Dec 302010
 

Sebelum Windows seperti sekarang, Microsoft sudah merajai sistem komputer personal (PC-Personal computer) dengan sistem operasi DOS (Disk Operating System). Disebut Disk karena saat itu untuk menjalankan sistem operasi kita memerlukan floppy disk yang berisi sistem operasi dan komputer di boot mulai dari disk itu.

Saat itu setiap PC umumnya memiliki dua floppy disk drive. Ukurannya 5 1/4 inch, sebelum akhirnya keluar yang versi mini floppy disk 3 1/2 inch. Kalau menjalankan aplikasi lain, seperti misalnya word processor semacam ChiWriter atau Wordstar, kita akan sering diminta mengeluar-masukkan disk. Kadang disk boot DOS kita, kadang program kita, kadang disk data kita. Untunglah jaman gonta ganti disk itu sudah diganti dengan kenyamanan harddisk.

Jaman itu game komputer juga sudah banyak, dan tentunya menggunakan sistem operasi DOS dan bukan Windows.  Game komputer dikembangkan sesuai dengan kemampuan grafik monitor dan display card nya.  Saat itu juga masih dikenal monitor/display hitam putih, atau juga dikenal monochrome monitor. Saat itu monitor berwarna masih sangat jarang, beberapa yang populer digunakan antara lain CGA, EGA, VGA, dan SVGA.

Game-game komputer pun saat  itu harus menyesuaikan dengan kemampuan graphics card dan monitornya.

Buat yang belum pernah memainkan game saat itu, atau untuk yang ingin bernostalgia, kita bisa mendownload game-game itu secara bebas di http://www.oldschooldos.com/, http://www.80sdos.com/. Untuk menjalankannya kita memerlukan emulator DOS yang bisa di download di http://www.dosbox.com/.

Silahkan coba.

Share

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)