Ini Yang Baru Dari Aston Martin 2021

Aston Martin merupakan mobil dari perusahaan industri otomotif Aston Martin Lagonda Ltd. Aston Martin adalah mobil mewah Britania Raya yang didirikan pada tahun 1912 dengan berbagai model mobil yang bervariasi mulai dari mobil GT, mobil super, hingga mobil balap. Untuk model konvertibel menggunakan nama Volante dan model performa tinggi menggunakan nama Vantage. 

Mobil Baru Aston Martin

Aston Martin memang dikenal akan mobil mewahnya bahkan beberapa varian model juga sudah masuk ke Indonesia. Aston Martin juga sudah beberapa kali mengeluarkan mobil dengan model edisi terbatas contohnya seperti Lagonda Taraf yang merupakan jenis mobil sedan ultra mewah dan juga Vulcan yang diproduksi khusus pada penggunaan sirkuit.

Saat ini perusahaan automobile terkemuka asal Inggris ini menghadirkan mobil terbarunya yang merupakan model edisi terbatas terbarunya yaitu V12 Speedster 2021. Mobil ini merupakan hasil karya Divisi Q yang memang bertugas untuk merancang mobil edisi terbatas dengan desain dan performa sekelas mobil mewah. 

Untuk mengembangkan mobil V12 Speedster, pihak pabrikan yang menggunakan desain dari AM DBS Superleggera dan Vantage generasi terbaru. Sedangkan untuk bentuk mobil ini terinspirasi dari mobil balap Aston Martin yang legendaris seperti DBR1 1959 dan DB3S 1953 serta mobil konsep CC100 Speedster yang diluncurkan pada tahun 2013 lalu. 

Salah satu elemen eksterior yang diambil dari DBS Superleggera dan Vantage yaitu terletak pada lampu utama, gril radiator, hingga lampu belakang yang melintang pada bagian sisi kanan dan sisi kiri mobil. Hanya saja mobil ini hadir tanpa adanya atap lipat sama sekali seperti Bentley Mulliner Bacalar. V12 Speedster juga tidak memiliki kaca depan seperti McLaren Elva.

Agar bobot mobil ini bisa menjadi lebih ringan, maka bahan yang digunakan untuk sebagian besar badan mobil dua pintu ini terbuat dari carbon filter. Velg yang digunakan juga berukuran 21 inci. Mobil ini tampak lebih elegan dengan badan mobil yang menggunakan warna Skyfall Silver. Untuk knalpot yang digunakan merupakan model knalpot kembar yang diletakkan pada bagian belakang mobil dengan warna hitam satin.

Spesifikasi Aston Martin

Aston Martin DBS Superleggera on display at THE 41st BANGKOK INTERNATIONAL MOTOR SHOW 2020 on July 14, 2020 in Nonthaburi, Thailand.

Bergerak pada bagian interior mobil, bagian kabin V12 juga dibalut dengan bahan kulit berwarna hitam membuat bagian interior mobil juga terlihat lebih elegan. Selain kulit, beberapa bagian interior V12 juga menggunakan aksen krom dan aluminium. 

Terdapat juga suatu komponen karet yang dicetak langsung dengan menggunakan printer tiga dimensi. Untuk laci penyimpanan yang biasanya ada pada mobil konvensional ditiadakan pada mobil edisi terbatas ini namun digantikan dengan sebuah tas kulit yang dapat dilepas dari tempatnya.

Masih ada tempat penyimpanan lainnya yang tersedia pada bagian belakang kursi mobil. Terdapat juga pilar pemisah di antara kursi pengemudi dan kursi penumpang yang sama seperti model mobil Ferrari Monza SP2.

Mobil ini dikembangkan dengan menggunakan platform aluminium dan menggunakan struktur yang sama dengan DBS Superleggera dan Vanquish sehingga dapat menghasilkan sasis yang unik. V12 menggunakan suspensi multi-link dengan coil spring pada bagian belakang dan double wishbone pada bagian depan. 

Pada tubuh mobil ini juga disematkan peredam adaptif serta mengubah karakter mobil sesuai dengan mode pengendaraan yang dipilih oleh pengemudi seperti mode sport, mode sport+ dan juga mode setting untuk sirkuit. 

Mobil ini menggunakan rem yang terbuat dari karbin keramik dengan ukuran piringan 360 mm pada bagian belakang dan 410 mm pada bagian depan. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan mesin bensin berkapasitas 5.200 cc dengan teknologi sepasang turbocharged. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 700 Hp dan torsi maksimum 753 Nm. Transmisi yang digunakan yaitu transmisi otomatis 8 percepatan buatan ZF.

Pihak Aston Martin bahkan mengklaim bahwa mobil ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik dalam keadaan diam dan juga kecepatan maksimal menyentuh 300 km/jam. Sedangkan total unit Aston Martin V12 Speedster 2021 hanya diproduksi sebanyak 88 unit untuk seluruh dunia dengan harga sekitar Rp 15 Milyar.