10 Tips Cara Menghilangkan Bekas Lem Stiker di Body Mobil

Biasanya mobil ditempeli cutting stiker untuk mempercantik penampilan atau tujuan lain seperti promosi produk, jasa, tempat wisata, sekolah dan lain-lain. Namun, biasanya stiker susah dilepas dan meninggalkan bekas lem yang sulit dihilangkan.

Anda harus sabar dan berhati-hati agar menjaga mobil tetap bagus. Jika stiker dilepas dengan paksa dapat menimbulkan masalah baru seperti warna cat menjadi rusak. Solusinya adalah Anda dapat mencoba beberapa bahan berikut.

Bahan untuk Menghilangkan Bekas Lem Stiker di Body Mobil

1. Cuka

Cuka dapat berfungsi membersihkan lem yang menempel dan kerak membandel di mobil. Caranya, cuka murni dioleskan pada bagian yang terkena lem dan didiamkan beberapa saat. Selanjutnya, Anda gosok dengan spon kasar dan dibilas air.

2. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga efektif untuk membantu menghilangkan sisa-sisa lem di mobil. Anda teteskan ke area yang terdapat lem kemudian diratakan. Lalu, tunggu sekitar 5 menit dan digosok hingga bersih. Body mobil dibersihkan dengan kain dan disiram air.

3. Cooking Spray

Biasanya cooking spray digunakan saat menggoreng atau memanggang makanan agar tidak menempel di wajan. Namun, ternyata cairan tersebut juga bisa membuat daya rekat lem berkurang sehingga mobil akan kembali bersih seperti semula.

4. Alkohol

Alkohol murni aman untuk membersihkan mobil. Alkohol dioleskan pada mobil, dibiarkan beberapa menit lalu gosok bagian yang ada lemnya sampai semua hilang.

Lihat pula: Tips Lengkap menghilangkan Bekas Cutting Sticker di Bodi Mobil

5. Minyak Tanah

Minyak tanah bisa digunakan untuk mempermudah membersihkan noda berupa lem. Sedikit demi sedikit minyak tanah dioleskan sampai bekas menghilang.

Namun, perlu diingat bahwa jangan pernah menggunakan bensin. Hal ini dikhawatirkan akan merusak cat dan menimbulkan bekas di bagian bodi maupun kaca mobil.

Selain itu, Anda sebaiknya tidak mengerok menggunakan silet, pisau, cutter atau kuku karena beresiko menghasilkan goresan yang akan mengurangi nilai estetika mobil.

6. Sabun

Anda persiapkan sabun khusus, shampo atau sabun mandi. Namun, Anda tidak direkomendasikan menggunakan sabun cream atau sabun colek. Kandungan dari kedua jenis sabun tersebut kurang bagus untuk permukaan bodi sebuah mobil.

Caranya sangat mudah sama seperti ketika mencuci mobil biasa. Permukaan stiker yang akan dilepas diberi air sabun. Anda gunakan kain basah untuk menggosok secara perlahan.

Tujuannya untuk melepas perekat stiker. Anda ulangi dengan langkah yang sama sampai bodi terlihat kinclong.

7. Obat Nyamuk Oles

Di dalam lotion anti nyamuk terdapat senyawa kimia yang menyebabkan benda panas. Oleh karena itu, dengan memberi lotion tersebut maka lem yang tersisa semakin mudah hilang dalam sekejap.

8. Mentega

Mentega diaplikasikan pada stiker, lalu  dibiarkan sesaat agar terjadi reaksi kimia yang mampu melunakkan kekuatan lem untuk menempel di stiker. Selanjutnya, lepas stiker secara hati-hati.

9. Kompon

Kompon juga dapat dipilih untuk membersihkan area mobil yang ternoda akibat stiker dihilangkan. Setelah kompon dioleskan, Anda biarkan sejenak dan gosok dengan hati-hati. Nantinya, sisa-sisa dari proses pelepasan stiker pelan-pelan akan hilang.

10. Menggunakan Hair Dryer

Metode ini mudah untuk dipraktekkan, yaitu hair dryer dinyalakan lalu digunakan untuk memanaskan stiker sehingga lem mulai melemah dan nantinya mengelupas. Panasnya jangan terlalu tinggi agar tidak membuat cat mobil rusak.

Beberapa bahan yang telah disebutkan terbukti ampuh mengatasi lem yang masih tertinggal di mobil. Kini Anda bisa melepas stiker dan menggantinya dengan yang baru tanpa takut mobil kotor akibat noda lem stiker.