Plat Nomor Kendaraan DD, dari Daerah Mana?

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB merupakan plat aluminium tanda dari kendaraan bermotor di seluruh Indonesia. TNKB atau plat nomor atau disebut juga nomor polisi wajib didaftarkan pada Kantor Bersama Samsat. Salah satu jenis plat nomor kendaraan DD untuk wilayah Sulawesi Selatan.

Plat Nomor Kendaraan DD dan Kode Belakangnya

Penggunaan nomor kendaraan bermotor di seluruh Indonesia sudah diwariskan sejak zaman Hindia Belanda. Penggunaan kode wilayahnya berdasarkan pembagian wilayah karesidenan. Saat ini ukuran panjang plat nomor yang didesain Korps Lantas Mabes Polri panjangnya 5 cm. Panjang plat akan membuat angka dan huruf tidak berdesakan dan mudah dibaca.

Warna TNKB untuk kendaraan bermotor perseorangan menggunakan warna dasar hitam dengan tulisan putih. Angkutan umum warna dasar kuning tulisan hitam. Kendaraan dinas pemerintahan warna dasar merah tulisan putih. Kendaraan korps diplomatik negara asing warna dasar putih tulisan biru, sementara untuk kendaraan bermotor staf operasional korps diplomatik negara asing warna dasar plat hitam dengan tulisan berwarna putih.

Plat TNKB mempunyai warna list putih. Pada baris pertama menunjukkan kode wilayah kendaraan, nomor polisi dan kode seri akhir wilayah. Sementara untuk baris kedua akan menunjukkan masa berlaku plat nomor. Untuk plat nomor kendaraan DD digunakan di wilayah Sulawesi Selatan.

Kode Belakang Plat Kendaraan Sulawesi Selatan

Tiap kendaraan bermotor mempunyai kode plat nomor belakang. Pembuatannya harus disesuaikan dengan peraturan yang ada berdasarkan pihak ketetapan pihak kepolisian dan terdaftar pada kantor Samsat. Anda bisa mendapatkan teguran dan sanksi berupa sejumlah denda yang harus dibayarkan bila mengabaikan hal ini.

Kode plat kendaraan digunakan sebagai identitas dari kendaraan itu sendiri. Namun kini lebih bermanfaat untuk membantu pihak kepolisian bila terjadi pelaporan kendaraan hilang. Sehingga penanganannya akan lebih mudah.

Kode belakang untuk plat nomor kendaraan DD dibagi menjadi kota Makassar kode belakang A*/K*, Kabupaten Gowa kode belakang B*/L*, Kabupaten Takalar  kode belakang C*, Kabupaten Maros kode belakang D* dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan kode belakang E*. Selanjutnya untuk Kabupaten Bantaeng kode belakang F*, Kabupaten Jeneponto kode belakang G*, Kabupaten Bulukumba kode belakang H*, Kabupaten Selayar kode belakang J*.

Mengenal Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang Terkenal Rawan

Warga Sumatra atau Anda yang sering berkunjung ke Sumatra pasti sudah tidak asing lagi dengan Jalan Lintas Sumatra atau yang biasa disebut sebagai Jalinsum.

Jalan yang merupakan bagian dari Jaringan Jalan Asia ini diputuskan untuk dibangun pada era pemerintahan Presiden Soeharto di tahun 1965 dan aktif digunakan oleh banyak pengendara sampai sekarang.

Jaringan Jalan Asia atau dikenal juga sebagai Great Asian Highway sendiri merupakan proyek kerjasama antara negara-negara Asia dan Eropa bersama Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (ESCAP) Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) yang bertujuan memperbaikin sistem jalan raya di Asia.

Terdapat empat jalan utama di Pulau Sumatra saat ini, yaitu Jalan Raya Lintas Pantai Timur, Jalan Raya Lintas Timur, Jalan Raya Lintas Tengah, dan Jalan Raya Lintas Barat. Dengan total panjang 2.508,5 KM, jalan raya ini membentang dari Pelabuhan Bakauheni di Provinsi Lampung hingga ke Banda Aceh, sehingga Anda dapat melakukan perjalanan darat dengan mudah dari ujung ke ujung pulau yang terletak di sisi paling Barat Indonesia ini.

Jalinsum Rawan Kecelakaan dan Kejahatan

Sayangnya, seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Jalan Lintas Sumatra terkenal rawan. Selain rawan kecelakaan karena kondisi jalan yang tidak mendukung, banyaknya truk besar yang melintas (terutama truk pengangkut minyak sawit dan batu bara), serta kemungkinan longsor pada saat hujan, jalur ini juga rawan tindak kejahatan.

