Cara Print Label Undangan Masif dan Cepat Dengan Excel

Ada banyak hal yang semestinya dipersiapkan ketika akan melangsungkan sebuah acara seperti pernikahan, aqiqah, anniversary dan lain-lain. semuanya harus dipikirkan dengan matang dari hal kecil sampai ke hal yang besar. Dan salah satu yang tidak boleh sampai terlupakan adalah undangan. Undangan merupakan bentuk penghormatan kita kepada orang yang kita undang. Jadi kita mempersilahkan mereka untuk hadir di hari, waktu, tanggal serta tempat yang telah kita tetapkan guna memeriahkan acara yang akan kita selenggarakan.

Cara Print Label Undangan Masif dan Cepat

Saat ini, tidak perlu lagi menulis label undangan secara manual sebab semuanya sudah bisa dilakukan secara digital. Perkembangan teknologi memang memudahkan kita dalam melakukan berbagai pekerjaan tanpa harus menguras tenaga, waktu dan pikiran. Kamu bisa membuat label undangan dengan cepat melalui program microsoft word dan excel. Jadi jika kamu tertarik, kamu bisa simak langkah-langkah berikut ini seperti disampaikan dari tim teknologi Karinov.co.id:

Membuat Daftar Undangan

Pertama, buat daftar undangan dulu melalui microsoft excel. Masukkan semua daftar nama yang akan kamu cantumkan dalam kertas label. Kamu bisa unduh softwarenya dulu kemudian masukkan nama undangan serta alamatnya. Jika sudah, simpan filenya dengan nama file yang kamu inginkan.

Atur Kertas Label

Kemudian, kamu perlu mengatur kertas label menggunakan microsoft word. Jika kamu belum punya aplikasi ini, silahkan download terlebih dahulu. Tapi jika aplikasinya sudah terpasang di pc atau komputer milikmu kamu bisa buka menu mailings kemudian pilih start mair merge baru labels. Setelah itu, silahkan pilih new label jika ingin mengatur ukuran yang ada di kertas lebel. Jika kamu ingin mengaturnya, kamu bisa gunakan penggaris. Silahkan ukur panjang dan lebarnya. Jika sudah mendapatkan angkanya, kamu bisa masukkan ke dalam label details.

Masukkan Daftar Undangan Pada Label

Jika kamu sudah menekan ok, itu artinya panjang dan lebar label sudah kamu atur. Dan setelah itu akan muncul garis. Kamu harus tekan tanda kres yang letaknya ada di kiri atas kemudian pilih border and shading. Jika sudah, klik tab mailings, pilih recepient kemudian use existing list baru kemudian pilih file excel yang telah kamu buat tadi. Dan masih di tab yang sama, pilihlah menu insert merge field sehingga nanti muncul nama dan alamat.

Mencetak Dokumen

Jika ingin mencetak daftar nama undangan yang sudah dibuat sebelumnya, jangan lupa hilangkan dulu garis yang terdapat pada tepi label. Untuk caranya sama seperti saat memunculkan tepi label itu sendiri. Kemudian pada tab mailings, kamu bisa klik finish and merge baru kemudian print documents.

Jadi seperti itu langkah-langkah atau cara print label undangan dengan excel yang mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.