Plat Nomor Kendaraan DD, dari Daerah Mana?

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB merupakan plat aluminium tanda dari kendaraan bermotor di seluruh Indonesia. TNKB atau plat nomor atau disebut juga nomor polisi wajib didaftarkan pada Kantor Bersama Samsat. Salah satu jenis plat nomor kendaraan DD untuk wilayah Sulawesi Selatan.

Plat Nomor Kendaraan DD dan Kode Belakangnya

Penggunaan nomor kendaraan bermotor di seluruh Indonesia sudah diwariskan sejak zaman Hindia Belanda. Penggunaan kode wilayahnya berdasarkan pembagian wilayah karesidenan. Saat ini ukuran panjang plat nomor yang didesain Korps Lantas Mabes Polri panjangnya 5 cm. Panjang plat akan membuat angka dan huruf tidak berdesakan dan mudah dibaca.

Warna TNKB untuk kendaraan bermotor perseorangan menggunakan warna dasar hitam dengan tulisan putih. Angkutan umum warna dasar kuning tulisan hitam. Kendaraan dinas pemerintahan warna dasar merah tulisan putih. Kendaraan korps diplomatik negara asing warna dasar putih tulisan biru, sementara untuk kendaraan bermotor staf operasional korps diplomatik negara asing warna dasar plat hitam dengan tulisan berwarna putih.

Plat TNKB mempunyai warna list putih. Pada baris pertama menunjukkan kode wilayah kendaraan, nomor polisi dan kode seri akhir wilayah. Sementara untuk baris kedua akan menunjukkan masa berlaku plat nomor. Untuk plat nomor kendaraan DD digunakan di wilayah Sulawesi Selatan.

Kode Belakang Plat Kendaraan Sulawesi Selatan

Tiap kendaraan bermotor mempunyai kode plat nomor belakang. Pembuatannya harus disesuaikan dengan peraturan yang ada berdasarkan pihak ketetapan pihak kepolisian dan terdaftar pada kantor Samsat. Anda bisa mendapatkan teguran dan sanksi berupa sejumlah denda yang harus dibayarkan bila mengabaikan hal ini.

Kode plat kendaraan digunakan sebagai identitas dari kendaraan itu sendiri. Namun kini lebih bermanfaat untuk membantu pihak kepolisian bila terjadi pelaporan kendaraan hilang. Sehingga penanganannya akan lebih mudah.

Kode belakang untuk plat nomor kendaraan DD dibagi menjadi kota Makassar kode belakang A*/K*, Kabupaten Gowa kode belakang B*/L*, Kabupaten TakalarĀ  kode belakang C*, Kabupaten Maros kode belakang D* dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan kode belakang E*. Selanjutnya untuk Kabupaten Bantaeng kode belakang F*, Kabupaten Jeneponto kode belakang G*, Kabupaten Bulukumba kode belakang H*, Kabupaten Selayar kode belakang J*.