Lihat juga: Sabai – Rekomendasi Rental Mobil Lampung

Oleh sebab itu pengendara yang melewati Jalan Lintas Sumatra dihimbau untuk sangat berhati-hati, baik pengendara motor maupun mobil. Anda perlu ekstra waspada pada waktu-waktu tertentu seperti malam hari dan ketika arus lalu lintas sedang padat di musim mudik menjelangan Hari Raya Idul Fitri.

Bila Anda berencana berkendara melintas Jalan Lintas Sumatra dalam waktu dekat, simaklah terlebih dahulu informasi berikut!

Titik-titik Rawan Jalan Lintas Sumatra

Tidak sedikitruas jalan yang mengalami kerusakana di Jalan Lintas Sumatra walaupun pemerintah telah mengalokasikan banyak dana untuk memperbaikinya dari tahun ke tahun. Anda terutama harus berhati-hati ketika melintasi ruas dengan kerusakan jalan yang parah seperti:

  • Bayung Lencir, Musi Banyuasin
  • Rajabasa – Panjang Bandar Lampung
  • Jalan Abu Bakardin, Pasar Tebingtinggi
  • Perbatasan Jambi-Palembang, dll.

Selain itu, Anda juga harus ekstra waspada di titik-titik rawan tindak kejahatan berikut:

  • Kabupaten Tulang Bawang
  • Kabupaten Mesuji
  • Kabupaten Lampung Timur
  • Kabupaten Lampung Utara
  • Kabupaten Lampung Selatan

Berdasarkan keterangan dari Kepolisian Daerah Lampung, modus yang dilakukan oleh para pelaku sangatlah beragam, mulai dari minta tolong dengan berpura-pura kendaraannya rusak, terang-terangan mencegat, hingga modus pohon tumbang. Pelaku terutama mengincar kendaraan dengan plat nomor dari luar pulau dan kendaraan pribadi yang menyimpan barang bawaannya di atas mobil.

Tips Berkendara Aman di Lintas Sumatra

Demi keamanan, praktikkannlah tips-tips berikut sebelum dan ketika berkendara di Jalan Lintas Sumatra:

  • Cek kondisi mobil, termasuk ban dan rem
  • Jaga kecepatan, terutama di titik-titik rawan kecelakaan
  • Jangan terlalu banyak membawa muatan dan selalu letakkan di dalam bagi pengendara mobil
  • Hindari berkendara di malam hari
  • Jangan berkendara sendirian

Pakai Mobil Mewah saat Tour Ke Jogja, kenapa tidak?

Pengalaman liburan setiap orang berbeda-beda, beberapa orang mungkin suka sekali berlibur ala backpacker dengan modal terbatas. Tapi tidak sedikit pula yang hobi liburan mewah termasuk saat mengunjungi Jogja. 

Saat memilih liburan mewah yang dibutuhkan adalah rekomendasi tempat penyewaan mobil mewah Jogja. Hal ini sangat penting untuk kelancaran liburan, apalagi jika Anda tertarik untuk mengelilingi Jogja dalam beberapa hari. 

3 Rekomendasi Rental Mobil Mewah Jogja Terbaik

Di Jogja, ada banyak sekali tempat penyewaan mobil mewah terpercaya. Baik fasilitas dan pelayanannya telah diakui oleh para pelancong domestic maupun luar negeri. Untuk informasi lebih lengkapnya simak di bawah ini:

Global Transport

Memfasilitas liburan sendiri dengan segala sesuatu yang mewah dan berkelas bukan hal yang salah. Pada dasarnya semua orang ingin sekali saja mendapatkan kenyamanan dan dimanjakan dengan fasilitas terbaik. 

Melalui jasa Global Transport, Anda bisa menyewa mobil mewah terbaik selama liburan di Jogja. Menariknya, mobil yang disewakan oleh Global Transport bukan hanya mobil untuk liburan saja. Ada jasa angkut, sewa alat berat dan sewa truk. 

Global Transport merupakan layanan rental mobil yang sangat populer di Jogja. Selain sebagai agen rental mobil, Global Transport juga dikenal sebagai travel agent yang menyediakan sejumlah paket perjalanan. 

Anda yang tertarik untuk menggunakan mobil mewah selama menghabiskan liburan di Jogja bisa memesan Alphard, Toyota Furtuner, maupun Pajero. Ketiga seri mobil tersebut sangat digemari dan hampir setiap hari ditanyakan oleh pelancong. 

Untuk informasi harga dan detail pemesanan lainnya bisa menghubungi layanan CS Global Transport di 0274 434 0808. Bila ingin melihat langsung visual mobil mewahnya, silahkan kunjungi kantor pusat Global Transport di Jalan Gambir Sawit No 359A, Yogyakarta 55161. 

Kartanesia Tour

Untuk mempermudah transportasi wisata para pelancong tanah air dan mancanegara, Kartanesia Tour selaku penyedia paket tour di Jogja turut menawarkan sewa mobil mewa.

