Dec 212010
 

Seperti di beritakan di beberapa media termasuk disini, Indonesia membutuhkan 7000 doktor/tahun, menurut Menteri Pendidikan, Muhammad Nuh. Dinyatakan juga bahwa saat ini kurang dari 10% dari total dosen yang bergelar doktor dari sejumlah 270 ribu dosen. Atau  hanya sekitar 23000 yang bergelar doktor.

Menyimak dari jumlah penduduk Indonesia tahun 2010, yang berjumlah sekitar 237,6 juta penduduk, maka berarti cuma ada 0.01% yang berprofesi sebagai dosen.

Di Amerika , menurut data sensus pendidikan tahun 2000, ada 5.7% penduduknya yang berprofesi sebagai pendidik. Perhitungan kasar jumlah tenaga pendidik di Indonesia masih kurang dari jumlah itu. Menurut kemdiknas, pada tahun 2009 ada 2.6 juta guru mulai dari tingkat dasar hingga tingkat SMA/SMK. Jadi kira-kira untuk tahun 2010, jumlah ini masih kurang dari 3 juta guru, atau kurang dari 1.3% dari total jumlah penduduk di Indonesia. Jika data ini digabung dengan jumlah dosen, maka masih jauh kurang dari 2%.

Jadi dengan jumlah yang masih minim ini, rasanya masih terlalu berlebihan jika alokasi dana pendidikan diberikan untuk porsi mengejar jumlah doktor.  Penambahan jumlah doktor adalah hal yang positif, tapi dalam hal penggunaan dana rakyat, maka tentunya peningkatan tenaga pendidik secara umum jauh membutuhkan perhatian lebih besar.

Share

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)