Melirik Modifikasi Motor Bobber Style yang Lagi Nge-hits

Modifikasi otomotif memang sudah tidak asing lagi, baik itu mobil atau motor sekalipun. Modifikasi motor sendiri sudah ada sejak zaman dahulu dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Salah satu modifikasi motor yang populer adalah model motor bobber.

Model motor ini dipelopori oleh tentara Amerika Serikat setelah akhir Perang Dunia II, yang didasari oleh banyaknya motor dan mobil yang rusak pada bagian bodinya saja. Dengan memanfaatkan mesin dan perangkat lain, motor kemudian diubah menjadi motor bobber.

Apa itu Motor Bobber?

Motor bobber merupakan salah satu jenis motor modifikasi yang populer di era tahun 1940-1950-an. Kata “bobber” diambil dari istilah “boobing” yang memiliki arti untuk memangkas dengan tujuan agar tunggangan lebih praktis, ringan, mudah dikendarai, dan hemat biaya operasional.

motor bobber modif / BX

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh motor modifikasi ini adalah dari ban yang digunakan biasanya berukuran lebih besar, baik itu ban depan ataupun belakang. Biasanya mesin yang digunakan juga memiliki ukuran yang besar dan menonjol agar terlihat lebih gahar.

Meskipun motor bobber terkenal akan pemangkasan di beberapa bagian motor, termasuk pada bagian sasisnya. Namun, pemangkasan sasis ini tetap mempertahankan sasis standar karena ini akan berpengaruh pada performa motor ketika dikendarai.

Custom Motor Bobber

  • Sasis

Perlu diketahui bahwa di sini tidak merubah seluruh bagian sasis dan tetap mempertahankan kerangka sasis utamanya. Perubahan pada sasis disesuaikan dengan perubahan yang dilakukan pada tangki motor.

Penempatan sasis pada motor juga akan berpengaruh pada model tunggangan yang akan digunakan, apakah akan menggunakan single atau double seater. Perubahan sasis disesuaikan dengan keinginan masing-masing dan kebutuhan motor tersebut ingin dijadikan apa.

  • Tangki 

Konsep custom motor bobber biasanya terkenal akan tema vintage dan klasik yang beradu menjadi satu dan membuatnya terlihat unik. Oleh karena itu, bagian tangki harus diubah menjadi lebih ringkas atau simple dengan tujuan agar bobot motor lebih ringan.

Namun perlu diperhatikan di sini, bahwa ketika Anda melakukan pemangkasan ukuran tangki, tentunya kapasitas bahan bakar juga akan terpangkas. Ini berarti Anda harus mengingat bahwa jarak tempuhnya lebih pendek dibandingkan sebelumnya.

  • Ban

Ciri lain dari modifikasi model motor bobber adalah penggunaan ban yang berukuran lebih besar dibandingkan motor lain pada umumnya. Penggunaan ban yang ukurannya lebih besar akan membuatnya lebih berat, namun dapat digunakan untuk berbulan-bulan tergantung penggunaan.

Besar ban yang digunakan masing-masing orang berbeda tergantung dari selera masing-masing. Jika kebingungan dalam memilih ban, Anda bisa bertanya ke dealer atau komunitas khusus pecinta motor bobber.

  • Suspensi

Suspensi pada motor boleh dimodifikasi, namun pastikan Anda menggunakan barang original dan dari toko terpercaya. Pada suspensi belakangnya dapat Anda ganti menggunakan custom part arm agar terlihat lebih klasik.

Ketika menggunakan custom part, sebaiknya disesuaikan dengan style yang ingin dibuat dan harus disesuaikan dengan part lain. Apabila pembuatan part tersebut ternyata tidak cocok dengan part lain, maka Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk membuatnya ulang.

  • Velg

Bagian velg juga bisa Anda ubah menggunakan bahan yang lebih ringan dengan tujuan untuk mengurangi bobot motor. Anda bisa menggantinya dengan bahan aluminium yang lebarnya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

  • Komponen Lain

Adapun komponen lain yang dimaksudkan di sini di antaranya ada pengereman, stang, lampu, dan lain sebagainya. Anda dapat mengganti komponen tersebut menggunakan produk gaya vintage agar kesan klasik lebih dapat.

Pada bagian lampu depan bisa Anda ganti menggunakan headlamp bentuk lingkaran yang cukup besar atau bisa juga menggunakan produk custom. Namun, Anda tetap harus memastikan bahwa produk tersebut original.

Modifikasi motor bobber style telah ada sejak zaman dahulu. Jika Anda ingin melakukan modifikasi ini, maka hal yang perlu Anda perhatikan adalah gunakan produk original. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kendala yang biasanya terjadi setelah proses modifikasi.