Gejala Mesin Mobil kurang Tenaga Karena AC Menyala

Menggunakan Air Conditioner (AC) ketika berkendara bersama mobil kesayangan tentu sangat menyenangkan. Walau kita tahu AC juga penyebab menipisnya lapisan Ozon tetapi kesejukan saat berada di kabin mobil ber-AC akan membuat kita segar. Tapi pernahkah anda terganggu ketika AC mobil hidup, kondisi mesin mobil seakan menjadi kurang stabil atau tiba-tiba putaran mesin turun hingga menimbulkan mati mesin?

Jika masalah itu terjadi, jangan panik karena mungkin hal ini terjadi saat Idle Up mobil anda sudah tidak berfungsi dengan baik. Sebagai bukti tambahan Idle Up mesin mobil anda bermasalah segera lakukan analisis sederhana dengan mematikan AC saat mobil sedang beroperasi, jika tidak ditemukan masalah berarti pada mobil anda bisa dikatakan aman, nah selanjutnya coba hidupkan AC saat mesin beroperasi, bila mesin mati analisanya ialah Idle up mobil anda bermasalah.

Ingin Mesin Stabil Saat AC On, Periksa Idle Up !” Kalau AC-nya dioperasikan mestinya Idle Up-nya main, jadi misalkan RPM 800 ketika AC On menjadi 1000. Jadi, kebanyakan sistem (Idle Up) tidak berfungsi, AC-nya hidup Idle Up-nya ngak main RPM-nya turun mengakibatkan mesinnya mati biasanya sistem Idle Up-nya bermasalah ” Kata Hendra Sugiono Selaku pemilik Bengkel Maju Motor. Biasanya masalah Idle Up menyerang mobil-mobil yang sudah berumur 5 tahun lebih dan yang sering mengalami masalah ini adalah salah satu produk dari sebuah merek tertentu yang bermarkas di Jepang.

Ingin Mesin Stabil Saat AC On, Periksa Idle Up !Penyebab utama tidak berfungsinya Idle Up dikarenakan sistem sensor aktuator yang tidak bekerja. Gejala yang ditimbulkan selain mesin kurang stabil dan RPM turun yakni AC kurang dingin ” Mesin mati itu kalau sudah parah ya kalau belum parah sewaktu memakai AC mesin geter, Ingin Mesin Stabil Saat AC On, Periksa Idle Up !Pendinginan otomatis berkurang jadi mobil sekarangkan sudah pakai sensor kalau RPMnya di bawah 800 berarti kompresornya tidak bekerja otomatis pendinginan berkurang “. kata Hendra.

Bila benar Idle up mesin mobil anda bermasalah segera hubungi bengkel langganan anda atau coba lakukan pembersihan Idle Up terlebih dahulu, seumpamanya putaran mesin mobil masih juga turun segera lakukan penggantian Idle Up.[san/timBX]

Bengkel : Maju Motor
JL. Raya Pasar Minggu No. 8-10 (Duren Tiga) Pancoran, Jakarta Selatan.