. Konfigurasi bangku 2 – 2 (2 kiri dan 2 kanan), untuk kapasitas dari bus ini mulai dari 40, 43, 44, sampai pada 47 set. Pada konfigurasi ini posisi duduk penumpang cenderung terasa lebih nyaman dengan sedikitnya jumlah bangku pada unit bus.

b. Konfigurasi bangku 2 – 3 (2 kiri serta 3 kanan). Untuk mengefisienkan anggaran, konfigurasi jenis ini paling sering dipilih. Karena dengan jumlah bangku yang banyak anda dapat berhemat dalam hal penyediaan transportasi.

2. Jenis Bus Medium

Jenis bus median merupakan jenis bus dengan kapasitas sedang, di mana kebutuhan dari bus ini dapat sebagai tambahan apabila kebutuhan besar anda masih kurang mencukupi kuota penumpang. Atau bahkan sebagai pilihan utama apabila jumlah penumpang memang tidak terlalu banyak. Jumlah kursi pada jenis bus medium ini mulai dari 25, 27, 29, serta 31 seat.

3. Jenis Micro Bus (Isuzu Elf)

Jenis bus ini terbagi dalam 2 jenis, yaitu jenis elf short dan jenis elf long. Kapasitas dari bus ini untuk jenis elf short terdapat 13 hingga 15 bangku, sedangkan untuk elf long terdapat 16 hingga 19 bangku.

4. Jenis Mini Van Toyota Hiace

Mini van Toyota Hiace, merupakan transportasi pariwisata yang tergolong baru. Karena jenis ini merupakan keluaran dari tahun 2013 an. Saat ini jenis Toyota Hiace sudah mulai banyak diminati sebagai kendaraan sewa harian karena interior yang telah disiapkan dari pabrik Isuzu sendiri. Sehingga untuk standar kenyamanan dapat dipercaya dengan maksimal penumpang 15 bangku.