Apa itu Blog?

Apa itu Blog dan Fungsinya

Blog Adalah

Apa itu Blog?

Jika Anda baru mulai belajar menjadi seorang blogger, atau ingin membuat blog tentu saja Anda akan bertanya. Apa sih sebenarnya blog itu? baiklah, memang dunia blog sejauh ini masih menjadi salah satu topik yang sering dicari banyak orang. Salah satu alasannya mungkin adalah karena dunia digital berkembang dengan begitu cepat.
Jika anda bertanya tentang apa itu blog, mungkin saat ini Anda sedang mulai belajar menjadi seorang blogger. Sebenarnya blog itu seperti sebuah buku online atau media online. Artinya, jika Anda memiliki sebuah blog, maka Anda seperti memiliki sebuah buku catatan yang dapat dibaca oleh banyak orang (public) melalui jaringan internet.Apa Itu blog?

Apa pengertian dari blog?

Sebagaimana bahasan di atas, pengertian dari blog adalah sebuah platform yang dapat digunakan untuk sharing pengalaman melalui tulisan. Konsepnya mungkin mirip dengan sosial media, akan tetapi jika Anda memiliki sebuah blog itu artinya Anda berdiri secara independent. Melalui blog, Anda dapat lebih leluasa untuk berbagi pengalaman melalui tulisan.
Umumnya, blog dimanfaatkan sebagai sebuah media promosi. Akan tetapi Anda juga dapat menulis di blog hanya sebagai pengingat ataupun catatan. Jika dikembangkan secara serius, sebenarnya blog juga dapat dimanfaatkan dengan banyak tujuan.

Blog adalah singkatan dari “weblog”

Lebih spesifik lagi, blog merupakan singkatan dari “weblog” yang artinya adalah jurnal online yang dapat memuat banyak informasi berupa tulisan maupun gambar.

Fungsi Blog

Fungsi blog itu macam-macam, jika kita melihat sebuah blog dari fungsinya maka itu akan bergantung dari tujuan pemilik blog mengembangkan blognya. Sebagai contoh, jika Anda memiliki kesenangan jalan-jalan, Anda dapat membagikan pengalaman traveling melalui sebuah blog. Anda dapat berbagi cerita tentang perjalanan Anda dalam bentuk tulisan, kemudian juga jika berkenan Anda dapat berbagi foto-foto perjalanan Anda melalui blog.
Contoh lain misalnya Anda suka masak, nah melalui blog Anda juga dapat berbagi resep masakan Anda melalui blog, atau Anda dapat juga membagikan video masakan Anda melalui sebuah blog.

Apa fungsi dari blog?

Jika Anda bertanya tentang fungsi dari blog, maka jawabannya juga akan bergantung dari tujuan seseorang mengembangkan sebuah blog. Contohnya, saya sengaja membuat blog yang saat ini Anda baca dengan tujuan untuk berbagi cerita tentang topik yang saya jumpai.

Untuk apa sih blog itu?

Jika didefinisikan tentang apa sih blog itu, maka juga akan muncul banyak tentang tujuan seseorang membangun sebuh blog.

Jenis dan Platform Blog

Sebagaimana pembahasan Fungsi blog, maka jenis dan Platform blog juga akan sangat dipengaruhi oleh pemilik blog. Jika Anda seorang profesional misalnya, Anda dapat membuat sebuah blog sesuai dengan kebutuhan Anda.
Blog sebagai Company Profile contohnya, Untuk menunjang pemberitaan kepada publik tentang fokus pekerjaan sebuah Perusahaan, biasanya dibuatlah sebuah Blog sebagai Company Profile yang memuat kegiatan dan pencapaian sebuah Perusahaan tertentu.
Nah, platformnya juga menyesuaikan dengan situasi dan kondisi seperti tujuan dan ketersediaan resource. Jika Anda ingin lebih leluasa mungkin Anda akan memilih untuk memliki sebuah blog yang independent. Independent Nama Domain dan Independent Hosting, sebab ada banyak sekali perusahaan yang memberikan layanan untuk keperluan pembelian Custom Domain Name dan Hosting Web Secara Mandiri.
Jika Anda seorang pemula maka tidak ada salahnya Anda coba membuat blog secara gratis melalui Blogger atau WordPress. Hanya saja, jika Anda membuat secara gratis maka nama Domain anda akan menjadi subdomain dari penyedia layanan blog gratis tersebut.
Contohnya, Jika Anda membuat sebuah blog menggunakan platform Blogger milik Google, maka dalam versi gratis Nama Domain Blog Anda akan diakhiri dengan nama Domain www.namadomainanda*blogspot.com. Lain halnya jika Anda memiliki Custom Domain Name, maka Anda dapat membuat nama blog/alamat blog sesuai dengan selera dan tujuan Anda.

Contoh blog

Ada banyak sekali contoh blog yang dapat Anda lihat saai ini, salah satu contoh blog adalah blog Company Profile, blog jualan produc yang Anda buat sendiri. Blog travelling, blog review makanan & resep, blog tentang otomotif, blog tentang pengetahuan IT. Blog ini adalah sebuah contoh personal blog yang berisi tentang pengalaman pribadi. Untuk membatasi topik bahasan, saya hanya menulis beberapa hal seperti blogger, Journal, Life dan Traveling.

Apa itu personal blog

Personal blog biasanya dibangun dan dikembangkan untuk sharing pengalaman pribadi kepada semua pembaca online. Personal blog biasanya cenderung hanya untuk bersenang-senang saja dengan konten yang ringan. Contohnya blog ini, saya buat untuk sharing dengan focus topic seperti yanng saya sampaikan pada paragraf Contih blog.

Kesimpulan tentang apa itu blog

Kesimpulan yang dapat diambil adalah, bahwa blog itu sebuah media untuk berbagi cerita pengalaman Anda. Jadi Anda akan lebih leluasa untuk berbagi pengalaman melalui sebuah blog. Ya kira-kira begitulah tentang apa itu blog.

Post navigation