Ini Daftar Motor Pabrikan dengan Gaya Japstyle

Modifikasi ala japstyle atau Japanese style memang sedang naik daun belakangan ini. Banyak orang yang sengaja mengubah motor sport mereka menjadi japstyle dengan biaya yang tidak sedikit.

Kalau Anda belum memiliki motor sport atau bahan untuk dimodif, sebaiknya beli saja sepeda motor pabrikan yang sudah bergaya japstyle. Membeli sepeda motor pabrikan dinilai lebih menguntungkan karena Anda mendapatkan versi original, bukan hasil custom.

Apa Itu Motor Japstyle?

Sebelum membahas tentang sepeda motor pabrikan bergaya japstyle, sebaiknya kenali dulu apa itu japstyle. Sepeda motor ini memiliki gaya retro Jepang yang lahir pada tahun 1980-an di negeri Sakura. Sebenarnya gaya ini terinspirasi dari model Amerika dan Eropa seperti scrambler dan cafe racer.

Namun orang Jepang tidak mau dianggap menjiplak gaya barat sehingga memberikan sentuhan ala Jepang pada modifikasi tersebut. Ciri khas dari japstyle adalah jok yang datar serta tangki berukuran kecil.

Japstyle mulai masuk di Indonesia sejak awal 2004, diawali oleh seorang builder sepeda motor asal Bandung. Setelah masuk kontes, banyak orang yang menyukai aliran ini dan berkembang hingga sekarang.

Daftar Motor Japstyle Pabrikan

Sepeda motor pabrikan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang tidak mau ribet dan dipusingkan dengan modifikasi. Apalagi kalau Anda adalah orang yang tidak suka mengambil risiko, membeli sepeda motor japstyle pabrikan memang bukan pilihan yang salah. Mari lihat beberapa pilihan ini.

1. Yamaha XSR 155

Di urutan yang pertama ada Yamaha XSR 155. Sepeda motor ini masih tergolong baru karena diluncurkan pada akhir 2019 lalu. Untuk masalah teknologi dan mesin, Anda tak perlu khawatir karena XSR 155 menggunakan basis yang sama seperti MT-15.

yamaha gaya japstyle
yamaha gaya japstyle

Dimensi motor 36 jutaan ini cukup kecil karena jika dibandingkan dengan kakaknya, XSR 900 dan XSR 700. Hal ini wajar karena kapasitas mesin XSR 155 pun jauh lebih kecil.

Desain yang serba bulat membuat nuansa japstyle terasa kental pada motor yang satu ini. Meski gayanya terkesan jadul, jeroannya sangat jauh dari kesan tersebut. Contohnya saja lampu yang sudah memakai teknologi LED.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh XSR 155 antara lain:

  • Panel instrumen digital dengan informasi yang sangat lengkap dan brigthness layar dapat disesuaikan.
  • Pelek casting wheel yang tampak begitu modern.
  • Sistem rem cakram dengan dua piston di roda depan dan cakram piston tinggal di belakang.

2. Kawasaki W175

Di urutan kedua ada Kawasaki W175 khususnya model tahun 2019. Harga baru sepeda motor ini mulai dari 29 jutaan untuk versi standar. Sedangkan untuk special edition dibanderol dengan harga 31 jutaan. Lebih murah dari pesaingnya, Yamaha XSR 155.

W175 ini menjadi sepeda motor dengan kapasitas mesin paling kecil yang dimiliki oleh Kawasaki. Kubikasi mesinnya hanya 177 cc dengan teknologi SOHC satu silinder.

Memiliki transmisi 5 percepatan, sepeda motor ini mampu menghasilkan tenaga sampai 12,8 dk di 7.500 rpm. Sementara torsi maksimumnya 13,2 Nm bisa dicapai pada putaran 6.000 rpm.

Body motor ini sebenarnya sudah sangat japstyle dengan jok datar dan tangki yang ukurannya tidak begitu besar. Aksen serba bulat serta pelek jari-jari semakin menonjolkan kesan retro ala Jepang.

Kawasaki yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan feels mengendarai motor tahun 80-an.

Sepeda motor bergaya japstyle di Indonesia memang masih jarang dijumpai. Namun tak ada salahnya jika Anda ingin membeli salah satu dari pilihan motor japstyle pabrikan di atas.