Mengenal Apa Itu Mugen dalam Dunia Modifikasi

Dunia modifikasi memang selalu berkembang dari tahun ke tahun. Begitu juga dengan modifikasi mobil yang tidak kalah pesat perkembangannya. Jenis modifikasi yang dilakukan juga ada banyak sekali macamnya. Salah satunya adalah melakukan modifikasi dengan cara menempelkan stiker tertentu.

Pernahkah kamu melihat stiker Mugen? Biasanya stiker ini terdiri dari dua huruf kanji Jepang dengan diikuti tulisan MUGEN besar di sebelahnya. Untuk bisa mengenal apa itu Mugen dalam dunia modifikasi silahkan simak ulasan berikut ini;

Arti Stiker Mugen

Dua huruf kanji yang ada pada stiker Mugen terdiri dari ‘Mu’ yang artinya kosong atau tidak ada dan ‘Gen’ yang artinya batas. Atau jika diartikan secara keseluruhan, Mugen artinya tidak ada batas.

Mugen memiliki nama lengkap Mugen Motorsports yang merupakan in-house tuner untuk mobil-mobil yang diproduksi oleh Honda. Pertanyaannya kenapa Mugen khusus untuk mobil Honda? Tentu saja karena yang mendirikan Mugen Motorsports adalah Hirotoshi Honda yang merupakan putera dari Soichiro Honda.

emblem mugen motorsport

Mugen Motorsport sendiri berdiri pada tahun 1973. Jika diartikan dalam bahasa Inggris Mugen artinya ‘Unlimited’ atau ‘Without Limit’, yang maksudnya adalah kekuatan yang tidak ada habisnya. Mugen juga dikenal sebagai tuner untuk produk-produk mobil Honda, namun tidak ada kaitannya sama sekali dengan pabrik Honda. Berbeda dengan HRC yang memang didukung oleh pabrikan Honda.

Maka dari itu, jika ada orang yang memasang stiker Mugen di mobil yang bukan keluaran Honda maka akan terlihat aneh. Terlebih lagi jika orang tersebut memasang stiker yang ukurannya besar.

Produksi dan Keikutsertaan Mugen di Dunia Balap

Mugen juga memproduksi komponen OEM seperti knalpot dan body kit untuk mobil-mobil yang diproduksi oleh Honda Motor Company. Varian Honda versi Mugen juga banyak hadir di pasaran, seperti Honda CRX Mugen, Honda Fit Mugen, Honda S2000 Mugen, Honda Accord Mugen, Honda Civic Mugen, hingga Honda NSX Mugen RR.

Honda HR-V ala Mugen Power

Selain itu, Mugen juga pernah mengikuti balapan Formula 1 dari tahun 1992 sampai 2000. Alasan Mugen melakukan itu karena sebagai pengisi sementara Honda yang sedang mengurangi bahkan menghentikan kegiatan di arena Formula 1.

Dalam keikutsertaannya di dunia balap Formula 1, Mugen telah mengumpulkan poin sebanyak 182 serta menjadi pemenang sebanyak 4 kali balapan, yaitu sebagai berikut:

  • Olivier/Ligier Mugen Honda tahun 1996 pada GP Monaco
  • Damon Hill/Jordan Mugen Honda tahun 1998 pada GP Belgia
  • Heinz Harald Frentzen/Jordan Mugen Honda tahun 1999 pada GP Prancis
  • Heinz Harald Frentzen/Jordan Mugen Honda tahun 1999 pada GP Italia.

Nah, untuk Anda yang mobilnya bukan produksi dari Honda sebaiknya jangan asal menempelkan stiker Mugen, nantinya malah terlihat aneh dan ditertawakan banyak orang. Setelah mengenal apa itu Mugen dalam dunia modifikasi sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memasang stiker di mobil.