Sewa mobil mewah bisa dimanfaatkan Anda yang ingin liburan secara personal bukan dengan mengikuti paket tour wisata. Ada pun mobil mewah yang ditawarkan di Kartanesia Tour sangat bervariasi, mulai dari Fortuner VRZ hingga Alphard. 

Kisaran harga sewa mobil Fortuner VRZ Kartanesia Tour dipisahkan dari lamanya waktu penyewaan. Untuk sewa Grand Fortuner selama setengah hari alias 12 jam cukup membayar biaya sewa Rp. 1.5 juta. Biaya sewa tersebut bahkan sudah termasuk biaya bahan bakar mobil dan ongkos jalan driver. 

Sedangkan untuk harga sewa Fortuner VRZ 12 jam, Kartanesia Tour sewakan dengan kisaran harga Rp. 1.750.000. Mobil mewah ini mampu menampung 5 penumpang jadi bila liburan beramai-ramai dengan sahabat atau rekan kerja, harga sewanya masih bisa dibagi sama rata. 

Di urutan mobil mewah kedua by Kartanesia Tour adalah Alphard. Mobil Alphard yang ditawarkan adalah Alphard 2012 dan Alphard 2017.  Lamanya sewa untuk masing-masing mobil mewah tersebut adalah full day dengan kisaran harga Rp. 2.000.000-Rp. 3.250.000

Sama seperti mobil Fortuner, Alphard juga mampu menampung 5 penumpang sehingga lebih cocok dimanfaatkan sebagai mobil mewah liburan keluarga. Fasilitas driver plus BBM juga termasuk dalam paket sewa mobil Alphard. 

Kunjungi alamat kantor resmi Kartanesia Tour di Jalan Karitas No 1 Jombor Kidul, Gg. Merpati, RT.05/RW. 23, Jombor Kidul, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kab. Sleman, DIY 55284.

Bila ingin booking mobilnya terlebih dahulu, silahkan kirim pesan ke email Kartanesia Tour di raskitawirajaya@gmail.com atau hubungi by telepon atau WhatsApp di 0811 2635842. Memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas merupakan visi dan misi dari Kartanesia Tour.

Sabila Transport

Tempat rental terakhir yang turut menawarkan fasilitas sewa mobil mewah di Jogja antara lain Sabila Transport. Di Sabila Transport, Anda bisa memilih untuk menyewa Vellfire Transformer, Alphard Transformer, Mercedes Benz S-Class, Fortuner VRZ atau bahkan Mercedes Benz S400. 

Unit mobil yang disewakan berada dalam kondisi terbaik dan telah melalui serangkaian pengecekan mesin maupun tes kelayakan berkendara. Jadi Anda tidak perlu khawatir bila mobil yang Sabila Transport sewakan akan mogok di tengah jalan. 

Informasi tentang harga sewa mobil mewah maupun jenis mobil yang disewakan lainnya bisa di cek langsung di situs Sabila Transport. Atau cukup kunjungi alamat kantor Sabila Transport di Jalan Gambir Anom Nomor 26, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161. Untuk pemesanan lebih cepat dan tanggap, hubungi Sabila Transport melalui layanan call center di 0274 4340 640atau bisa melalui pesan WhatsApp di 0812 2772 2211.

Liburan mewah anti ribet akan memberikan kenyamanan dan memanjakan Anda. Agar semuanya sesuai rencana awal, pastikan pilih tempat rental mobil mewah Jogja yang terpercaya dan terbaik. Yang tidak hanya menyediakan paket pelayanan murah tapi mampu memberikan service terbaik.

Ketiga rental mobil yang telah dijelaskan di atas merupakan bukti contoh tempat sewa mobil mewah berkualitas di Jogja. Yang diakui baik kualitas mobil maupun pelayanan lainnya.  Silahkan booking dari jauh-jauh hari untuk menjamin mobil mewah yang akan Anda pekan tersedia.

Layanan Rental Mobil yang Tersedia di Bandar Lampung

Dibeberapa orang yang ingin bepergian ke luar kota/daerah, pemakaian jasa sewa mobil lebih menguntungkan daripada menggunakan mobil pribadi atau memakai transportasi lain. Selain tidak perlu berkendara yang panjang, kesulitan dalam memilih jalur yang belum diketahui, dan tentunya kenyamanan menjadi harapan. Saat anda telah memutuskan untuk menggunakan jasa sewa mobil, yang perlu diperhatikan yakni memilih penyedia usaha rental mobil yang terpercaya dan juga sudah terbukti memiliki rekam jejak yang baik dan kredibel dimata pelanggan yang telah menggunakan jasanya. Continue reading “Layanan Rental Mobil yang Tersedia di Bandar Lampung”